Perdamaian Yes, Keserakahan No


peacePaus Benediktus XVI menyerukan agar perdamaian diwujudkan di Timur Tengah khususnya dan di dunia pada umumnya. Paus juga mengingatkan, keserakahan manusia akan menjatuhkan dunia, karenanya manusia harus memiliki napas religius dalam setiap tindakannya.

Baru saja pesan Natal itu disampaikan Paus, ternyata beberapa hari kemudian Israel tiba-tiba saja membombardir Jalur Gaza dan menimbulkan korban sipil Palestina. Sungguh ironis !

Pesan damai yang disampaikan Paus itu layak dicamkan dan ditindaklanjuti oleh segenap manusia di bumi apa pun agamanya. Bahwa nilai-nilai kebaikan dari manapun datangnya, layak untuk dijadikan acuan.

Sebaliknya, sikap dan tindakan tercela, kendati bersumber dari tokoh agama dan atau mengatasnamakan agama, tidak patut untuk diikuti dan diteladani.

Memasuki tahun baru 2009 ini, kita ingin menyerukan kepada seluruh hamba Tuhan di manapun berada hendaknya lebih mengedepankan sikap kebersamaan dan menjauhi sikap penuh curiga serta saling mendiskreditkan satu sama lain.

Dengan kata lain, keserakahan dan keangkuhan yang dipertontonkan para pemimpin dunia selama tahun 2008 lalu, seperti dipertontonkan George Walker Bush Jr dan Saddam Hussein (alm), hanya melahirkan petaka bagi penduduk dunia, utamanya masyarakat sipil di Irak yang banyak meregang nyawa tanpa tahu apa salahnya.

Aksi teror bom yang terjadi belahan dunia, termasuk yang baru terjadi di Mumbai India pada Oktober 2008 lalu, juga tak ada manfaatnya dari sisi kemanusiaan. Menjadikan aksi kekerasan sebagai sarana perjuangan merupakan pilihan yang keliru.

Keserakahan akan berujung pada kehancuran. Sebaliknya perdamaian akan melahirkan kebahagiaan dan harmonisasi kehidupan. Untuk itu memasuki tahun 2009 ini, patut kita serukan jargon yang layak dijadikan acuan para pemimpin dunia : Perdamaian yes, Keserakahan no.

Agama dan aliran kepercayaan manapun di muka bumi, niscaya mendorong para penganutnya untuk selalu menghadirkan perasaan damai bagi dirinya dan juga bagi orang lain.

Cuma aliran sesatlah yang menganjurkan para pengikutnya untuk meraih tujuan dengan keserakahan dan cara-cara kekerasan. Aksi teror bom, pembunuhan berantai, pencurian uang negara, merupakan tindakan yang melanggar ajaran agama. Karenanya sikap dan cara-cara seperti itu harus diperangi.

Sikap dan keinginan mewujudkan perdamaian itu tak saja diharapkan muncul dari para pemimpin dunia, melainkan juga mesti melekat dalam setiap hamba Tuhan.

Sebab sejatinya, hamba paling mulia di sisi Tuhan, bukanlah diukur dari kehebatan posisi dan jabatannya atau banyaknya harta yang dimiliki, tetapi diukur dari sejauhmana kualitas pengabdian padaNya yang ditandai dengan kepribadiannya yang selalu welas asih terhadap sesama manusia.

Perdamaian yes, Keserakahan No. Hanya dengan perdamaian, harmoni kehidupan akan dapat terwujud. Sedangkan keserakahan akan melahirkan petaka tak saja di dunia, juga di akhirat kelak.

Pada tahun 2009 ini, kita berharap para pemimpin dunia, bisa memetik hikmah dari krisis global yang melanda dunia saat ini, sehingga bisa bersikap lebih arif dalam menyikapi berbagai sengketa yang ada, dengan mengedepankan jalan damai, bukan dengan cara-cara kekerasan ala koboi seperti lazim dilakoni George Bush selama ini.      

Dalam konteks Indonesia, semoga saja semua permasalahan yang melanda rakyat di masa mendatang bisa diselesaikan dengan damai dan para pemimpin kita terhindar dari sikap serakah dan suka mementingkan kelompoknya sendiri.

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 31 Desember 2008, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. bener2 tuh Israel kejam ga berprikemanusiaan.. pada kemana tuh negara yang selama ini membanggakan dirinya sebagai pejuang HAM pada diem ngeliat Israel..

    *maap nich rada emosi :mrgreen:

    @mikekono : Israel memang tak pernah bs berubah
    sudah kejam dari sononya kalee ya 😦

  2. yeah.. mari kitasemua berdoa agar ada kedamaian di tahun 2009…
    minimal kedamaian di dalam diri kita sendiri..
    PEACE !!!
    selamat tahun baru…

    pilih mana
    ( ) tahun baru hijrah
    ( ) tahun baru masehi

    ah.. yg penting kitasemua bahagya….
    🙂

    @mikekono : tahun baru, bukan soal Hijriyah atau Masehi
    tapi bagaimana kita bs mentransformasi diri dan berproses menuju manusia yang berkualitas dan bermartabat

  3. Kapan sech Israel bisa musnah??

    Hmm… And I Just Wanna Say :
    “Happy New Year 2009”

    Salam kenaaallll…. 😉

    @mikekono : wahhh….soal musnah itu sih urusan yang di Atas
    salam kenal juga

  4. Sebuah Renungan Akhir Tahun yang sangat layak untuk di simak …

    Have a nice holiday Bro

    Salam saya …

    @mikekono : thanks atas apresiasinya bro…….met Tahun Baru, semoga semakin arif dan wicaksono menyikapi kehidupan. Thanks

  5. postingan menutup tahun yang dahsyat bang 🙂

    @mikekono : hmmmm….Yessy makin dahsyat gombalnya 😉

  6. YES … peace !!

    @mikekono : yes……yes….yes

  7. ‘Perdamaian’ memang jauh lebih mudah diucapkan dari pada dilaksanakan, Bang. Hampir sepanjang umur manusia, dunia selalu jauh dari perdamaian. Mulai dari pertikaian Habil – Kabil, sampai perseteruan di wilayah Teluk, perang dingin Amerika- Uni Sovyet (yang ini sudah berakhir), pergolakan di Afrika, dan permusuhan antara dua Vietnam, dua Korea, dua China …

    Barangkali layak kita tiru langkah Mahatma Gandhi dengan gerakan “Satyagraha” nya, atau Dalai Lama yang memperjuangkan kemerdekaan Tibet dengan jalan diplomasi, termasuk Aung San Su Kyi.

    (Tapi kalau Palestina dibombardir terus oleh Israel, memang benar-benar bisa terjadi genocide jika tidak melawan dengan senjata juga).

    @mikekono : betul Mbak Tuti yang pinter dan baik budi ….,
    perdamaian, toleransi, persatuan….lebih sering enak diucapkan, tapi sukar dilaksanakan
    Mahatma Gandhi memang inspiring dan layak ditiru, cuma kebiasaan dia srng tak pakai baju….tak perlu ditiru…..hmmm 🙂
    Israel dan Palestina kelihatannya tdk akan pernah damai hingga kiamat tiba 😉

  8. Assalamualaikum Wr. Wbr.
    Kunjungan perdana diawal tahun ini. muda-mudahan di tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. amiin.
    salam kenalan ya.

    @mikekono : Waalaikum salam wr.wb
    ya semoga tahun ini lebh baik dari kemarin. salam kenal. syukran katsir

  9. Perdamaian…
    Cukup bertanya pada nurani, dan ia akan menjawabnya.

    Apa kabar, om???
    Selamat tahun baru yaa..
    Sori-dori-mori-cumi-cumi, baru bisa mampir ke sini lagii. maklumlah, orang (sok) sibukkkkk

    @mikekono : bagus bertanya sm Ocha aja….hehehe
    orang pintar memang sll sibuk. bisa dimaklumi itu 🙂

  10. jujur saja saya sedih dan berduka atas agresi zionis israel yang terus saja memombardir jalur gaza. ratusan rakyat palestina telah jadi korban di awal tahun. saya sepakat dg mas agus, tahun 2009 perlu dicanangkan sebagai tahun kedamaian dunia, negara yang suka menjual senjata yang selama ini ditengarai sengaja menciptakan skenario peperangan perlu dihentikan keserakahannya. semoga tahun 1430 H dan 2009 menjadi awal yang bagus utk mewujudkan perdamaian itu. selamat tahun baru, mas agus, semoga makin sukses.

    @mikekono : saya juga merasakan kesedihan yang sama. semoga para pemimpin dunia bs sadar, bahwa perdamaian itu adalah kunci menciptakan harmoni dunia. thanks

  11. perdamaian….makin sulit ada ditengah kita…tidak saja Israel yang menyerang Palestina…
    Tapi….di negeri kita sendiri,antar saudara…kadang kadang juga seiman, mereka suliiit sekali saling mengasihi.Kekerasan..kekuasaan…sopo okol sopo menang…terjadi dimana mana…Mudah mudahan 2009 akan membawa perubahan…

    @mikekono : bener Bunda, di antara sesama kita juga sering saling cokol dan suka menang sak karepe dewe.
    ya, semoga tahun 2009 akan membawa perubahan ke arah lebih baik bagi kita semua. matur nuwun Bundaku yang baik budi 🙂

  12. perdamaian memang sangat kita dambakan, tapi sulit untuk kita raih sobat.

    @mikekono : walau sulit, tapi harus sll diupayakan

  13. Perdamaian…perdamaian.. perdamaian.. perdamaian..
    *mulai nyanyi lg perdamaian versi qasidahan

    Bang, saya benciiii banget waktu kmrn liat di tv.. di saat warga Palestina dibombardir, korban jiwa dimana2.. pemimpin Israel malah ngerayain, pake acara minum2 segala… sighhh!! bnr2 ga punya hati nurani..

    Semoga umat muslim di dunia segera bersatu dan menghentikan kebiadaban ini. Amin…

    @mikekono : betul tuh da…..tadi malam pemboman Israel di Jalur Gaza masih terus dilakukan. Bahkan salah satu tokoh Hamas, Rayyan, ikut tewas di dalamnya
    perdamaian umat Islam sprtinya susah tuk diwujudkan. thanks sista

  14. semoga tahun ini bisa jadi tahun yang lebih damai ya bang…
    kemanusiaan dan hati nurani kita yang hilang bisa dikembalikan lagi….

    @mikekono : ya, semoga demikian adanya. thanks bro

  15. kapan dunia ini ini bisa damai ya, atau gak akan damai2….

    @mikekono : dunia kelihatannya tak mungkin damai.
    tapi para blogger pasti sll damai 🙂

  16. susah bang menghilangkan sifat serakah dari diri manusia. terutama dari para penguasa-penguasa negeri ini…

    @mikekono : iya tuh…..sifat serakah sulit dihilangkan dari pejabat kita
    tapi untungnya easy ngga ikutan serakah…hehehe 🙂

  17. hehe.. yang penting mah adil dan sejahtera.. keadilan itu penting, karena pada dasarnya, hidup perlu keseimbangan..

    @mikekono : setuju….mas, kl keadilan bisa diwujudkan, akan dapat mewujudkan kesejahteraan

  18. sem09a sajah perdamain bisa terwujud..
    akh harapan ituh harus tetap ..!!

    peaceee..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: