Kekuasaan yang Menyesatkan


Power tends to corrupt (kekuasaan cenderung mendorong seseorang untuk korup)

corruptUngkapan cendekiawan dan sejarawan Inggris terkenal Lord Acton (1834-1902) di atas tetap relevan dan aktual hingga kini. Ya, begitulah faktanya, sudah terlalu banyak bukti tatkala berada di kursi empuk kekuasaan, banyak orang tak kuasa menahan godaan untuk melakukan penyimpangan (abuse of power).

Ferdinand Marcos, Joseph Estrada (Philipina), Mobutu Sese Seko (Zaire), Sani Abacha (Nigeria), Slobodan Milosevic (Yugoslavia), Jean-Claude Duvalier (Haiti), Alberto Fujimori (Peru), Pavlo Lazarenko (Ukrania), dan Arnoldo Aleman (Nikaragua), adalah beberapa contoh pemimpin yang banyak menumpuk harta ketika berada di pucuk kekuasaan.

Kekuasaan telah memberikan segalanya bagi mereka. Namun kekuasaan pula yang membawa hidup para penguasa itu berakhir dengan cerita duka. Para pemimpin korup selain dipenjara, ada juga yang harus mengakhiri hidupnya dengan tragis. Dan sialnya, mereka akan selalu dikenang sebagai pemimpin dan rezim yang korup…!

Sudah begitu banyak contoh penguasa yang tersesat dan atau sengaja menempuh jalan kesesatan dan terus memperkaya diri tak peduli dengan penderitaan rakyatnya. Namun sayangnya, hal itu tak pernah dijadikan iktibar (pelajaran) oleh calon-calon penguasa atau mereka yang tengah berkuasa.

Calon penguasa/pejabat, ketika masih berkampanye selalu mengumbar janji-janji muluk dan meninabobokkan. Saat kekuasaan berada dalam genggaman, seperti biasanya, mereka alpa dengan janji-janjinya.

Bahkan selanjutnya, yang selalu mereka pikirkan, bagaimana mempertahankan kekuasaan selama mungkin. Satu periode menjadi bupati/ walikota, gubernur, presiden, dianggap belum cukup. Padahal saat menjabat, mereka sebenarnya tak pernah benar-benar memikirkan nasib rakyat.

Kekuasaan memang sering menyesatkan ! Kekuasaan bisa menyebabkan seseorang lupa pada dirinya sendiri, lupa pada anak-istri, lupa pada kaum kerabat, dan lupa pada TuhanNya.

Tetapi, kekuasaan sejatinya juga bisa membawa seseorang pada jalan kemuliaan, jika kekuasaan yang ada di tangan dijadikan sebagai power untuk menegakkan kebenaran dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sayangnya, hal itu tak kunjung mengejawantah di negeri ini. Tak juga di Negeri Kelelawar-nya Sawali Tuhusetya. Tekad agar kekuasaan sepenuhnya didedikasikan buat rakyat, baru sebatas wacana yang utopis.

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 5 November 2008, in Budaya, Politik and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. Ya, kekuasaan memang memabukkan…..

    @mikekono : sekaligus menghanyutkan…….!

  2. Kekuasaan bisa membawa manfaat jika dipegang oleh tangan yg tepat, tapi juga bisa membawa bencana ditangan yg salah. Tapi itulah bang, saat awalnya ada seribu janji2, begitu kekuasaan ditangan bukannya mewujudkan janji malah sibuk memperkaya diri atau menggunakan kekuasaan utnuk kepentingan pribadi…repot kan?

    @mikekono : sayangnya di negeri bernama Indonesia, tangan yg tepat itu belum juga ditemukan…..!

  3. kekuasaan bisa membuat orang berbuat suatu yang besar secara positif dan juga negatif (seperti korupsi)

    @mikekono : payo tur, makin bijaksana saja kelihatannya turang ini, tak percuma jauh-jauh sekolah ke Jawa. heheheee

  4. Jangan pilih politisi busuk!

    @mikekono : setuju dan laksanakan !

  5. Bang Mike, barusan aku dimilis sama sodaranya mr.Slobodan Milosevic dan Josep Estrada, mereka nanya, kok Bang Mike gak nyebutin mantan presiden negara Bang Mike yang sangat terkenal (korup) itu?
    Trus aku bilang aja sama mereka, memang disengaja sama Bang Mike. Lagian anda-anda kan udah tahu sendiri tanpa harus disebutin…hehehe

    @mikekono : heheheee….tak tega aku, sebab beliau kan sudah berpulang ke rahmatullah.
    Lagian kan ada isitilah orang Mandailing “right or wrong is my country”…….hmmmm

  6. saya kira lord acton tdak salah dalam mengemukakan tesisnya. sdh banyak bukti yang menunjukkan hal itu. orang baik2 bisa berubah jadi fasis dadakan setelah masuk dalam lingkaran kekuasaan. korupsi pun sdh dianggap sbg hal yang lumrah. sungguh pandangan yang keblinger. btw, tulisan saya itu bukan negeri halilintar, mas agus, tapi negeri kelelawar, kekeke …. tapi gpp kok, makasih apresiasinya.

    @mikekono : wahhhh…..maaf ya mas. Untung diingatkan, sy terburu-buru dan lg mengkhayal kalee pas menulisnya.
    Sebetulnya sy ingat betul soal negeri kelelawar itu, cuma kok tiba2 meleset jadi negeri halilintar. btw, sudah saya edit dan luruskan. Thanks mas

  7. kekuasaan seperti internet, pisau bermata dua. menurut saya🙂

    @mikekono : Wahhh…sepertinya itu cocok jd judul postingan dan dibahas lbh lanjut. Trims.

  8. wacana yang utopis itu maksudnya apaan yaks ??

    @mikekono : hmmmm, itu namanya kura2 dlm perahu ?

  9. Kekuasaan kadang Menyilaukan mata. Cukup Tunjuk semua nurut. Padahal masih terbuka jalan untuk tidak menjadi seperti itu, Dimata manusia mungkin kita besar tapi di mata sang pencipta kita bukan apa2. Tidak mudah memang menghilangkan keinginan tabiat yang mewarnai habit sang Penguasa duniawi. Saya sendiri kadang lupa diri bang.

    @mikekono : ya begitulah, manusia memang makhluk yg dhaif, mudah silau pd godaan harta, tahta dan wanita.
    Semoga kita bs sama-sama terus melakukan perbaikan tabiat ke arah yg lbh baik. Amien

  10. satu2nya pemimpin yang saia respek hanyalah Mahmoud Ahmadinejad🙂

    @mikekono : sejauh ini Ahmadinejad memang pemimpin yg sll tampil sederhana, serta selalu berani menyuarakan apapun yg dianggapnya benar.

  11. Bang, kebanyakan para pejabat yg sedang berkuasa skrg dulunya aktivis loh di kampus2 mrk, kok skrg adem ayem aja ya ngeliat kondisi negeri ini, dimana2 ga jauh2 dr KKN.

    Saya selalu bersyukur orang tua saya bukanlah pejabat ato orang yg punya kekuasaan, beliau membanting tulang menafkahi kami di jalan yg halal meski pas2an.

    @mikekono : betul da, saat masih aktivis mereka sngt idealis dan kritis, ketika jdi pejabat berubah menjadi pribadi yg berbeda karena tak kuat membentengi diri dari pesona kekuasaan yg memng memberi kenikmatan (duniawi). Tapi beberapa, masih ada juga yg bagus.
    Saya juga bersyukur, orangtua sy dulu cuma seorang guru, dan cuma bs ‘korupsi’ kapur tulis. Heheheee😀

  12. kekkekkek..!semua postingan bang mikekono pasti dibaca dr awal sampe akhir.
    dengan moral yg baik, bersyukur, ikhlas, berpikiran maju mungkin kekuasaan bisa bermanfaat untuk mensejahterakan rakyat bukan diri sendiri…

    @mikekono : kekekeeek……percaya deh !
    Ya, jika didasari rasa syukur dan ikhlas, segalanya akan berakhir dengan baik. Thanks my sista

  13. Eh…tapi memang kalau ada kekuasaan.itu pasti dekat dekat dengan kesewenangan dan penyimpangan dan semena mena lho…
    Maka kita harus hati2….mungkin kekuasaan harus kita jadikan wakaf politik ya..jadi gak aneh aneh,niatnya ibadah…

    @mikekono : wakaf politik ? wow istilah yg keren dan pas buanget iku Bunda.
    Kl kekuasaan bs dijadikan sbg bahagian dari ibadah, pejabat akan selamat, rakyat pun senang. Mantap Bunda, thanks

  14. merdekalah republik mimpi !
    walaupun pejabatnya dagelan, tapi yang penting rakyatnya gembira ria.
    hmmm….apa sebaiknya mulai tahun depan, kita milih wakil dan pemimpin dari kalangan dagelan, bukan selebritis ? paling tidak, kita bisa nonton srimulat di panggung yang lebih besar…..
    piye bang ?😀
    mauli ate…horas !

    @mikekono : heheheee……tak berasal dari kalangan dagelan pun, para pemimpin itu sdh terlalu sering mempertontonkan dagelan ala Srimulat. Maturnuwun mas goen😀

  15. Memang kekuasaan cenderung korup, oleh karenaitulah lagi-lagi kalimat saya “sistem dan hukum” harus ditegakkan sehingga bisa menjadi penunjuk arah bagi sang pemimpin, karena pada dasarnya manusia menyukai kenyamanan. thanks

    @mikekono : betul mbak Yulis, konsistensi penegakan sistem dan hukum merupakan key factor. Thanks

  16. memang mungkin udah jodohnya si kekuasaan ama korup😀

    @mikekono : iya kalee……, perjodohan yg membawa petaka !:D

  17. Makanya semakin tinggi jabatan itu harus mempertebal keimanan

    @mikekono : mempertebal sekaligus mengimplementasikannya

  18. semakin tinggi kedudukan orang semakin lupa sama yang di bawahnya😦

    @mikekono : sifat dan kecenderungan sprt itu hrs diberantas tuntas😛

  19. bentar… saya belum baca posting ini jadi belum bisa koment. Saya mampir karena hanya mencari posting tentang obama… I’m in the euforia of Obama, and I thought you’re posting about him today, hahahaha… ternyata belum… kalo gitu aku terbang lagi yahhh… nanti mampir lagi baca ini… Masih mo melanjutkan euforia ini dulu sebelum rasanya hilang😛

    (aneh, he is not even our president, tapi kok kita (I mean, saya) jadi kegirangan gini. I really hope that new change now will come to America, dan bisa berdampak baik untuk negara2 lain termasuk Indonesia)

    *still feel the euforia of Obama*😛

    @mikekono : hehehe…..sy tak lg menulis soal Obama, karena khawatir, akan trlalu bnyk postingan soal Obama, sehingga kesannya terjadi ‘rebutan’ Obama.
    Lagi pula pd 25 Okt kemarin, sy sudah tulis soal Obama dengan jdl “Jangan Terlalu Berharap pd Obama”.
    Sy senang Obama menang, tapi tdk masuk ke dalam kategori euforia. Menyikapi kemenangan Obama tak prl terlalu berlebihan, sebab sejak awal itu memang sdh diprediksi.
    Justru kl Obama kalah, baru menarik untuk dibahas. Hmmm…….😀

  20. ehhh, sorry abang kalo komentarnya OOT alias out of topic… mo nulis di blog tapi lagi hibernasi… takutnya ntar malah konsen ke situ doang, padahal PR belum selesai, ini maen2 karena masih kegirangan karna Obama ajah…😛

    I think I’m gonna move to America … hahaha, sampe segitunya (just kidding😛 )

    @mikekono : commentnya bagus kok….., cuma heran juga dl Silly kan lbh mengidolakan Hillary Clinton ketimbang Obama.
    Tapi, wajar juga silly merasa girang, sebab hampir seluruh masyarakat dunia memang menyambut gembira kemenangan bersejarah itu.
    Menyaksikan antusiasme rakyat AS menyambut kemenangan Obama, memang mengundang keinginan utk ikut hadir langsung menyaksikan pidato kemenangannya itu di Chicago.
    Btw, dlm perspektif sy, menulis soal Obama setelah menang, bukanlah tulisan spektakuler. Tetapi, mengulas dan memprediksi dia menang jauh sblm Pilpres digelar, itu baru tulisan yg futuristik dan analisis politik cemerlang.
    Dan sy setidaknya telah cb melakukannya pada postingan 25 Oktober lalu.
    Btw, sesekali merasa geer sendiri, boleh kan ! Thanks my friend. Best regards

  21. ohya… saya belum pernah hetrixx disini khan???

    kalo begitu skali lagi dehhh biar hetrix skalian, saya jarang2 hetrix lohhh… jadi kalo saya hetrix berarti blognya bagus… :lol

    yayyyy… perempuan gokil…😛

    @mikekono : wow….silly bs hetrik di sini, merupakan sebuah kehormatan bg sy.
    Kegembiraan sy karena hetrik itu bahkan melebihi kegembiraan sy menyambut kemenangan suaminya Michelle itu.
    For me, Silly makes history better than Obama makes history…….,
    semoga ‘your baby’ segera launching….., thanks😛

  22. Bang …
    Iya ya bang … kenapa begitu ya bang …
    Mungkin ini yang disebut Impulse Corrupt

    Memang saat naik menduduki kursi “power” sudah tertanam lekat dihata … t

  23. (maap kepencet tadi … aku ulangi lagi ya …)

    Bang …
    Iya ya bang … kenapa begitu ya bang …
    Mungkin ini yang disebut Impulse Corrupt

    Memang saat naik menduduki kursi “power” sudah tertanam lekat dihati … tidak akan korupsi …

    Namun entah mengapa karena ada pengaruh “sesuatu” mungkin … menjadi “Impulse” melakukan hal tersebut …

    Yang jelas …
    Trainer cuma bisa mengingatkan pada diri sendiri … apapun yang sudah ada di dalam “kekuasaan” a.k.a “tanggung jawab” saya … sekecil apapun … janganlah di korupsi … (duit belanja rumah tangga misalnya …)🙂

    hehehe

    @mikekono : setuju Mas, kekuasaan itu amanah, seyogyanya dijalankan sesuai dengan mandat pemberi amanah (rakyat).
    Betul, pemberantasan korupsi bs dan harus diawali dari diri sendiri, dengan sll berusaha bersikap jujur dan transparan.
    Thanks mas NH😀

  24. kekuasaan seperti pedang yang tajam. di tangan yang benar dia menjadi alat menegakkan kebenaran,di tangan yang salah dia membahayakan…

    @mikekono : sebuah kiasan yang sangat jitu.
    semoga pedang itu berada di tangan yg tepat, agar tak membahayakan. thanks😀

  25. hm, kekuasaan ya ?
    saya tak pernah memimpikan menjadi perempuan yang berkuasa seperti megawati.
    tapi, jujur saja, saya punya mimpi untuk menjadi istri dari lelaki penguasa.

    berlebihankah saya ?

    @mikekono : rasanya itu sangat wajar mbak Easy.
    Semoga mimpinya bukan mimpi di siang bolong pas hujan gerimis,
    but your dream come true….hmmm😀

  26. kekuasaan ituh kadan9 menyilaukan jika tak diimban9i den9an iman& hati yan9 bersih..
    mm mun9kin sejak awal mreka terjun ke kancah politik meman9 sudah berniat seperti itu[dch maaf jd suuzon ya?]

    yaa..be9itulah politik kalee yaa..??
    heehh..nda fokuss..:)

    @mikekono : fokus….fokus, fokus wi3nd ! H33hh.
    Btw, tak berniat saja bisa terkontaminasi, apala9i sudah diniatkan, makin kaccau dekh.
    *fokuskok.net*

  27. 2 d poin aj d… siapa nama calon penguasa yg layak dipilih nie?😕

    @mikekono : siapa ya ? I dont know about it.
    Mari sama-sama kita tunggu sj perkembangannya mas.

  28. Saya pikir, banyak analogi yang bisa dipakai.
    Uang, dalam jumlah yang sama, bisa membuahkan hasil yang positif dan negatif.
    Yang satu untuk sedekah, misalnya.
    Dan satu lagi untuk bisnis narkoba.
    Jadi,
    semuanya tergantung dari pemilik atau pemegangnya untuk menjadi apa saja.
    Mari berdoa saja, semoga kita semua adalah manusia yang beriman dan takut berdosa…

    @mikekono : Sebuah analogi yang sangat tepat ! Terpukau aku dibuatnya, Jeunglala.
    Bener, mari sama sama berdoa agar kita semua selalu takut berbuat dosa.
    Asal jangan sampai, doa kita pun tak lg didengarNYA, karena trll bangga dgn dosa dosa yg ada. Hmmmm……

  29. kekuasaan itu pisau…
    kalau bener pegangnya ya manfaat
    kalau nggak bener, ya buat nusuk orang!

    @mikekono : so, jangan bermain-main dengan pisau ! Maturnuwun

  30. Kekuasaan itu aliran sesat ….🙂

    @mikekono : saya tak ikutan sesat, karena sering bc postingan Rindu, yg selalu memberi pencerahan….!

  31. kekuasaan bisa juga dibeli khan ?🙂

    @mikekono : katanya sih begitu ?
    tapi, pembuktiannya sprt ‘mencari ketiak ular’😛

  32. ya itulah kehidupan, tidak akan ada rasa puasnya…
    jadi tergantung tujuan kita untuk menjadi pemimpin, rakyat atau perut ??

    @mikekono : kenyataannya bnyk yg lbh memilih mendahulukan perut ? Thanks bro

  33. hihihihi, balik lagi bang.

    Ok, about Hillary,… kalo sekarang tidak memilih Hillary,.. ya karena pilihannya bukan lagi antara Hillary dan Obama, but between Obama and McCain. I have always preferred Hillary over Obama, but when Obama won and become the Democratic Presidential candidate, I preferred him OVER McCain,… just because of his political leanings and the fact that many of his political stance (and his platform) are those of Hillary’s.

    Anyway, karena euforia itu sudah pergi, so, lets back to reality🙂

    Karena ini masih ada hubungannya dengan politik, so, saya cuma bisa bilang, Be wise to your country who ever you are, if they had choose you to be their delegate on the parliament.

    Anda bertanggung jawab pada nasib sekian ratus juta jiwa, tidakkah anda gentar ketika akan melakukan korupsi demi kepentingan pribadi dan kelompok anda? (I’m not talking about you, my dear Abang Mike🙂 I’m talking to whoever has elected for the chair of the parliament).

    Let’s hope for the right man, on the right place. Kita masih punya kesempatan untuk memilih anggota2 yang moga2 gak bermental korup (walaupun saya agak pesimis, secara… sepertinya budaya korupsi ini sudah “printed on our gene”… “inherited in our blood”… darah bangsa kita (malu nyebut endonesah..😦 )

    Semoga saja kepesimisan saya ini tidak terbukti kelak… There is still a HOPE… And we have HOPE… means we still have ALL.

    So, Lets HOPE…. For better tomorrow🙂

    @mikekono : kl saya sih masih tetap merindukan Hillary. Kalau dia yang berhadapan dengan McCain, saya yakin Hillary juga akan meraih kemenangan sprt halnya Obama skrng.
    Sebab masyarakat AS sudah muak dengan Bush. So, bukan Obamanya yg hebat, tapi Bush dan McCain-nya memang sudah tak layak jual.
    Ya, semoga para caleg yang terpilih nanti bisa menjadi member of parliament yg benar2 concern berjuang demi kepentingan rakyat.
    Sprt halnya Silly, saya justru sangat yakin wajah parlemen kita nanti blm akan banyak berubah. Satu-dua atau beberapa orng mngkn ada yang idealis, kapabel dan akseptabel, tetapi itu tdk akan bnyk memberi warna.
    Btw, apapun ceritanya, mari sama-sama menunggu semoga harapan adinda, soal hari esok yg lbh baik benar benar terwujud. gracias amigos, arigatou….ganbatte ne😀

  34. hai bang…
    pakabar hari ini🙂
    *gak nyambung sama topik yessss*

    @mikekono : hehehee…..kabar baik. Nyambung tak nyambung, itu sih nomer sekian.
    Yang pntng silaturrahmi jalan terusss……monggo

  35. apa penguasa2 yang koruptor itu tidak takut siksaan di akhirat ya mikekono sensei????

    @mikekono : iya…..tuh ! mungkin mereka pikir, bakal tinggal selamanya di dunia ? heheheee. gracias amigos, arigatou Ayu sensei…..ganbatte ne

  36. Poda

    Angur do goarmi anakkon hu,
    Songon bunga bungai nahussusi,
    Molo marparange na denggan doho,
    Diluat nadao i,
    Jala ikkon ingot doho,
    Tangiang mi do parhitean mi,
    Dingolumi da tondikku,

    Unang sai mian jat ni rohai,
    Dibagasan rohami,
    Ai ido mulani sikka mabarbar,
    Da hasian,
    Ikkon benget do ho marroha,
    Jala pattun maradophon natua tua,
    Ai ido arta na ummarga i.
    Dingolumi..

    Reff:
    Ai damang do sijunjung baringin,
    Di au amang mon…
    Jala ho do amang silehon dalan,
    Dianggi ibotomi,
    Ipe ingot maho amang,
    Dihata podakki,
    Asa taruli ho amang,
    Disihadaoani,

    Molo dung sahat ho tu tano parjalangan mi,
    Marbarita ho amang,
    Asa tung pos rohani damang nang dainang mon,
    Ditano hatubuan mi

    salam..
    marilah baik dan jujur dalam hidup.itu harta yang paling berharga di bumi dan di akhirat..
    INGKON INGOT DO HO AMANG.
    butima
    horas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: