Prediksi Meleset, Sinabung Meletus


Gunung Sinabung T Karo meletus

Melesetnya perkiraan dan analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Dinas Pertambangan dan Energi Sumut, yang menyebutkan Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo Sumatera Utara dalam kondisi aman, membuat warga Kecamatan Naman Teran dan Payung menjadi panik dan merasa tidak aman.
Penetapan status ‘B’ gunung berketinggian 2.460 meter itu, yang semula digembar-gemborkan tidak akan meletus, ternyata sangat jauh dari fakta di lapangan. Terbukti, Minggu (29/8) pukul 00.15 WIB dinihari gunung meletus dan mengeluarkan lava dan kabut disertai abu.
“Kita meminta ahli Vulkanologi, Mitigasi Bencana Geologi untuk melakukan penelitian dan terus mengawasi Gunung Sinabung itu. Bila akan ada lagi letusan yang lebih besar diharapkan segera menginformasikannya kepada masyarakat agar tidak ada korban jiwa. Melesetnya perkiraan dikeluarkan BMKG sangat kita sesalkan, untung saja warga setempat sudah banyak mengungsi,”ujar warga di sekitar Gunung Sinabung yang kini dalam lokasi pengungsian.
Kita berharap ke depan, seluruh institusi yang berwenang dalam hal ramalan tentang gempa dan gunung meletus serta bencana lainnya, hendaknya benar-benar bekerja serius dan tidak lagi menyajikan ramalan yang melenceng.
Di sisi lain, meletusnya Gunung Sinabung di bulan suci Ramadhan sungguh mengejutkan dan memprihatinkan. Dalam konteks ini, para elite penguasa di negeri ini sudah seharusnya melakukan introspeksi : mengapa bencana terus terjadi melanda bangsa ini ?
Jelas, hal ini tidak semata-mata sebagai sebuah fenomena alam, melainkan terdapat causalitas serta konsekuensi dari kebijakan negara dalam memenej alam serta lingkungan kita selama ini. Bencana juga merupakan isyarat dari Allah bahwa manusia banyak melakukan dosa di dunia ini. Bencana Sinabung cerminan hal itu juga.
Begitu banyaknya pengungsi akibat letusan Gunung Sinabung yang jumlahnya mencapai 30.000 jiwa, membuat seluruh lokasi penampungan penuh. Sebagian pengungsi pun kesulitan mendapatkan tempat beristirahat malam dan mulai terserang berbagai penyakit.
Agar musibah dan berbagai bencana tidak terus melanda negeri kita, sudah sepatutnya kita semua selalu melakukan introspeksi, termasuk introspeksi agar tidak salah melakukan prediksi serta menumbuhkan kesadaran, agar semua kita, utamanya para elite pemimpin bangsa, semakin mampu melindungi rakyatnya dari berbagai ancaman bencana.

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 30 Agustus 2010, in Budaya, Kehidupan, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. bencana alam mungkin tak bisa di hindar, sebab itu hukum alam. namun setidaknya upaya untuk mencegah korban jiwa itu yang perlu diperhatikan.
    jika perkiraan tidak tepat, mungkin saja ada alat yang harus segera diperbaharui. jangan cuma upgrade fasilitas wakil rakyat walau dengan dalih untuk rakyat

  2. Bencana alam memang bukan suatu hal yang mudah untuk diprediksi, apalagi seperti gempa dan letusan gunung yang pusatnya ada di dalam bumi. Yang bisa dilakukan manusia hanya melihat gejala-gejala yang tampak. Tetapi gejala itu sering kali samar, dan hanya mewakili sebagian kecil dari potensi bencana yang bisa terjadi, apalagi kalau peralatan yang dipakai tidak memadai untuk ‘mengukur’ rencana Allah SWT.
    Beda dengan bencana yang terjadi jika sebuah bangunan runtuh,padahal baru saja diresmikan, dan diprediksi kuat untuk 100 tahun. Nah … itu sepenuhnya tanggung jawab manusia.

    Gunung meletus dan gempa juga tidak ada kaitannya dengan kesalahan manusia me-menej alam. Kalau banjir karena hutan digunduli, atau permukaan tanah ambles karena air tanah terlalu banyak disedot, nah … itu salah manusianya.

    Semoga para pengungsi letusan gunung Sinabung segera mendapatkan bantuan yang mencukupi dari pemerintah maupun masyarakat, sehingga penderitaan mereka segera berakhir …

  3. Faith makes all things possible.
    Hope makes all things work.
    Love makes all things beautiful.
    May you have all of the three.
    Happy Iedul Fitri.

  4. para ahli kita memang sudah
    terkenal suka meleset prediksinya😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: