Bollywood : Mereka yang Terlupakan


Diilhami postingan Tutinonka soal Bollywood, saya jadi tergoda untuk mengulas sedikit soal sosok yang sering dilupakan di balik kesuksesan bintang beken semisal Shah Rukh Khan, Aamir Khan, Salman Khan, Govinda,  Kajol, Rani Mukherjee, Kareena Kapoor, atau bintang-bintang tempo doeloe, seperti Raj Kapoor, Dilip Kumar, Dev Anand, Dharmendra,  Shashi Kapoor, Rishi Kapoor, Nargis, Madhubala, Hema Malini, Rekha, Zeenat Aman dan lainnya.

Sejak doeloe hingga kini, Bollywood movies tetap belum bisa melepaskan diri dari tarian dan nyanyian. Hanya satu atau dua film saja, yang tidak menonjolkan tarian dan nyanyian.

Nah, para penyanyi dan penata musik hebat di balik suksesnya film Bollywood itu, kerap menjadi sosok terlupakan. Minimal, bagi para penikmat film Hindustani di negeri kita.

Yang selalu terngiang di benar pecinta Bollywood, tidak pernah terlepas dari figur tenar sekaliber SRK, Salman, Aamir, Hritik Roshan, Saif Ali Khan, Akhsay Kumar, Kajol, Katrina Kaif, Kareena Kapoor, Priyanka Chopra, dll.

Padahal di balik layar terdapat sejumlah nama penting, para penyanyi yang selalu menyumbangkan suara emasnya, mengisi suara para bintang beken itu, saat menyanyi dan menari dalam film tersebut.

Pada era 40 hingga 60-an misalnya, penyanyi Mukesh selalu mengisi lagu-lagu dalam film-nya aktor legendaris Raj Kapoor. Sementara pada era  60 hingga 80-an, dua penyanyi paling laris di masa itu adalah Mohammad Rafi dan Kishore Kumar. Kedua penyanyi pria bersuara merdu ini disebut-sebut, hingga kini belum ada tandingannya.

Pada masa jayanya, lagu-lagu hits Rafi antara lain : Chaudvin Ka Chand Ho, Teri Pyaari Pyaari Suraat Ko, Chahunga Mein Tujhe Saanjh Savere, Kya Hua Tera Waada, Aap Hamare Paas, Yeh Dinya Yeh Mehfil, Chura Liya Hain Tumne, Ghulabi Ankhen, Aye Gulbadan Aye Gulbadan, Mere Mehboob Tujhe, Itna To Yaad Main Tujhe, Badi Mastana Hai. Selama kariernya pria kelahiran 24 Desember 1924 ini,  tercatat tak kurang telah membawakan 28 ribu lagu dari sekitar 5000 film, hingga akhir hayatnya. Rafi meninggal pada usia 55 tahun pada 1981.

Satu lagi penyanyi legendaris Bollywood, yang bersama Rafi dianggap tak tergantikan hingga kini adalah Kishore Kumar. Dia juga berjaya di era 60 hingga akhir 80-an. Rafi dan Kishore Kumar, memiliki kehebatan masing-masing. Kalau diibaratkan pesepakbola zaman sekarang, antara keduanya ibarat Messi dan Christiano Ronaldo. Rafi seperti Messi cenderung lebih cool, sedangkan Kishore mirip Ronaldo cenderung playboy dan meledak-ledak.

Rafi dan Kishore pulalah, yang menjadi icon dan mengilhami penyanyi-penyanyi hebat Bollywood sekarang, seperti Udit Narayan, Sonu Nigam, Kumar Sanu, Abhijeet, Vinod Rathood dan lainnya. Sonu Nigam dan Udit Narayan (yang kerap mengisi suara nyanyian SRK) cenderung mengadopsi gaya bernyanyi Rafi, sementara Kumar Sanu, Abhijeet dan Vinod Rathod mengidolakan Kishore.

Faktanya, Sonu Nigam dan Udit Narayan dianggap lebih sukses. Sebab hampir seluruh film-film sukses era 90- hingga 2000-an yang dibintangi aktor-aktor papan atas, selalu menyertakan suara merdu keduanya. Sebaliknya Kumar Sanu, Abhijeet dan Vinod Rathod, hanya menjadi penyanyi latar film-film menengah.

Tentunya selain nama penyanyi legendaris Mohammad Rafi dan Kishore Kumar, kita juga tak bisa menafikan penyanyi wanita paling hebat di Bollywood, yaitu Lata Mangeshkar, yang pernah beberapa kali berduet dengan Rhoma Irama. Selain Lata, terdapat nama Asha Bhosle. Sedangkan pada sepuluh terakhir ini, nama-nama penyanyi wanita Bollywood yang paling bersinar adalah Alka Yagnik, kemudian Shreya Goshal,Sunidhi Chauhan, Sadhana Sargam, Alisha Chinoy, dan beberapa nama lainnya.

Tanpa keberadaan penyanyi-penyanyi hebat di atas, sudah pasti Bollywood movies akan seperti sayur tanpa garam. Nama-nama mereka tentu sangat tenar dan dihormati di negerinya Mahatma Gandhi itu. Namun di Indonesia, mereka seperti sosok yang terlupakan….!

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 1 April 2010, in Musik & Film and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. info yang menarik
    saya juga suka lagu-lagu filem India
    tapi tak pernah tau siapa penyanyinya
    saya baru tau yg namanya Mohd Rafi
    nice post

    @mikekono : pasti akan lbh
    seru kalau tau penyanyinya

  2. saya juga suka lagu-lagu India
    tapi selama ini gak pernah
    tau siapa saja penyanyinya
    untung abang bikin postingan ini,
    jadi taaau dekh

    @mikekono : hehe…gitu ya
    makanya…………

  3. Waduuh … speechless saya Bang …🙂
    Pertama, terimakasih nama saya disebut (tersanjung deh …🙂 )
    Kedua, ini informasi baru bagi saya, yang selama ini nggak tahu apa-apa tentang Bollywood. Kayaknya ini session pertama untuk pelajaran tentang film India ya Bang? Session berikut tentunya untuk pelajaran bahasa Hindi 🙂

    Salut Bang, Abang bener-bener pakarnya film Bollywood deh. Kapan-kapan kalau berniat bikin film India, saya mau lho bang dicasting jadi apa gitu …😀

    @mikekono : hmmm…jadi tersnjung juga nih
    hampir kesandung…..
    tapi postingan mbak tuti soal Bollywood ala
    Hollywood itu, justru lebih kereen kok🙂
    btw, bilakah pelajaran bahasa Hindinya bermula ?
    kalau nanti dicasting, tuti sepertinya cocok jd
    heroine-nya

  4. saya tak paham soal bollywood
    tapi lagu2 India memang
    cukup enak didengar
    bagus tulisan abang🙂

    @mikekono : kalau tak paham
    belajar tuhh, sama tutinonka
    hehehe🙂

  5. kalau yang ini saya tak begitu paham

    @mikekono : tak kenal, maka tak paham😦

  6. Aku tertawa ngakak baca postingan ini.
    Ternyata benar kataku kalau di Medan film India memang ngetop. Buktinya, pemilik blog ini sangat fasih menceritakan tokoh2 Bollywood.
    Btw, dulu bioskop kesayangan di mana Bang? Kesuma, Ria, Juwita?
    Ha ha….

    @mikekono : haha…ngakak juga
    baca komen bro hery
    iya tuh…di Medan sejak doeloe
    film india memang ngetop,
    makanya di sini ada kampung Madras
    btw, masih ingat juga abang
    bioskop2 legendaris itu ya ?

  7. Keluarga lia termasuk penggemar India Pak.. (keturunan 10%😛 )
    kebetulan ada beberapa lagu2 artis lama diatas yang abah lia punya terutama lata mangeshkar🙂 … pernah waktu sodara ada yg ke mumbai kita nitip ama mereka… lagu2 dulu kata abah lebih banyak memberikan pesan dalam liriknya…tidak seperti skrg kurang seni malah banyak seksi2.. ehheheh
    salam warga medan🙂

    @mikekono : ya, Lata Mangeshkar memang
    penyanyi wanita paling hebat sepanjang masa
    di Bollywood, smpe sekarang di usia 70 lbh, masih aktif
    btw, bener…sekarang lagu2nya lbh ngak-ngik-ngok
    kurang syahdu🙂

  8. Punya anak yang suka menonton dan mengamati film, membuat saya mencoba memahami berbagai jenis film (kecuali film hantu2an)…agar bisa tetap dekat dan mengobrol dengannya.
    Entah sejak kapan saya bisa menikmati nonton film India, walau sebatas nonton di TV atau via VCD….dan akhirnya menikmati segala macam tariannya (kebetulan saya memang gemar menonton tarian).

    Dan saya lihat perkembangan perfilm an Bollywood sungguh mengagumkan…
    Dan sejak dulu saya suka Shah Rukh Khan

    @mikekono : semua jenis film sebetulnya layak tonton
    bila digarap dengan baik, seprti My Name is Khan itu
    sejauh ini soal tarian memang Bollywood blom ada duanya
    btw, sejak era akhir 90-an, Shah Rukh Khan
    emang aktor number one di Bollywood,
    bersama Salman Khan dan aamir Khan🙂

  9. aku nda tau ban9 penyanyi india..

    ini baru tahu dari sini😳

    iyah,oran9 oran9 dibelakan9 layar serin9 terlupakan,padahalkan mereka satu kesatuan yaa,,

    ban9,aku pamit dulu ya,ndak n9eblo9 dulu.🙂

    trimakaasiii🙂

  10. wOe… lam knal…

  11. Wow, ini sih memang penghayat Bollywood. Salut deh.

  12. Salman Khan is the new King of Bollywood..Karan Arjun Starring Salman Khan,Shahrukh Khan,Kajol,Mamta Kulkarni.Andaz Apna Apna starring Salman Khan,Aamir Khan,Karishma Kapoor,Ravena Tandon,Hum tum Hare Hain Sanam Starring Salman Khan,Shahrukh Khan,Madhuri Dixit,Aishwrya Ray,Hum Dil De Chuke Sanam.starring Salman Khan,Ajay Devgan,Aishwrya Ray.Veer filem number one Salman Khan&Zirine Khan

  13. lagu-lagu india emang keren-keren,, tapi gak semua sih…. suaranya udit narayan, sonu nigam, shreya goshal, sunidhi chauhan, dan alka yagnik luar biasa indah. asha boshle cocok buat lagu-lagu ngebeat and lata mangeshkar cocok buat yang lebih slow…
    sunidhi cahuhan suaranya seksi abis di lagu Dhoom Machale.
    shreya goshal yang ngisi suaranya paro di film devdas juga melengking indah.
    well, mereka manusia-manusia dengan suara terindah yang sanggup menyihir orang dengan keindahan suara masing-masing. film india tak akan seindah ini tanpa mereka.
    film my name is khan pum mungkin garing tanpa suara merdu shreya goshal dan shafqat amanat ali.
    hidup penyanyi india!!!!

  14. rafi itu bapaknya sonu nigam

  15. Kurang berminat ama film india dan kalo film india kurang menegangkan seperti film laga amerika

  16. kalau saya suka
    dengan penyanyi Bollywood
    yg ngetop skrng
    namanya sonu nigam

  17. Saya suka bnget lagu lagu bollywood,

    Lagu bollywood mmbwt aku trknang ke masa lalu

  18. wah keren lok bisa berita tt india lebih banyk lagi khususnya artisnya, trus budaya dan keyakinan yg dianut oleh artis2 india

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: