9 April nan Mencekam


Tanggal 9 April 2009 adalah saat-saat nan mencekam. Segala sesuatu bisa terjadi pada hari itu. 9 April bisa menyebabkan seseorang dan sekelompok orang tertawa, tapi bisa juga membuat mereka tertawa berkepanjangan, tiada henti.

Kamis 9 April itu tak cuma mencekam bagi para caleg. Tapi juga menjadi saat-saat yang ditunggu dengan penuh deg-degan oleh SBY, JK, Megawati, Prabowo, Wiranto, Soetrisno Bachir, dan lainnya.

Jika pada 9 April itu misalnya, hasil perhitungan beberapa hari kemudian, memperlihatkan hasil Partai-nya SBY (Demokrat) cuma memperoleh suara di bawah 10 persen, dapat dipastikan SBY dan para pendukungnya harus lintang pukang mencari parpol yang mau diajak koalisi.

Bahkan bisa jadi dengan raihan cuma di bawah 10 persen, parpol lain akan mikir 1000 kali untuk ikut bergabung ke dalam gerbong koalisi yang hendak dibangun SBY.

Begitu juga dengan JK, bukan hal mustahil pula kalau partai berlambang beringin itu kemudian anjlok suaranya, sehingga ia harus mengubur dalam-dalam niatnya untuk nyapres dan siap-siap untuk kembali bermitra dengan SBY.

Sebaliknya tak tertutup kemungkinan Partai Gerindra atau PAN akan memberikan kejutan, meraih persentase suara 10 hingga 15 persen, yang berdampak pada pergeseran peta koalisi calon presiden.

Begitulah, 9 April nan mencekam itu sekaligus akan menentukan wajah Indonesia di masa depan. Pilihan rakyat pada hari itu potensial akan melahirkan pimpinan nasional baru serta bisa jadi pula tetap akan mandeg pada status-quo.

Namun betapapun mencekamnya Pemilu 9 April nanti, yang paling potensial terkena serangan jantung dan ancaman stroke adalah para caleg. Sebab, caleg yang gagal dapat dipastikan tidak saja bisa terancam bangkrut,  juga bisa menderita broken heart and broken home.

Sang caleg mungkin saja akan tabah menerima kekalahan. Tapi kaum kerabatnya (istri, suami, pacar, tunangan, anak, mertua, orangtua), belum tentu kuat menanggung beban psikologis dan penderitaan itu. Ohhhh……!  😥

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 3 April 2009, in Budaya, Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 44 Komentar.

  1. Jangan Nyoblos! sekali lagi JANGAN NYOBLOS!!!
    JANGAN MAU NYOBLOS

    v
    v
    v
    v
    v v
    v v
    v v
    v

    Tapi Contreng…Kita contreng alias centang!

    @mikekono : betul Pakde, tak usah nyobolos
    dicontreng…..cukup sekali saja
    mana yang mau dicontreng, terserah…!

  2. Koq gambar centangnya jadi berantakan gitu bang mike? gimana nih?

    @mikekono : hmmmm……hehehehe

  3. bagian soal caleg itu yang saya tunggu2…sopo yang stroke nih..apalagi kalo sampe pake biaya ngutang..heee

    @mikekono : kelihatannya akan bnyk yg stroke,
    apalagi yang dikejar2 utang, wahhh lbh bnyk lagi
    hihihihi

  4. Caleg yang sangat khawatir akan kekalahannya sehingga ia rela berhutang sana sini, menjual seluruh hartanya demi sebuah kursi di parlemen (walaupun ada juga caleg yang sangat khawatir kalah tapi pasrah saja apalagi ia kekurangan dana….) biasanya yang lebih besar adalah ambisi pribadinya dibandingkan motivasi sosialnya. Wajar saja kalau nanti banyak yang jadi tidak waras….. tidak waras pastinya bukan karena ia terpukul karena tidak bisa menyuarakan suara rakyat tetapi ia terpukul karena bangkrut dan tidak bisa menikmati kursi empuk dan modalnya tidak balik….

    Bagi para politisi…. 9 april boleh jadi merupakan masa2 mendebarkan. Tetapi bagi rakyat biasa seperti saya?? Saya bisa cuma tersenyum kecut…. mampukah dewan legislatif yang baru bisa bekerja lebih baik dari yang lama?? Bisakah pemerintahan yang baru nanti memerintah lebih baik dari pemerintahan yang sekarang, seperti yang telah digembargemborkan sekarang?? Kalau ternyata tidak bisa…. sayapun tidak akan tertawa lagi…. Karena tawa saya sudah habis untuk mentertawakan dari satu pemerintahan ke pemerintahan yang lain selama ini……

    @mikekono : betul mas Yari, rakyat sudah tak lagi
    selera untuk tertawa. air mata rakyat jg sudah kering,
    terlalu lama hidup dalam kesedihan dan penderitaan….
    tapi eksekutif dan legislatif tetap tak peduli,
    mereka cuma peduli pada kursi

  5. de9de9an yaa.. 🙂
    persiapkan mental dan iman dari sekaran9,apapu hasilnya jika suda kuat mnetal maka akan menerima den9an ikhlas.. 🙂

    5 hare la9e ya ban9?

    @mikekono : betul wi3nd, kuncinya kesiapan mental
    dan iman. kalau imannya sudah mantap,
    pasti siap dan sll sabar menghadapi apapun

  6. tak terbayangkan apa yang akan terjadi
    pasca 9 april nanti
    berapa banyak caleg yg akan terkena serangan jantung dan stroke
    atau mungkin akan terganggu jiwanya
    seraaammmmmm………

    mudah2an abang ga sampai seperti itu ya
    dan juga ga sampai broken heart
    saya selalu berdo’a untuk keberhasilanmu
    dan akan selalu ada apapun keadaanmu 🙂 🙂

    @mikekono : kemungkinan caleg yang gagal
    terserang berbagai gangguan psikologis,
    memang sulit dielakkan
    btw, semoga berkat dukungan doa adinda
    saya akan selalu tabah menghadapi
    semuanya…….thanks 🙂

  7. awali dengan bismillah, insya allah hasilnya alhamdulillah tanpa masalah

    @mikekono : betul sekali, thanks mas hastu

  8. selamat nyoblos, eh nyentrang maksudnya 😀

    @mikekono : ya ya ya……..thanks 🙂

  9. Saya hanya bisa mendoakan, semoga yang terbaik bagi Bang Mike. Luruskan niat, bersihkan hati, jernihkan pikiran, tawakkal dan pasrah pada Allah SWT. Jika semuanya dilandasi dengan keikhlasan, apa pun hasilnya akan bisa diterima dengan lapang dada.

    Jangan sampai hanyut dalam arus yang nggak karuan ya Bang. I do believe you know what the best. Pokoknya saya selalu dukung Bang Mike (sudah stop ngeblog pun saya sempatkan nengok Abang lho … 🙂 )

    @mikekono : sebagai teman, memang harus senantiasa
    memberi support. Teman yang baik akan selalu ada,
    baik dalam suka maupun duka……
    saya juga mendokan semoga Mbak Tuti
    cepat rampung menyelesaikan tugas mulianya
    dan secepatnya meraih gelar DR
    thanks atas apresiasinya 🙂

  10. sudah ada VIP room di RSJ buat caleg yg stress dan depresi kan bang. Siapapun yg menang, yg kalah harus cukup berbesar hati untuk menerimanya. That’s the point of being democratic, right? 🙂

    @mikekono : semoga tidak akan terlalu bnyk caleg yang jadi
    penghuni VIP room RSJ itu…….thanks adinda 🙂

  11. ..ramalan saia nih bang.. Untuk 5 besarnya, secara acak ya : Demokrat, Golkar, PDIP, PKS dan Gerindra.. Jadi, kecil kemungkinan Demokrat dapetnya dibawah 10 %, jadi SBY masih aman dah.. Saia sendiri bukan pendukung atau simpatisan Demokrat, tapi saia akan tetap pilih SBY nanti pada pilpres.. Di desa saia dan desa2 sekitarnya, ada komitmen unik, untuk DPRD II, sebagian besar akan ke salah satu partai, tapi di DPRD II dan DPR pusat, tersebar.. Sementara, untuk pilpres, sebagian besar banget sepakat ke SBY, siapapun wapresnya..

    @mikekono : analisis Mas Ariefdj, cukup masuk akal. Partai Demokrat memang sangat berpeluang meraih 10 persen, karena SBY terlihat
    bekerja ekstra keras mendongkrak perolehan suara partainya
    Tapi, saya kurang yakin Demokrat akan mampu meraih suara
    di atas 20 persen. Itu artinya SBY masih membutuhkan dukungan
    koalisi.
    Prediksi saya lima besar : Demokrat, PDIP, Golkar, PKS, PAN

  12. koran edisi minggu banyak mengupas prediksi psikolog ttg banyaknya caleg yang stress, bahkan gila, mas agus, baik yang kalah maupun yang menang. yang kalah sudah pasti shock lantaran sudah banyak mengeluatkan duwit, tanaga, dan pikiran. yang menang, terus mikir, apakah mereka apat melunasi janji2 yang diumbar saat kampanye.

    @mikekono : betul mas sawali, menang dan kalah
    tetap menyisakan sejumlah masalah. Semoga para caleg itu
    segera mempersiapkan diri dan senantiasa pasrah hanya
    padaNya. Semua harus dikembalikan pada qudrat
    dan iradatNya

  13. kalau memang gak mereka gak pantes di pilih mendingan gak usah, siapa suruh nyaleg kalau tujuannya untuk kepentingan pribadi. Aku jadi inget sama kejadian calon bupati yang gak kepilih trus lalau stress 😀

    pilihannya kan yang jujur, adil, bermatabat dan mendedikasikan diri untuk rakyat…so kalau gak ada yg begitu aku GOLPUT aja 😛

  14. Tak akan ada rasa was-was dan kuatir jika segala sesuatunya diawali dengan niat yang lurus dan dilandasi dengan penuh keikhlasan. Tabik… 🙂

  15. SUKSESSSSSS BANG MIKEEEEEEEEEE…

    Doa saya untuk abang yahh.. Semoga berhasil. Go bang go.. go… gooo

    Eh ya, numpang promosi… Besok, majalah CHIC akan membahas mengenai blog saya, yang sillystupidlife.com.

  16. Ya biasa-biasa ajalah Mas …

  17. siapa bilang 9 april menegangkan? anak2 saya malah senang banget, soale mereka liburan, 2 hari malah! tanggal 10 april juga libur, hehehe… 🙂

    selamat mencontreng yg bang mike…
    semoga bangsa kita semakin dewasa dalam berdemokrasi… 🙂
    sukses selalu!

  18. ..heeh. kalo 20 % mah, sulit.. Melihat pemetaan kekuatan politik yang ada berdasar keberagaman latar belakang pendidikan dan perbedaan2 kepentingan.. Selain itu, sistem yang agak berbeda di pemilu kali ini, potensial banget untuk memberikan peluang kemenangan pada ke-golput-an, paling tidak ya pada kesalahan2 yang mungkin timbul.. Sepertinya, mekanisme dan teknis pelaksanaan pemilihan umum di negeri ini, perlu dirombak.. Idealnya, bikin jaringan online, login via sidik jari atau scanner kornea, trus memilih dengan touch screen di layar pada bilik suara.. Langkah awalnya, ya kudu ada database penduduk yang bener2 valid, dgn ID pengenal utama yang unik berdasarkan sidik jari atau kornea mata.. hihi.. terlalu muluk ya ?

  19. Pesta Demokrasi ini lebih mirip dengan pesta kejutan; siapapun bisa jadi pemenangnya…

    Oh ya, omong2 soal Caleg, aku kepingin nyaleg ah untuk periode berikutnya… tapi harus disponsori dan aku nggak perlu keluar duit sama sekali. Kira-kira bisa ga tuh, Bang? 😀

  20. Ku berharap yang kalah bisa sportif dan tidak berusaha menghalalkan segala cara apalagi sampai nyindir2 iya gak bang?
    Trus yg kalah bukan berarti tidak pantas untuk menduduki kursi terhormat karena yang kalah itu adalah penyalur aspirasi rakyat juga yang akan berperan dalam bentuk lain juga, jadi bisa saling mengisi dan kerjasama dengan yg terpilih baru itu namanya Indonesia Bersatu

  21. Prediksi dimana-mana…Yang jelas hanya tinggal beberapa hari lagi…
    Kita tunggu saja hasil akhirnya…
    Mudah2an saja gak ada yang GOLPUT

  22. Yang jelas … apapun hasilnya …
    Semoga bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi …

  23. kayaknya banyak deh yang bakal stress….

  24. Satu hari lagi … sebeah rumah dah dipasangi tenda … dan … tidur semakin nyenyak he he

  25. ayoooo…kita nyontreng,sebagai warga negara yang baik…
    jangan stress deh…sudah Bunda buat tulisannya…Jangan stress…,kita masih bisa melkaukan banyak hal.9 April bukan akhir dari segala galanya…tapi awal pendidikan demokrasi yang dewasa…semoga aman…

  26. selamat malam pak de
    kalau blue mah mengharapkan semua yang tersisih dari caleg langsung gabung dengan kita kita para pecinta bloger biar kagak jadi stress heheh………..
    salam hangat selalu

    Pa cabar,pakde

  27. mulai malam ini, kayaknya para caleg tercekam. tercekam sampai nggak bisa menikmati tidurnya. kalo sampai tidur, mungkin selalu dihantui mimpi buruk.
    benar2 mencekam… tapi bukan buat saya, hahaha…

    malam, Bang Mike 🙂

  28. aku tadi dah nyontreng, tinggal tunggu quick count. pinginnya sih ada kejutan
    salam kenal

  29. Mudah2an para caleg bisa belajar ilmu ikhlas jadi siapapun yang menang mereka bisa menerimanya karena semua sudah ada yang mengatur kita hanya menjalani, berdo’a dan berusaha…

  30. Hai bang!

    *udah gituh aja*

  31. nggak ikut nyontreng…
    nggak terdaftar…

  32. Sudah selesai, tinggal tunggu hasil dan saling protes dan tuduh. Semoga mereka menyelesaikannya dengan sabar dan kepala dingin.
    Cuma kepalaku panas-dingin akhir-akhir ini bang, karena sering kena matahari dan hujan..gw di lapangan terus..hehehe..nyontreng ga bang. gw nyontreng dan berbaris satu keluarga istri tercinta dan anak pada saat yang sama,…hehehe….satu tinggal di rumah dia golput dan satu lagi kita telp ke negeri matahari sana…agar jangan lupa nyontreng…hehehe

  33. Alhamdulillah… pemilu 9 april lancar 🙂 di daerahku aman-aman aja bang.. hehe..
    buat caleg yang kalah siap mentaaal..

  34. Bang, pileg sudah tiga hari yang lalu, kok belum ada postingannya? Masih sibuk itung-itung suara ya ….
    Semoga sukses ya Bang 🙂

  35. pakabar bang mike ?
    semoga sukses ya di pemilu 🙂

  36. sukses bang pencontrenganya kemarena?
    selamat bang

  37. ga ikut nyontreng……:(

    tapi seru juga euy ngikutin berita perolehan suara…:D

    btw dah lama ga berkunjung ke sini

    ^_^

  38. Belum semingu Pemilu, para elit udah “lupa janji”, sekarang sedang kalang kabut berebut kekuasaan, sibuk kasak-kusuk cari koalisi supaya bisa ikut dalam gerbong kekuasaan.

    Waktu kampanye saling menjelekkan lawan, sekarang sibuk mau rangkulan koalisi,..

    Nah, kan elit yang pesta/bingung dan mencekam, rakayat sih biasa-biasa aja.

  39. Lama tak nampak…, rupanya abang kita yang satu ini lagi sibuk menghitung suara… 😀

  40. ** oot

    baaaan999.. 9imana hasiLnya??
    apapun ituh semo9a aban9 menerima den9an Le9owo yaa..

  41. PEMILU Menyisakan pertengkaran…
    Sampai sekarang masih panas.. 😆

  42. Pemilu yang memilukan…. selalu begitu…

  43. saya doakan yang terbaik buat bang agus.
    saat menuliskan komentar ini, tentunya misteri peta strategis perpolitikan di indonesia sudah mulai tersingkap.
    mudah-mudahan yang terbaik diberikan bagi bangsa ini.

  44. テレビ電話でエッチな娘と生通話 http://www.tvcommunications.net/cate94.php テレビ電話 エッチな女の子

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: