Dicari, Presiden Pengganti SBY !


amienSusilo Bambang Yudohoyono (SBY), harus diakui merupakan sosok pribadi yang baik dan santun. Dia juga suami, ayah dan kakek yang lumayan perfect bagi keluarganya.

Tetapi sebagai seorang Presiden Republik Indonesia, banyak kalangan menilai, SBY tidak cukup berhasil dalam membawa Indonesia menuju perubahan ke arah lebih baik.

Saya tidak mau terlalu berpedoman pada data statistik yang diklaim pemerintah soal pertumbuhan ekonomi yang meningkat. Tetapi dari kasat mata, terlihat pengangguran dan kemiskinan ada di mana-mana. Infrastruktur jalan di daerah banyak hubar-habir. PHK juga meningkat tajam belakangan ini.

Dengan kata lain, saat SBY menjabat Presiden RI, belum terlihat peningkatan signifikan perihal kesejahteraan rakyat Indonesia. Negeri ini juga tak kunjung disegani dalam pergaulan bangsa-bangsa di dunia. SBY juga tak memiliki kharisma seperti halnya Bung Karno, Mahathir Mohammad, Ahmadinejad, atau Moammar Qaddafi.

Prestasi SBY dengan para pendahulunya (Habibie, Gus Dur dan Megawati) hampir sama saja, alias minus gebrakan dan nihil prestasi spektakuler. Memang pemberantasan korupsi lewat KPK selalu dibangga-banggakan, tetapi masih sangat banyak koruptor hingga kini tetap bebas lenggang kangkung.

Karena prestasi SBY tak terlalu mengesankan, tentu wajar jika bangsa Indonesia kini mulai meretas jalan untuk mencari Presiden baru pengganti SBY. Hal ini bukan didasari perasaan benci atau sentimen pada SBY, melainkan demi kemaslahatan bangsa di masa mendatang.

Tradisi mengganti pemimpin yang dianggap gagal, sudah sepatutnya dibudayakan di negeri kita. Kalau sudah terbukti tak mampu membawa perubahan radikal (ke arah yang lebih baik), buat apa dipertahankan.

Lalu, ke mana dan di manakah presiden pengganti SBY itu hendak dicari ? Inilah yang benar-benar sulit merealisirnya. Pasalnya, yang paling berpeluang mencari pengganti SBY itu adalah elite parpol, sebab merekalah secara konstitusional (berdasarkan UU Pilpres) yang berhak mengusung calon presiden.

Cilakanya, elite parpol kita kerap lebih mendahulukan pertimbangan kepentingan kelompok ketimbang kepentingan rakyat, dalam memutuskan kandidat capres yang bakal mereka usung.

Ketika muncul keinginan mencari pengganti SBY, tentu yang mesti diperjuangkan tak semata-mata terpola pada prinsip ABS (Asal Bukan SBY). Tetapi harus benar-benar dicari figur pemimpin kredibel, berwibawa, dan diasumsikan bakal bisa lebih baik dari SBY.

Nama-nama semisal Jimly Asshiddiqie, Amien Rais, Sultan HB X, Prabowo Subianto, Fadel Muhammad, M Fajroel Falaakh, Akbar Tandjung, Wiranto, Yusril Ihza Mahendra, Hidayat Nurwahid, Soetrisno Bachir, Adhyaksa Dault, Anas Urbaningrum, Anies Baswedan, mungkin patut dipertimbangkan menjadi pengganti SBY, walaupun saya belum yakin sepenuhnya mereka bakal bisa lebih baik dari SBY.

foto diambil dari sini

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 8 Januari 2009, in Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. Kemaren PakDE diminta mencalonkan bang…sayangnya saya nggak begitu capable jadi leader tingkat tinggi. cukup jadi kepala rumah tangga saja lah….
    Pengensih jadi presiden…tapi perjuangannya itu loooh…kadang lupa mana kawan mana lawan. Ketika sudah terpilih…melihat tanggungjawabnya alias kerjanya nggak sesuai harapan banyak orang….akhirnya berpeluang di copot. Malu saya bang!! No body perfect.
    Tradisi mengganti pemimpin yang dianggap gagal, mau mencari pemimpin yang kek gimana? bukan lah harapan yang mudah di jalankan. Menemukan yang baru pasti gagal juga. sudah hukum alam koq….karena No body perfect.

    @mikekono : yes…..no body perfect
    kalau memang gagal, ya mesti digantilah Pakde
    masya udah gagal masih dipertahankan juga,
    tapi memang benar sulit mencari figur pemimpin
    yg baik di negeri ini
    btw, kl pakde cocoklah jd ‘Presiden Blogger’….hmmmm 🙂

  2. emm.. kalo saia sih, berdasarkan parameter2 tertentu yang kudu dimiliki oleh seorang presiden di Indonesia menurut saia pribadi, sampe sejauh ini, untuk pilpres 2009 beberapa bulan nanti, baru SBY yang saia anggap layak dan pantas untuk saia sumbangkan suara saia nantinya.. hehe.. Dari deretan2 nama2 diatas, selain SBY, ada juga sih yang masih meungkinkan untuk saia sumbangkan suara saia nantinya, yaitu “W”…

    @mikekono : soal SBY masih dianggap layak
    memang sangat masuk akal juga….selanjutnya
    mari kita persilahkan rakyat yg menilai
    lalu, siapa gerangan si ‘W’ itu ? ehem 🙂

  3. SBY sebenarnya sosok yang layak untuk jadi Presiden. Sayangnya situasi dan kondisi Indonesia saat ini membutuhkan Presiden yang bukan seperti SBY.

    Supaya tidak terulang lagi kesalahan memilih orang seperti halnya kesalahan memilih SBY 5 tahun yang lalu, sebaiknya logika berpikirnya dirubah.

    Jangan dimulai dengan siapa penggantinya SBY. tapi justru dimulai dari lebih merumuskan situasi dan kondisi obyektif Indonesia saat ini dengan berbagai dinamika permasalahannya. Lalu kita rumuskan juga seperti apa Indonesia yang kita inginkan.

    Baru setelah itu baru kita cari siapa orangnya yang pas dan sesuai untuk melaksanakan berbagai rumusan diatas.

    Ibaratnya, kalau kita punya selembar kain bahan baju dengan motif dengan jenis bahan tertentu dan kemudian dari bahan kain itu kita ingin membuat baju. Tinggal kita cari penjahit yang memang handal dan mutu pekerjaannya baik untuk membuat baju seperti yang kita inginkan.

    Memilih Presiden = memilih penjahit… Sederhana kan…. Hehehe… 😉

    @mikekono : ya….mari sama-sama
    mencari penjahit yg lebih handal
    dengan mutu jahitan yg lebih bagus
    thanks bro 🙂

  4. @ ariefdj:

    sumban9kan suara untuk “W” its mean “wi3nd”
    ahahhaha..**dipentun9 dijee..

    ban9 mike..
    siappaun nantina yan9 terpilih semo9a membawa perbaikan&kedamaina sajah[ituh ajah]

    tapi dR kandidat diatas,nda ada y9 masuk neeh,mun9kin SBY masih layaklah..heehh

    @mikekono : si ‘W’……Wi3nd toh ?
    ya dia memang layak diberi suara…….
    setuju wi3nd, semoga siapapun yng
    terpilih nanti bs membawa perbaikan
    ke arah lebih bagi rakyat 🙂

  5. siapapun yang menjadi presiden buat 5 tahun ke depan semoga bisa membawa perubahan ke arah yg lebih baik..

    tapi kok kandidat yang ada skrng yang itu2 aja yah

    @mikekono : itulah masalahnya mas,
    kandidatnya lu lagi lu lagi…..
    tak ada pilihan alternatif buat rakyat 😦

  6. klu pak amien rais mencalonkan diri jd presiden pasti akan saya pilih 🙂

    anyway, siapapun penggantinya, semoga membawa prbhan yg lebih baik untuk indonesia 5 tahun mendatang

    @mikekono : bener tuh, Amien Rais memang
    sngat kapabel menjadi Presiden, sayangnya
    pada Pilpres 2004 kemarin, dia sudah gagal
    btw, setuju siapapun yang terpilih nanti
    hrs bs memberi pencerahan bagi rakyat 🙂

  7. aku tidak mencalonkan siapa siapa bang…

    tidak siapa siapa…

    hehehe

    Atau mungkin abang mau mencalokan diri abang sendiri 😛

    @mikekono : hehehehe
    kalaupun sy mencalonkan, pasti tak menang juga
    soalnya yg milih paling banter Yessy dan Mas NH
    kekekekek 🙂

  8. siapa pun presidennya yang penting negara makmur sandang pangan dan selalu memenuhi janjinya dan tidak bicara omong kosong. . . dah segitu aj

  9. masih ada lagi calonnya bang sutiyoso, rizal ramli,…JK hehehe. susah juga kalo banyak pilihan tapi nggak ada satupun yang meyakinkan.
    atau mungkin kita cuma belum mengenalnya aja…?
    mungkin juga nanti presiden baru nggak akan langsung membawa perubahan, tapi menciptakan kondisi untuk penerusnya membuat perubahan…

  10. saya setuju bang mengenai susahnya mencari pengganti sby…..bingung juga kok gak ada kandidat yang menonjol gitu lho.

  11. Siapapun presidennya, minumnya teh botol sosro!

    No further comment lah.. Beliau dan beliau yang di hati oc kayaknya cocok jadi presiden. Hmm..

  12. kayaknya siapapun presidennya, nggak mongken “perfect” kerjaannya, Pres yg memiliki kharisma seperti halnya Bung Karno, Mahathir Mohammad, Ahmadinejad, atau Moammar Qaddafi.. tetap aja punya celah & tidak mungkin sempurna..
    yg membuat mrk hebat krn orang2 yg berada dibelakangnya, nggak mongken dech dia berdiri sendiri..

    spt halnya manusia nggak pernah puas mesikipun di kasih lebih.. selalu saja minta tambah, pdhal mrk nggak pernah sekalipun introspeksi diri dan selalu mencari kambing hitam kesalahan orang lain yg belum tentu tugas tsb bisa dilakukan dgn “perfect” oleh dirinya sendiri..

    no body perfect…

  13. Bang,
    Aku malah kepikiran ini, ya..
    Apa karena sekarang setiap presiden terpilih hanya memikirkan program 5 tahun ke depan saja (saat masa tugasnya) sehingga terkesan memaksa, tidak maksimal, dll dsb..

    Dulu masih ada program repelita itu kan, Bang.. di mana berlanjut terus ke periode-periode berikutnya. Okay, memang saat itu negeri kita dipimpin oleh seorang yang tak boleh digantikan siapapun, tapi sekarang yang ada setiap orang selalu gerah untuk unjuk kepintaran padahal setelah menjabat, bukan berarti lebih baik… Moncongnya dulu yang gedhe, baru mingkem setelah turun tahta… Maafin bahasanya, ya, Bang.. 🙂

    Menanggapi soal personality dan ability… well, udah beda dari awal kan, Bang?
    Nobody’s perfect, anyway.
    Dan seingat aku, SBY masih manusia…. sama-sama suka makan nasi sama ayam goreng, kayak aku.. hihihi…

    Siapa pengganti presiden SBY?
    yang pasti bukan Lala, deh, Bang…
    wong sering moody begini, kok, mimpin negara… bisa kacau nanti.. hehe..

  14. yang penting ! teruskan perjuangan negara ini. jangan sampai jatuh total artinya gagal . hanya itu yang saya sampaikan kepada mereka itu…! ingat no body and no prefect.

  15. semoga pilpres 2009 bisa menghasilkan presiden yang lebih baik bagi bangsa ini. 🙂

  16. kalo dari sisi sudut pandang saya,Presiden kita sekarang SBY lebih baik d bandingkn dgn presiden-presiden terdahulu.Memang hrs kita akui perkembangan indonesia cenderung lambat,tp satu hal progress SBY yg fundamental yg patut kita akui,Budaya transparansi d pemerintahan indonesia mulai terbuka,salah 1 contoh adalah KPK.ini prbedaan yg mndasar dbandingkan pemimpin yang dahulu.Sempit kata,Lebih baik harga Rp.5000 drpd bnsin Rp.750 tp itu hutang yg d bebankan ke negara. ya to?

  17. Semoga d Pemilihan Presiden 2009,siapapun yg terpilih menjadi presiden mampu membawa Indonesia ke arah yg lebih baik.

  18. Sebenarnya SBY mampu asal tidak direcoki kepentingan orang2/partai – partai yg ngerasa udah bantu SBY dulu. Mungkin saya masih pilih SBY utk presiden,…tapi pilih golput buat partai. Males aja pilih partai…

  19. ASSALMU’ALAIKUM……FAKTANYA…………… DARI DULU HINGGA SEKARANG KITA TERUS MENGGUNAKAN SYARIAT YANG DICIPTAKAN MANUSIA.. YANG FAKTANYA JUGA TAK PERNAH LEPAS DARI KHILAF DAN SALAH,, NYATANYA , HUKUM BUATAN MANUSIA DAPAT DIAKALIN,, DAN DI PUTAR BALIKAN( DIMAIN2KN) ,, COBA KITA BERI KESEMPATAN KEPADA HUKUM ALLAH( DIMANA HUKUM TERSEBUT SUDAH SESUAI DENGAN KODRAT KITA SEBAGAI MANUSIA,, YANG MENGINGINKAN KESUAIAN HUKUM,, DIMANA HUKUM TERSEBUT TIDAK BISA DIAKALI & AKAN BERPENGARUH LANGSUNG KPDA HATI NURANI,NORMA,DLL,
    SEBAGAI BUKTI KONKRIT ZAMAN RASULULLAH TAK PERNAH KEJADIAN ORANG PERNAH MELAKUKAN PENCURIAN(HUKUM POTONG TANGAN) KARENA EFEKNYA YANG MEMBUAT PARA MALING(KORUPTOR YANG HARUS BERPIKIR 2X UTK MELAKUKAN AKSINYA..( JANGN PROTES DULU…!! KAN YANG POTONG TANGAN KALAU SESUAI NISAB( SEKITAR 96 GRAM EMAS( KALAU TAK KHILAF,, MAKLUM MANUSIA^^) JADI KEMUNGKINAN YANG MENDAPAT GRAND PRIZE POTONG TANGAN ADALAH PARA KORUPTOR YANG SEKARANG MASIH INGIN MEMBUNCITKAN PERUTNYA DENGAN API NERAKA( MAAF NI HANYA PERUMPAMAAN KARENA ORANG YANG MAKAN HASIL HARAM BERATI DIA MAKAN API NERAKA)NA’UZUBILLAH,,
    JADI KALAU DIRASA TIDAK ADA FIGUR YANG COCO DALAM PENCALONAN PRESIDEN., COBA KITA BERI KESEMPATAN SYARI’AT ISLAM MENJADI HUKUM DASAR NEGARA.. NYATANYA KITA CUMA MIKIRIN, MISALNYA BAGAIMANA KALAU AQ MENCURI?? APKAH AQ HARUS DPOTONG TANGAN?? ITU PEMIKIRAN YANG SEMPIT…..!!! DAN TIDAK MENGGUNAKAN LOGIKA.. MEMANGNYA KALAU AD SANKSI POTONG TANGAN,, KITA MAU NYURI?????? KAN DENGAN MENGGUNAKAN HKUM ISLAM,, PARA PENGEMIS PUN AKAN MENDAPAT KESEJAHTERAAN.. ITU JANJI TUHAN…….
    SAYA BUKAN MEMPROVOKASI UTK MERUBAH UUD YANG ADA( YANG DIBUAT OLEH MANUSIA YANG MENGERTI AKAN HUKUM) TAPI KITA LIHAT YANG BUAT MANUSIA ,, BERARTI ADA CELANYA…….,, COBA PIKIR BILA KITA TERUS BEGINI TANPA MERUBAH SESUATU YANG DAPAT MENGGEPARKAN DUNIA…?? DAN SIAPA YANG BISA MENJAMIN, DENGAN HUKUM YANG ADA, KITA BISA TERLEPAS PADA GARIS KEMISKINAN..!!!!!!
    MALAHAN DALAM PENDAPATAN NEGARA,, INDONESIA MENDAPATKAN PENDAPATAN DIANTARANYA DARI HASIL PAJAK PROSTITUSI..NA’UZUBILLAH.. APA BEDANYA NEGARA DNGAN MUCIKARI YANG MENYEDIAKAN LAYANAN SEPERTI ITu( ITU MERUPAKAN PENERAPAN UUD YANG DISALAH GUNAKAN), COBA HUKUM ISLAM..(HUKUM ALLAH MANA ADA YANG BERANI MENGUBAH KECULAI ORANG2 YANG KAFIR.PENDAPAT SAYA KALAU NANTINYA PEMIMPIN KITA MENGAJUKAN HUKUM ISLAM.. DIJAMIN,, DI AKAN MENGUBAH SEJARAH DAN MASUK M,ENJADI ORANG YANG BERPENGARUH DIDUNIA NIE..( MENGUBAH NEGARA YANG BERKEMBANG MENJADI MAJU BERDASARKAN HUKUM ILAHI YANG TANPA CELA…KEBANGSAAN DIMANA KITA DALAM MASA KRISIS( GELAP) MENUJU KE ALAM TERANG BENDERANG..
    JADI COBA PARA PEMBACA SEKALIAN KITA RENUNGKAN.. APAKH YANG SAYA KATAKAN INI MEMANG BENAR ???
    & SEMOGA TULISAN INI DIBACA OLEH PEMIMPIN KITA SELANJUTNYA,,,,AMINNNNN

  20. sayalah pengganti sby.
    sambutlah saya.

  21. “Nama-nama semisal Jimly Asshiddiqie, Amien Rais, Sultan HB X, Prabowo Subianto, Fadel Muhammad, M Fajroel Falaakh, Akbar Tandjung, Wiranto, Yusril Ihza Mahendra, Hidayat Nurwahid, Soetrisno Bachir, Adhyaksa Dault, Anas Urbaningrum, Anies Baswedan, mungkin patut dipertimbangkan menjadi pengganti SBY, walaupun saya belum yakin sepenuhnya mereka bakal bisa lebih baik dari SBY.” hehe penutup yang bijaksana sekali…

    Indonesia saat ini, mungkin belum berhasil melahirkan manusia-manusia besar yang memiliki kualifikasi Peradaban.

  22. Kalo menurut pandangan aq begini bang……..
    Jika kita ingin membangun sebuah rumah yang indah dan mewah pastinya nggak dibangun dalam 1 ato 2 minggu donk…
    Dan g bisa dibangun dengan 1 atau 2 orang aza khan…

    sama dengan keadaan negara kita nich…
    Menurut aq SBY itu setidaknya lebih bagus dari Mantan2 Presiden yang lain (Bung Karno sih bgus, tp khan udah g ada)..
    dan setiap presiden khan harus mengurus negara dan membangun negara yang penghuninya ratusan juta orang, jadi g mungkin donk bisa diatasi dalam tempo 5 tahun……
    Insya Allah aq yakin kalo SBY dipercaya kembali untuk mengurus negara ini, mungkin bisa jauh lebih baik dari sebelumnya………..

    jangan tiap 5 tahun sekali presidennya selalu ganti2 aza….
    karena kalo tugas selalu sering berpindah tangan, hasilnya pasti nggak seperti yang kita harapkan….

    so, Saya tetep percaya kalo saat ini SBY lah yang mampu memimpin negara tercinta ini dibandingkan yang lain…

  23. jadi kira2 siapa tokoh yang cocok jadi pemimpin bangsa ini yah..???

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  24. iKUTAN POLLING YUK,,,!!!
    SIAPAKAH CALON PRESIDEN RI PERIODE 2009-2014 TERFAVORIT BLOGVOTERS???

    Klik di sini atau nama kami!!!

    http://pangeran229.wordpress.com/

  25. setuju di ganti bang,kalo penggantinya harus lebih baik 😀

  26. Hmmm …
    saya tidak begitu banyak tau dengan tokoh-tokoh itu …
    dan saya pun tidak begitu tau bagaimana kinerja mereka …

    yang jelas bicara mereka sih … Ok banget tuh …
    Tinggal managing the state aja yang perlu pembuktian …

    Mari kita bersama doakan …
    siapapun nanti yang akan memimpin negeri ini … semoga dia diberi amanah …

    Dan kita semua harus sadar … Mereka Bukan Tukang Sulap …
    Yang tinggal sim sala bim … masalah ilang …

    Kadang rakyat suka tidak sabar …
    dan ketidak sabaran rakyat ini lah yang digunakan sebaik-baiknya untuk konsumsi politis … oleh masing-masing pihak …

    Once again …
    Mari kita jadikan Indonesia Lebih Baik …
    Caranya … Kerjakan apa yang menjadi tanggung jawab kita sebaik-baiknya … se amanah-amanahnya …
    (ini self warning untuk aku sendiri bro …)

    Salam saya

  27. aku juga berfikir sama seperti kalian semua, siapa ya yang bisa mengantikan SBY, yang dapat membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik. Di lain sisi kalau yang ada ini kita ganti sekarang, apakah arah dan tujuan bangsa ini akan dimulai dari titik antah berantah pula atau tidak jelas, sehingga yang diharap bisa lebih baik ternyata amburadul alias berantakan. So mari kita beri kesempatan sekali lagi pada SBY, sebab peraturan kita masih memungkinkan untuk menjabat 2 priode, dan dengan harapan bahaw dengan terpilihnya lagi SBY, Indonesia bisa lebih tegak lagi berdiri dan sejajar dengan bangsa lain

  28. MANA CUKUP 5 TAHUN UNTUK MEMBUKTIKAN BAHWA PRESIDEN SEBELUMNYA TELAH SUKSES SEMPURNA MEMIMPIN NEGARA?????????
    AKU PILIH SBY AJA, BIAR RENCANA2NYA DILANJUTIN, BIAR NEGARA INI GAK KEBANYAKAN RENCANA2 BARU, KALO BARU2 TERUS BANYAK NUMPUK TAPI GAK KELAR2
    INDONESIA BUKAN KECAMATAN YANG BISA DIURUS DALAM WAKTU SEBENTAR, LAH MIMPIN DESA AJA WAKTUNYA 5 TH JUGA GAK CUKUP………
    MAU DICUKUP2N, TETEP GAK CUKUP

  29. sepertinya paling cocok kalau Anies Baswedan dipasangkan
    dengan Faisal Basri jadi calon presiden dan wakil presiden,
    karena kalau sby+jk, mega, wiranto, prabowo tidak akan
    mampu mengatasi kesulitan ekonomi yang dialami wong
    cilik, i.e. buruh dan lain sebagainya.
    sultan HB X juga sepertinya tidak punya program konkret,
    mereka semua cuma menang populer

  30. emang gak ada yang perfect…. demikian juga syariat agama
    tertentu (maaf tidak saya sebutkan, karena saya animisme he..he..he..)
    tapi masa sih seorang doktor hasilnya tidak beda jauh
    dengan yang s1 saja tidak lulus, dipilih langsung oleh rakyat pula dan bahkan dibantu menteri keuangan terbaik versi euromoney.
    yang keliatan membaik hanya sektor keamanan dan
    pemberantasan korupsi, yang lain rapornya merah dan
    cuma bisa bilang kecewa, marah dsb
    udah gitu, kalah nyali sama wapresnya. besannya sendiri
    berani diperiksa/diadili, kok keponakan wapres masih bebas dan anak buah wapres masih dibantuin mulu walau udah nyengsarain banyak warga sidoarjo
    sektor ketenagakerjaan dan distribusi bbm juga amburadul, buruh tidak dianggap sebagai aset walau sebenarnya bisa membantu meningkatkan efisiensi pabrik dan menciptakan lapangan kerja. setiap kali bbm naek, alasan selain harga dunia adalah agar subsidi yang salah sasaran… wah 100x

  31. berapapun waktu emang ndak pernah cukup, karena negara ini harus terus berkembang. tapi ya mbok ada bidang ekonomi jadi prioritas.
    nanti kalo ndak ada perbaikan, nanti akan ada yang bilang begini, “katanya kalo ndak ada korupsi, negara pasti makmur. kok sekarang korupsinya sudah berkurang, kita ndak nambah makmur sejengkal pun?”
    terus apa yang harus kita katakan pada anak-anak kita selain bahwa korupsi itu dosa?

  32. berapapun waktu emang ndak pernah cukup, karena negara ini harus terus berkembang. tapi ya mbok bidang ekonomi bisa jadi prioritas.
    kalo ndak ada perbaikan, nanti akan ada yang bilang begini, “katanya kalo ndak ada korupsi, negara pasti makmur. kok sekarang korupsinya sudah berkurang, kita ndak nambah makmur sejengkal pun?”
    terus apa yang harus kita katakan pada anak-anak kita selain bahwa korupsi itu dosa?

  33. Saya penasaran sama pemimpin kritis semisal pak amien rais atau rizal ramli tapi mereka tidak diberi kesempatan oleh sebagian besar pemilih indonesia. malah banyak yang bilang mereka munafik dan dibenci. padahal mereka ga pernah jadi presiden untuk menyalurkan ide2 mereka.oya” kesopanan tiada arti tanpa perbuatan yang nyata” mudah2an orang seperti mereka diberi kesempatan jd RI 1 di masa datang.

  34. Setelah SBY turun, akan muncul sosok manusia yang tidak diperhitungkan dan tidak diketahui sebelumnya.
    inilah sosok manusia mulia. —>Ratu Adil/ satio Piningit / Imam Mahdi/ Avatar/ Mesies.

    Akan berdirinya Kejayaan Nusantara / Jaman keemasan.

    Hukum yang dipakai berdasarkan hukum ALLAH dan bersandar kepada ALLAH >>>>”KEBENARAN”.

    bukti ini, bisa dibaca melalui Kitab2 yang ada (segala kitab sudah tertulis) tinggal siapa yang bisa memahaminya dia akan tahu “KEBENARAN” ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: