Caleg, Tak Siap Kalah


Saat bincang-bincang dengan Ekonom kondang Sumatera Utara dan Dekan FE USU Drs H Jhon Tafbu Ritonga MEc, Rabu (18/3) pagi, dia mengingatkan saya agar mempersiapkan mentalitas untuk menerima kekalahan.

JTR, demikian dia biasa disapa, merasa perlu menekankan hal itu, terkait dengan posisi saya sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Sumatera Utara.

Saya merasa beruntung diingatkan oleh senior dan teman diskusi saya itu. Kendati jauh sebelumnya saya sudah mempersiapkan diri untuk siap menerima kekalahan dan tak pula jumawa jika terpilih menjadi wakil rakyat.

Namun sangat banyak pula caleg-caleg lain, tak siap kalah. Indikatornya bisa dilihat dari sikap mereka yang terkesan jor-joran dalam menggelontorkan dana demi meraih simpati calon pemilih, walau peluang untuk terpilih sebetulnya relatif kecil.

Kecenderungan tak siap kalah juga bisa ditengarai dari banyaknya anggapan umum yang berkembang di tengah masyarakat, pelaksanaan Pemilu Legislatif akan ramai ditingkahi aksi dan upaya main curang dari sejumlah caleg.

Permainan curang sudah pasti memerlukan kesiapan dana yang tak sedikit. Dana ini diperlukan untuk ‘membeli’ beberapa oknum yang memiliki kepiawaian dalam menukang-nukangi data/ hasil penghitungan suara. Lazimnya, aksi main mata ini biasa dilakukan mereka yang tak siap kalah.

Indikasi permainan curang ini memang sulit dihindari. Dalam konteks demikian, kita cuma bisa berharap dan mengimbau agar seluruh perangkat penyelenggara Pemilu, mulai dari KPU, Panwaslu, PPK, PPS, dan lainnya hendaknya tidak mau terpengaruh dengan iming-iming uang, untuk merekayasa jumlah perolehan suara.

Jika para caleg yang tak siap kalah itu, kemudian memenangkan suara terbanyak dengan cara-cara tak fair, dapat dipastikan mereka tidak akan bisa menjalankan tugasnya dengan optimal sebagai wakil rakyat. Sebab, prosesi yang dilalui hingga terpilih menjadi anggota dewan, sudah dicemari perilaku negatif.

Kalah dan menang dalam sebuah perjuangan merupakan hal yang lumrah. Kekalahan/ kegagalan, suatu ketika juga diperlukan, demi mendewasakan serta memperkokoh mentalitas kita dalam menjalani kehidupan.

Bagi caleg yang hingga kini, tak siap untuk kalah, diimbau agar segera melakukan introspeksi, refleksi dan kontemplasi, agar pasca kekalahan dalam Pemilu, tak sampai membuatnya menjadi pasien rawat inap di Rumah Sakit Jiwa…. 😥

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 18 Maret 2009, in Budaya, Kehidupan, Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. Pileg (yang bikin pilek dan demam … 😀 ) kali ini memang ‘mengerikan’. Sistem suara terbanyak membuat banyak caleg yang kalap dan menghalalkan segala cara. Apalagi yang sudah terlanjur mengeluarkan biaya besar untuk ‘membeli’ nomor urut, dan ternyata tiba-tiba sistem diubah menjadi suara terbanyak. Biaya yang dibutuhkan untuk kampanye pun sangat besar. Dan jika sudah masuk dalam bursa pencalegan, sepertinya sulit untuk tidak terseret arus jor-joran menggelontorkan uang, baik untuk pembuatan properti kampanye maupun untuk membeli suara.

    Jika dituruti, kebutuhan dana untuk kampanye itu tidak akan ada batasnya. Maka, kemampuan caleg untuk menentukan kapan harus berhenti, sangat menentukan ‘apa yang akan terjadi’ jika nantinya dia kalah. Jika seorang caleg mengikuti nafsu, sampai menjual, menggadaikan, atau berhutang untuk biaya kampanye, maka kalau ia gagal terpilih, beban mental maupun material yang ditanggung memang sangat berat.

    Semoga para caleg tidak sampai habis-habisan mengeluarkan dana untuk kampanye. Ingat, sesudah pileg selesai, kita masih harus hidup …

    @mikekono : betul sekali, saat ini para caleg itu
    sudah terlanjur basah…..kalau tak diteruskan nanggung
    keputusan MK menyebabkan semua caleg merasa
    punya peluang, akhirnya terjadi saling gesek
    dan demi mempertahankan gengsi
    akhirnya terpksa jor-joran,
    walau tak ada juga jaminannya
    bakal menang….
    nyaleg bikin pilek dan kantong sobek 😦

  2. dan blue harap jika akang pun ikutan jd caleg moga moga bisa siap menerima apapun yang terjadi
    semangat ya kang
    salam hangat selalu

    @mikekono : ya akan tetap semangat
    dan tabah menerima resiko terburuk sekalipun
    thanks blue 🙂

  3. tak siap kalah berarti menghalalkan segala cara..

    @mikekono : ya begitulah, sungguh mengenaskan 😉

  4. Wah, ternyata caleg rupanya bapak ini.
    Kudoakan semoga sukses lah…
    Kalau kalah pun santai aja, dunia belum kiamat.
    Tapi aku khawatir juga kalau sehabis pemilu, rumah sakit yang dekat Simalingkar itu tak kuat menampung pasien…
    Ha ha…

    @mikekono : amien ya rabbal alamin
    ya semoga tetap kuat dan tak sampai
    rawat inap di rumah sakit itu. thanks bro

  5. Caleg jaman kini kalo kalah gak sportif dan gak mau ngakuin kelebihan orang dan tdk mau introspeksi diri

    @mikekono : bener…..semoga caleg-caleg bermental pengecut
    itu, tak bakal dipilih oleh rakyat. thanks sista

  6. wah, bang agus caleg toh?
    kok nggak pernah kelihatan nampang di jalanan, bang? serius nih.

    betul, bang. kalah dan menang dalam suatu kompetisi itu lumrah. mana mungkin menang semua atau kalah semua. kalau bang agus telah melakukan semuanya dengan benar (dan halal), kekalahan tentu akan diterima dengan dada lapang, dan kemenangan disikapi dengan kerendahan hati.

    @mikekono : ya ngga kelihatanlah, nyalegnya kan
    di Sumatera Utara…….hmmmm
    ya, semoga kekalahan akan bs
    diterima dengan lapang dada
    dan kemenangan tak membuat jumawa
    thanks my sista 🙂

  7. @hery azwan:
    maksudnya rumah sakit yang di tali air?
    hihi! nauzubillah min dzalik ya, bang?

    saya doakan yang terbaik buat bang agus.

    @mikekono : serem juga tuh rumah sakitnya,
    tapi jangan sampai lah……hihihihi
    thanks atas doanya adinda 🙂

  8. kalah menang bukan masalah
    yg penting hati tenang
    karena tak berbuat curang
    berharap yg terbaik aja ya bang…
    doa dan usaha orang jujur takkan disia2kan sang kuasa ..amiien.(^_^)

    @mikekono : ya, kalah-menang hal biasa
    semoga akan tabah menghadapinya
    thanks adinda…. ^_^

  9. semo9a menan9 ban9.. 🙂
    jujur adalah se9alana..
    menan9 kalah bukanlah satusatuna jalan..
    tokh dLm hidup selalu ada sebab akibat,klu kalah ya terima den9an le9owo alias lapan9 dada..suda resiko kan?

    @mikekono : betul adinda, semuanya sudah
    diatur Gusti Allah, manusia berencana
    Allah yg memutuskan…..thanks

  10. Bang..
    perkuat iman dan ketakwaan kepada Yang Di Atas ya Bang..

    Saya setuju sekali dgn komennya Mbak Tuti, dengan sistem yg ada skrg, berbagai cara akan dihalalkan. Tentu saja saya yakin Bang Mike tidak termasuk di dalamnya. Saya doakan sukses dengan pencalonannya ya Bang, pun jika engga Bang Mike akan tetep jadi sahabat saya kok, sahabat semua orang malah 🙂

    @mikekono : menghalalkan segala cara,
    pasti tdk akan memberi kebahagiaan…..
    makasi atas doanya,
    kita tetap akan bersahabat

  11. Tantangan terbesar seorang caleg yang sebenarnya adalah pada saat ia telah terpilih nanti. Apakah ia bisa benar2 mewakili suara rakyat atau dewan legislatif hanyalah semata2 sebagai ajang untuk cari duit dan memperkaya diri?? Kalah karena tidak/gagal terpilih sebagai anggota dewan legislatif masih jauh lebih terhormat dibandingkan menjadi caleg yang berhasil terpilih menjadi anggota dewan namun ia gagal menyuarakan aspirasi rakyat dan lebih tergoda untuk memperkaya diri sendiri/kelompoknya.

    Saya yakin (insya Allah) jika bang Mike terpilih, bang Mike akan lebih mementingkan suara rakyat dibandingkan memperkaya diri sendiri dan bermalas2an menjadi anggota dewan. Maju terus pantang mundur !! 😀

    @mikekono : setuju mas Yari, tantangan
    setelah terpilih pastilah sangat berat,
    karenanya menjadi wakil rakyat bisa
    jadi justru sebuah musibah, bila
    posisi itu tdk bs dimanfaatkan untuk
    mengabdi demi kepentingan rakyat
    thanks bro 🙂

  12. Hmmm ‘caleg juga manusiaaa.’ *Serious mode on…

    Yang jelas jangan sampai jatuh ke anarkis, sah-sah saja kecewa. 🙂

    @mikekono : anarkisme apapun alasannya,
    tidak dapat dibenarkan 😦

  13. Bro …
    Untuk Abang …
    Tidak ada menang atau kalah … bagi saya
    Terpilih atau tidak terpilih … Abang tetap sahabat saya …

    And I know Abang tak akan tergoda dangan hal yang tidak seharusnya …

    Bagi saya pribadi Abang adalah orang yang terpilih … orang yang menang …

    Salam saya

    @mikekono : wow….terharu dan tersanjung
    saya dengan komen abanganda….
    Mas NH memang paling pinter
    bikin orang seneng….(untuk itu bro
    akan diganjar pahala olehNya)
    btw, abanganda juga akan selalu
    menjadi sahabat terbaikku
    thanks my best friend 🙂

  14. memang begitulah. Semuanya ingin menang. Bila perlu anarki dimajukan.

    @mikekono : berjuang yes, anarkisme no

  15. Parahnya, karena merasa sudah keluar modal banyak dan kemudian kalah…banyak caleg yang menghasut pendukungnya untuk berbuat anarkis. Mulai dari merusak kantor pemenang sampai dengan fasilitas umum. Kalau mental belum siap mending mundur aja deh

    @mikekono : tindakan mengarah pada provokatif dan agitatif, apapun motifnya, tidak dapat
    dibenarkan

  16. Bah… saya baru tau ini kalau Lae ikutan jadi Caleg… sukses yah… saya yakin dari tulisan dan pemikiran Lae selama ini… kalau Lae adalah orang yang Idealis dan reformis juga…
    Soal kalah atau menang… yang penting udah usaha… Perjuangan panjang dan tulus tidak akan sia sia….
    Maaf lama nggak mampir kemari….

    @mikekono : bah jadi diumbang Lae pula
    saya……hehehe 🙂
    usaha dan doa sudah dilakukan,
    semoga DIA berkenan memberi jalan
    thanks bro…..horas, njuah-njuah

  17. Nampaknya langkah yang dilakukan beberapa Rumah Sakit Jiwa yang sudah menyiapkan adanya kemungkinan peningkatan pasien akibat Pemilu harus diberikan acungan jempol…

    Tabik 🙂

  18. caleg-caleg banyak juga yang udah banyak melakukan pelanggaran dan curi start kampanye, selain itu kalo yang udah ngabisin banyak banget duit takutnya kalo dah terpilih malah korup

  19. semoga bang Mike dipercaya para pemilih dan di-ridhoi oleh Allah untuk mewakili rakyat, sehingga bisa membawa negeri ini ke arah yang lebih baik.. Perbanyaklah silaturahmi ya bang.. Kedekatan emosional itu lebih baik dan lebih kuat ketimbang ‘kedekatan ekonomi sesaat’ .. Goodluck bang..

  20. So pasti … khan belom pernah maen taruhan … Jadi shok berat kalo kalah!

  21. bang Mikekono! Kompetisi adalah keniscayaan sejarah yang karenanya lahir sang juara dan sang pecundang. Itulah pilihannya. Namun, ada pertanyaan kehidupan yang mendasar, mungkinkah menjadi orang yang senantiasa menang dan tak pernah terkalahkan? Jika ya, siapakah sang juara tersebut?.

    Sang Juara itu bernama mukmin. Ia memahami bahwa kemenangan sejati adalah ketika setiap momentum memiliki makna dalam kehidupannya. Mungkin saja dia gagal, tapi dia senantiasa mampu bangkit dari setiap kegagalan. Itulah penyebab dia senantiasa menang melawan tantangan-tantangan kehidupan.

    Maju terus pantang nangis bang, itu aja …

  22. eh satu lagi bang, lelaki nggak boleh cengeng…
    Jadikan syukur dan sabar jadi jurus andalan. Bang Mikekono telah memastikan diri untuk bersama para juara sejati. Setelah itu, bersiaplah untuk menggetarkan dunia, menggoda kemenangan dan mempesonakan sejarah sebagaimana para juara sejati terdahulu melakukannya. Bang Mikekono harus siap. Sekali lagi jangan cengeng…ambo idak suko!

  23. Pertama ikuran berdoa semoga bang Mike menang dengan jalan yang jujur dan terbaik. kedua kalau kalah, mungkin memang tempat itu bukan yang terbaik buat Abang untuk saat ini. Dan semoga masyarakat Medan khususnya dan Indonesia umumnya semakin pandai dalam menyikapi iming-iming para caleg yang hanya memberikan kenikmatan sesaat dan sangat kecil keuntungannya. Karena caleg yang mengeluarkan uang banyak dalam prosesnya, ketika terpilih pasti tujuan utamanya adalah melakukan segala cara untuk balik modal. thanks

  24. Mereka tak siap kehilangan gaji gede seorang legislatif jika kalah…

  25. Saya mendengar berita di TV, kalo RSJ di Magelang sudah menyiapkan ruang VIP guna mengantisipasi Caleg yang kalah dan banyak yang stress. Harga mulai 200 ribu per hari…
    Kalo ada temen ABang yang kalah kasih tau yah…?
    xixixixixi….

  26. kayake bener kata tuyi dijamin dan dipastikan akan ada ORGIl mendadak nih bentar lagi…atau kalau ga kawin cerai hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: