Kekalahan adalah Kemenangan !


Kekalahan adalah kemenangan ! Pernyataan ini mungkin terdengar aneh dan irrasional. Tetapi faktanya memang sering demikian. Kekalahan akan membawa kemenangan, kalau setiap kekalahan selalu diterima dengan lapang dada serta dijadikan sebagai momentum introspeksi dan kontemplasi.senator-clinton2

Pada kaukus Partai Demokrat beberapa bulan silam, Hillary Rodham Clinton mengalami kekalahan tipis dari Barack Obama. Selanjutnya Hillary tak melakukan penggembosan seperti biasa terjadi di negeri Sijujung Koden, tetapi bersama suaminya Bill Clinton malah giat berkampanye mendukung Obama. 

Setelah Obama menang, Hillary tak saja diposisikan sebagai wanita berpengaruh numero uno dan paling dikagumi masyarakat AS selama 7 tahun berturut-turut, kini juga digadang-gadang sebagai kandidat kuat yang akan menduduki posisi Menteri Luar Negeri pemerintahan Obama-Biden.

Itu bermakna, kekalahannya pada kaukus Partai Demokrat, tak membuat ibunda Chelsea ini terpuruk dan kehilangan jatidirinya sebagai demokrat sejati. Hasilnya, dia sukses mencatat rupa-rupa kemenangan di sektor lain. Setidaknya berhasil memenangkan hati (simpati) masyarakat AS dan dunia.

Sebaliknya banyak kepala daerah yang dulu begitu bangga memenangkan Pilkada sampai-sampai ada 100 hari pemerintahannya dilalui dengan acara syukuran melulu, saat ini justru terlunta-lunta dan menjadi pesakitan karena harus mendekam di tahanan KPK akibat korupsi APBD. Kemenangan membuatnya terlena dan kehilangan kendali.

Kekalahan adalah kemenangan ! Semuanya tergantung sikap dan mentalitas kita dalam menyikapinya. Kalau kekalahan memicu kemarahan, selain menghancurkan citra sendiri, juga  merusak tatanan sosial dan sistem yang berlaku. Jika kekalahan membawa keputusasaan, niscaya akan menuai kekalahan lebih parah lagi.

Tetapi kekalahan bisa juga berarti ‘kematian’,  seperti dipertontonkan pesepakbola PSIR Rembang tiga hari lalu, yang menendang dan membabakbelurkan wasit, karena tak siap menerima kekalahan. Selain kalah, pemain PSIR Rembang ini juga menunggu ‘kematian’,  karena terancam hukuman tak boleh bermain sepakbola sepanjang hayat. 

Kekalahan akan melahirkan kemenangan, jika selalu disikapi dengan pikiran waras dan lego lilo. Soal ini menarik mengutip pernyataan Al Gore saat kalah melawan George Bush Jr pada Pilpres AS tahun 2000 (padahal dia masih berpeluang menang jika ngotot meminta penghitungan ulang). “Kekalahan dan kemenangan dibutuhkan untuk memuliakan jiwa kita,” kata Al Gore.

Selepas itu, mantan Wapres-nya Clinton ini, tetap dikenang dan namanya harum di mata masyarakat AS hingga kini. Sementara Bush yang dulu menang, dalam penilaian kalangan Partai Republik tak lebih cuma seorang pecundang serta menjadi penyebab kekalahan McCain-Palin, karena ketidakbecusannya menyebabkan perekonomian AS hubar habir

So, akhirnya semua berpulang pada diri kita masing-masing, terus-menerus meratapi kekalahan dan mencari-cari ‘kambing hitam’ atau segera bersiap menikmati kemenangan pada etape berikutnya……! Monggo……etake kaltu

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 15 November 2008, in Kehidupan, Politik, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 51 Komentar.

  1. nice posting!
    suka banget baca tulisannya nih om,
    setuju… begitulah cara memandang sebuah kekalahan, yang ngga selalu berarti kalah..

    *baca lagi dari atas aah..*
    hehe..😀

    @mikekono : Yu2n bisa aja….jadi tersanjung nih.
    baca sampai tuntas ya ! heheeee 😀

  2. Orang bilang…. kekalahan adalah kemenangan yang tertunda. Hmmm…. saya nggak mau berkomentar lagi tentang peribahasa ini karena sudah agak klise. Tetapi menurut sayapun kemenangan juga merupakan kekalahan yang tertunda, jadi kita jangan sombong, takabur dan menggampangkan keadaan. Contohnya adalah, mungkin saja Obama menang tahun ini, tetapi 4 tahun lagi? Tak ada yang tahu…. Cepat atau lambat Obama pasti akan ‘kalah’. Begitu pula dengan juara2 olahraga. Sewaktu saat merekapun pasti akan kalah. Jadi sebenarnya kemenanganpun adalah sebuah kekalahan yang tertunda……

    @mikekono : iya…..kekalahan dan kemenangan sebaiknya disikapi biasa saja alias jangan sampai kehilangan kendali emosi dan moralitas karenanya……
    benar, kemenangan juga kekalahan yang tertunda. thanks

  3. Susah juga membandigkan dg Indonesia… dimana sistem kita jauh dari namanya kejujuran dan saling tuduh.
    Kalo disana sistemnya yang cepat sehingga kemungkinan ketidakjujuran tidak akan terjadi.
    Seandainya perhitungan suara dalam satu hari selesai, bisakah Indonesia speerti itu?

    @mikekono : benar mas, sistem dan manifestasi demokrasi kita masih amburadul dan masih butuh perbaikan menyeluruh.
    semoga ke depan Pemilu dan Pilkada Indonesia bisa lbh jujur dan adil

  4. Kekalahan adalah Kemenangan yang tertunda

    @mikekono : ya, begitulah

  5. Iya salut ma jiwa besar Hillary….Beda ma hasil pilkada jatim, gak sesuai prediksi, pihak yang mengalami “kemenangan tertunda” berniat mengajukan ke MK karena dugaan terjadi kecurangan..
    Apapun alasannya, kalau udah gini kesannya ko’ maksa yaa…….Pemenang jadi gak mengundang simpati, sedang yang kalah jadi terkesan ambisi…
    “sama haus kuasanya ”

    @mikekono : iya, Pilkada Jatim memang agak aneh. Patut diduga ada ‘permainan’ di dalamnya.
    Tetapi Khofifah patut juga dipuji karena dia menempuh jalur hukum (MK), bukan menggerakkan demo.
    Welcome back mbak Rita, thanks 🙂

  6. kemenangan yang didapat dengan cara tidak jujur… indonesia lagi, indonesia lagi…

    @mikekono : alias menghalalkan segala cara meraih tujuan……

  7. maksudnya mengajukan Gugatan

  8. Maksudnya ngajuin Gugatan…. hala blepotan gini sih…

    @mikekono : wajar….blepotan, maklum terlalu lama plesiran…..hehehee :D:

  9. memang nggak semua orang bisa dengan lapang dada menerima kekalahan

    etake kaltu ? artinya apa ya ?

    @mikekono : exactly…..dan selalu mencari ‘kambing hitam’
    etake kaltu sinonim dengan monggo. itu bahasa daerah Pakpak Sumatera Utara🙂

  10. pemenang sejati adalah seorang yg ikhlas mengakui kemenangan lawannya V(^_^)

    @mikekono : iya seperti Hillary itu yg langsung memberi dukungan pd Obama. Trims

  11. setuju ! kekalahan hakikinya adalah kemenangan yang tertunda.
    http://asephd.co.cc

    @mikekono : makanya kekalahan tak perlu diratapi……

  12. Kekalahan adalah usaha terbaik untuk menuju kemenangan berikutnya…
    Ngomong2 etake kaltu tuh apa om ?? * Sambil Buka kamus bhs jawa..*

    @mikekono : kalah dulu, menang kemudian. Etake kaltu bukan bahasa Jawa.
    itu bahasa daerah saya (Pakpak Dairi Sumatera Utara),
    artinya kurang lbh sama dengan Monggo mas😀

  13. itulah bedanya demokrasi di negeri kita dg paman syam, mas agus, hiks. saya jadi geli melihat sikap politik para calon bupati atau gubernur. agaknya mereka belum siap utk menjadi demokrat sejati. kalau menang selalu umuk, kalau kalah ngamuk. repotnya, kalau sdh duduk di kursi kekuasaan, maunya ndak mau turun sebelum bisa korupsi sebanyak-banyaknya. sungguh merepotkan.

    @mikekono : bener mas, kalah ngamuk, yang menang mau berkuasa terus. sehingga muncul istilah 4 L (Loe Lagi Loe Lagi) pada Pilpres mendatang. Soalnya yang bakal maju, itu-itu doang. Mereka tak mau memberi kesempatan bagi yg muda

  14. berharap di negeri ini ada yang mau memulai memberi contoh siap menerima kekalahan. Sangat berharap.
    Salam kenal mas, tulisannya bagus sekali

    @mikekono : iya kita berharap ada orang seperti itu di Indonesia mas Cahyo.
    Thanks Mas, salam kenal juga😀;

  15. Salut sama penulis blog ini…aku yakin dia juga punya jiwa yang besar,berlapang dada dalam mengahadapi kehidupan yang begitu rumit.

    Sukses, ya Bang Mike dalam segalanya!

    @mikekono : kata orang Medan, taunya awak diumbang (dipuji) tapi syuuur juga.
    heheheee, thanks Mbak Aling🙂

  16. politisi cerdas ya seperti ituhhhhh

    berarti politisi di negeri ini?????
    jawab sendiri2 aja yahhh😀

    @mikekono : tuhu, politisi cerdas ya seperti Mbak Hillary Clinton itu.
    Politisi kita bagaimana Ndah……kok disuruh jawab sendiri😀

  17. semoga saja politisi kita makin cerdas dan bijak ….

    @mikekono : ya……semoga

  18. Tulisan yang menarik Bang, mungkin memang sudah menjadi sifat dasar manusia selalu siap untuk menang dan tidak siap untuk kalah. Hanya mereka yang berjiwa besar dan berahlak mulia bisa menerima dengan baik dan tetap berjuang. thanks

    @mikekono : betul sekali Mbak, semoga politisi Indonesia bisa memetik pelajaran dari para politisi AS sprt Hillary Clinton dan McCain, yang dengan segera menerima dengan lapang dada kekalahannya serta kembali menekuni kariernya sprt tak pernah mengalami kekalahan.
    Politisi AS yg tak kenal kata akhlak justru lbh berakhlak dalam berpolitik dibanding politisi kita yg suka cuap-cuap soal etika tetapi sering ngamuk saat mengalami kekalahan. Thanks my sista

  19. Jika disikapi dengan sudut pandang positif, kekalahan dapat memacu kita utk maju..😉

    @mikekono : ya, mestinya semua dipandang dlm perspektif positive thinking😉

  20. Kebesaran jiwa diperoleh ketika kita mampu mengakui kekalahan diri sendiri dan keunggulan lawan, mengambil hikmah dan kembali menatap ke depan.
    Kebesaran jiwa juga diperoleh ketika kita mampu melihat kebodohan yang tertutup kesombongan diri, dan melihat kebenaran yang tersembunyi pada musuh yang dibenci.
    Mari berdoa untuk kemajuan negeri

    @mikekono : kebesaran jiwa itulah yg belum dimiliki oleh para politisi, calon serta para pemimpin kita saat ini.
    mereka belum mampu melihat kekalahan sebagai kemenangan. Thanks bro

  21. Kemenangan akan muncul di detik terakhir

    @mikekono : so, dibutuhkan kesabaran menunggu detik terakhir itu. Thanks bro

  22. berjiwa besar dalam menerima kekalahan adalah hal yg sangat sulit ditemukan dalam panggung politik indonesia..

    abis pemilu atau pilkada pasti ujung2nya rusuh walaupun ga semua,, yah semoga demokrasi indonesia bisa mencontoh demokrasi di negara uncle sam tsb🙂

    @mikekono : itulah yg memprihatinkan kita, bnyk yg tak siap kalah.
    kita berharap politisi kita bs lbh bnyk belajar dari politisi Uncle Sam……thanks bro🙂

  23. pagi bang..

    minggu ini mau kemana??

    yessy lagi santay

    Tangguh jalan jalan sama ayahnya…sore baru balik..

    cihuyyy bisa nyalon nihhh

    kekekekekek

    @mikekono : heheeheeee…..sapaan yang menarik.
    Sorry ya, kemarin aku ngga blogwalking…..jadi rugi nih gue, tak jadi jalan santai bareng Mbak yessy……kekekekeeek😀

  24. salut deh sama Hillary Clinton..🙂

    @mikekono : saluut juga sama Ahmadinejad🙂

  25. Saya percaya Bang Agus sama seperti Hillary, kalau kalah nyaleg akan jadi menteri luar negeri … (*gak nyambung.com*)

    @mikekono : kl saya jadi Menlu, mbak Tuti akan sy angkat jadi Dubes.
    Tinggal pilih aja mau ditempatkan di mana……kekekeeek (*geer.com*)

  26. Yup, bener banget. Justru dalam kekalahan itulah tersimpan banyak pelajaran berharga…🙂

    @mikekono : semoga kita bs memetik pelajaran berharga itu mas Hilman. Thanks🙂

  27. yang ikut mukul wasit kemarin tuh sebenarnya lagi latihan bos.. kan dia mau lawan Chrish John

    @mikekono : iya kalee ya……..heheheeeee, sindiran yg konstruktif. thanks

  28. Jiwa besar yang diperlukan untuk menyikapin kalah menang ya bang?
    Ikhlas pastinya karena dibalik kekalahan mungkin ada rencana lain dari-NYA.

    @mikekono : pas buanget, di balik kekalahan ada rencana lain dariNYA. Thanks

  29. Kekalahan merupakan bagian dari kemenangan…, ya kan bang ??

    @mikekono : exactly…….,begitulah kemenangan akan diraih setelah melalui beberapa kakalahan. Thanks dinda Vae🙂

  30. kekalahan itu memang terasa sulit dan menyisakan kecewa.
    tapi aku percaya, dibalik setiap kekalahan sebenarnya ada sebuah rencana Tuhan yang lebih besar yang sedang disiapkan untuk kita…
    asalkan kita sabar dan menerima dengan ikhlas setiap kekalahan… dan satu hal, tak lekas berputus asa🙂

    @mikekono : hmmmm……betul adinda, di balik kekalahan, percayalah akan ada kemenangan di saat yang lain.
    Minimal memenangi makna kehidupan, bahwa segalanya sudah diatur menurut kehendakNYA.
    Sy yakin, orang sprt Easy, walaupun blm pernah mengalami kekalahan, niscaya sll sabar dlm menghadapi berbagai tantangan hidup di perantauan😉

  31. setujuuuu…,
    prinsip “kekalahan adalah kemenangan” di pegang erat oleh orang-orang yang dapat mengalahkan diri sendiri.
    salam

    @mikekono : namanya juga masih Balita, ya mesti setujulah…..hehehee
    betul, sebeklum mengalahkan org lain, harus bisa mengalahkan (mengendalikan) diri sendiri terlebih dahulu……thanks Daffa😀

  32. saya sudah sering Bang mengalami kekalahan. dan juga kegagalan…

    sebenernya saya tak sekuat seperti yang Abang kira🙂

    @mikekono : tapi faktanya, kekalahan tak membuat easy kehilangan kendali.
    Easy sukses menjadikan kegagalan sbg pemicu meraih kesuksesan.
    Mungkin tak sekuat yang diduga, tapi tak juga selemah yg mereka kira….ehem🙂

  33. yang penting sportifitasnya..bisa nrima kekalahan

    @mikekono : ya……seharusnya begitu….thanks

  34. harusnya politikus kita banyak belajar dari hillary ya,bang
    tahu kekuatan lawan, jadi kalo sudah sadar mau kalah mending mundur, terus ndukung kandidat yg punya kans menang. lumayan kan, punya hubungan baik, siapa tahu ada posisi lain.
    pinter banget tuh, bu hillary (ya mesti, kalo nggak pinter mana bisa nyalon di amrik ya, hehe…)
    dan untuk diri sendiri, mungkin garis besarnya seperti itulah, jadi oportunis saat kalah/jatuh di setiap PARTAI NASIB, mana partai yg bisa bikin kita baik, kita ambil, dan bukan berarti kita harus menggadaikan harga diri kan ? yang pasti, harus selalu eling Sang Maha Presiden untuk membantu kita mendapat posisi enak.
    gitu bang ? 😀

    @mikekono : ya Hillary memang hebat dan patut diteladani politisi kita.
    kehebatan Hillary bukan cuma sebagai politisi saja, tetapi juga sebagai seorang istri bagi Bill Clinton dan ibu bagi putri semata wayangnya Chelsea.

  35. Kekalahan akan bikin pemicu supaya bisa lebih baik lagi

    @mikekono : exactly, hmmm….makin arif dan bijak aja mbak Anny ya🙂

  36. ya alangkah baiknya kita mau meniru sikap Hillary-Obama… yang siap menerima kekalahan

    @mikekono : sudah seharusnya seperti itu mas nico

  37. coba semua para pelaku politik di negeri ini berfikiran sama dengan sampeyan, wuih damai dah, dijamin !!🙂

    @mikekono : …..itu baru sebatas wacana saja mas……pelaksanaannya sih belum tentu juga……hehehe🙂

  38. Banyak memang diantara kita ini yang masih tidak mau menerima kekalahan. Sayangnya introsfeksi semacam ini tak dapat ditiru oleh mereka-mereka bang. Maaf, banyak kasus yang menimpa KPU dimana2, semua berkata yang nggak2 untuk KPU sampai Nekad membakar KPU. Apa jadinya kalau ia menang dalam pilwako atau pilkada, kalau jadi penggede atau petinggi?

    @mikekono : masih segitulah kualitas beberapa politisi dan calon pemimpin kita Pakde.
    Sebelum pemilihan pake deklarasi siap kalah, siap menang segala.
    Eh, pas kalah malah ngamuk. Memalukan😉

  39. Belum jadi petinggi aja sudah tidak menerima kekalahan. Nampaknya memang benar banyak yang harus di tiru dari kekalahan Hillary.

    @mikekono : bisa menerima kekalahan, agaknya merupakan salah satu tahapan menuju sosok pemimpin yang teruji dan kredibel. thanks Pakde

  40. lego lilo apo legowo mas?
    hahahaha
    bener tuh..
    kekalahan yg ga berarti selalu kalahh..
    seippp

    @mikekono : yang sy maksudkan memang lego lilo, yang artinya tulus dan ikhlas.
    Thanks atas komennya yg konstruktif adinda Nana🙂

  41. Kalah dan menang dalam sebuah pemilihan atau pertandingan adalah hal biasa yang bahkan juara dunia atau tokoh politik kelas wahidpun bisa mengalaminya. Yang tidak biasa namun menjadi kebiasaan di negara kita adalah kalah dan kemudian mengamuk….namanya juga membuat pilihan, pasti ada yg tidak terpilih…ya kudu legowo…itu yang perlu dipelajari para politisi kita kedepannya

    @mikekono : benar, kalah dan menang itu lumrah. Itulah masalahnya, adinda Indira, para politisi kita belum terbiasa menerima kekalahan.
    Semoga ke depan mereka bisa semakin dewasa dlm menyikapi kekalahan. Thanks sista🙂

  42. Wah, kupasan menarik nich bang, karena istilah kalah dan menang itu sebenarnya tidak hanya dikanca politik.
    Dalam kehidupan yang lebih nyatapun kita harus sering mengalami kedua hal itu. Tinggal bagaimana kita mengambil sikap dan memaknai keduanya.
    Jadi ketika kita menang hendaknya tidak menjadikan diri kita diatas angin dan lupa hakekat sebenarnya dari sebuah kemenangan. Begitu pula sebaiknya suatu kekalahan hendaknya dijadikan cambuk dan diambil hikmah positifnya untuk lebih memacu kita lebih maju dan mungkin merubah sikap kita untuk lebih semakin semangat, berusaha, peduli, dll, hehehe.

    Sekian dulu yach bang, jadi panjang nich bincang-bincangnya, semoga berkenan 🙂 🙂 🙂
    Best regard,
    Bintang
    http://elindasari.wordpress.com

    @mikekono : komennya memang panjang, tapi sangat kontekstual dan relevan.
    saya yakin, dinda elinda sudah cukup dewasa dan arif dalam menyikapi sebuah kekalahan dan kemenangan, sehingga bisa eksis seperti sekarang. Thanks my sista🙂

  43. bangsa ini masih perlu banyaak sekali duakali tiga kali belajar.. tapi kebanyakan selama ini cuma bisa mencemooh ya..

    @mikekono : setujuuuuu….bangsa ini harus belajar lbh banyak lagi…..!

  44. Saya masih ingat ketika pertama kali Hillary menyatakan kekalahannya, in a very gentle way, bahkan sebelum pengumuman tentang kekalahannya… dan mengajak seluruh penggemarnya untuk mendukung sepenuhnya senator Obama menjadi Kandidat Presiden.

    Dan dia tidak berhenti hanya disitu saja. Sampai pada saat pemilihan beliau dan suaminyapun tetap berpidato mendukung Barrack Obama. Hebat. Mental seorang demokrat sejati seperti inilah yang kita butuhkan ketika kita berani mengajukan diri untuk menjadi calon dalam barisan kepemerintahan.

    Bagi politikus biasa… Kekalahan tentu sangat memalukan. Apalagi bagi seorang WANITA, menyakitkan… krna emang harus diakui secara jujur, perempuan lebih banyak berbicara dengan hati.

    Tapi tidak bagi Hillary. Saya masih ingat betapa bulu kuduk saya merinding setiap mendengar dia berpidato dan mengajak seluruh rakyat Amerika khususnya partai Demokrat untuk mendukung Obama sepenuhnya.

    Kekalahan bagi Hillary merupakan ENERGI negatif yang dirubah menjadi positive POWER yang mampu membuat dia berdiri tegak. Itu yang membuat dia BERBEDA dengan yang lain. I love this women!

    Kekalahan, buat saya adalah power to step up to my goal… Kekuatan untuk meraih keberhasilan.

    Ah, saya suka posting ini🙂

    @mikekono : wow….best comment again.
    Ya….Hillary memang patut diacungi jempol dan diberi apresiasi tinggi oleh seluruh pecinta demokrasi sejati. Dia seorang wanita tangguh and the real leader.
    So, kebangetan sekali jika Obama tidak jadi memberinya jabatan Menlu atau jabatan bergengsi lainnya dalam kabinetnya nanti.
    Sebab, kehadiran Hillary akan sangat membantu Obama dlm menyukseskan program pemerintahannya serta akan menciptakan stabilitas politik yang lebih kuat dan seimbang dlm struktur pemerintahannya.
    Kehadiran Hillary dalam kabinet Obama, selain akan memberi rasa nyaman bagi mayoritas rakyat AS juga menambah bobot akseptabilitas pemerintahan Obama-Biden di mata dunia internasional.
    btw, tak mengherankan jika Hillary dinobatkan sebagai wanita paling dikagumi oleh masyarakat AS dan dunia, jauh meninggalkan pesona Oprah Winfrey.
    Wajar juga Silly suka postingan ini, sebab saya skrng ikutan menjadi seorang fans sejati Hillary setelah membaca komen Silly beberapa waktu lalu. Heheheee🙂

  45. Haduh bang, maap, itu link aku kok nyasar kemana2 yahh… punten yah, tolong dibenerin, kikikik… Maap, OOT😛

    @mikekono : wahhhh….nyasar ke mana gerangan ? I dont know what your mean ?
    😛

  46. Sip bang … ini sip sangat …

    Kita harus belajar menyikapi kekalahan dengan sikap yang sama “gentle” nya … sama dengan kalau kita dalam posisi yang menang …

    Salam saya

    @mikekono : ahhhh…..abang pandai sangat membuat orang tersipu malu😉
    setuju banget bang, kita harus belajar bersikap ikhlas dan selalu siap mental untuk menerima kekalahan dan kemenangan dengan sikap apa adanya.
    Thanks bro🙂

  47. Disono udah bisa, masa disini blum c?
    Ayo donk Indonesia, Semangat…….

    @mikekono : Indonesia……kamu pasti bisa

  48. kenapa ya jeng Hillary itu gak ditunjuk jadi wapres aja ya…

    @mikekono : Hillary itu kan sangat kharismatis, pinter dan piawai memimpin.
    klo ditunjuk jadi Wapres, mngkn Obama khawatir, jangan2 dia nanti malah tenggelem, karena Wapresnya lbh menonjol daripada Presidennya.
    Kira2 begitulah analisis politiknya……hehehe. Arigatou Ayu sensei🙂

  49. mmmm..k0k jad! mikir ya?
    apa terpuruknya perekon0mian AS salah satu taktik dari sibush sebelum dia turun tahta yaa..?
    mm..k0k jahat ju9a..

    tap! ya..kalah untuk menan9 lah,ban9kit kembal! untuk meraih kekalahan y9 tertunda,berusaha lebih 9iat&keras la9i pastina ban9..

    itu akuseeh ban9 hehehh..

    @mikekono : krisis ekonomi di AS, justru krn ketidakmampuan si Bush.
    Iya kita harus bisa bangkit lbh baik lagi….setelah mengalami kegagalan. Thanks

  50. musti dicontoh ma negara kita…..

    mungkin kita ribut karena masalah duit yang ngilang kali ya hehehe

    @mikekono : yang baik dari manapun datangnya…..harus dicontoh !

  51. kalah dan menang…bukan pilihan ya?
    tapi kenyataan !
    dan pasti ada maknanya
    hmmm tulisan abang dalam nih
    EM
    @mikekono : iya Mbak Emi….semua ada maknanya….
    sedalam apa sih, Mbak ? Hehehehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: