Jangan Terlalu Berharap pada Obama


Tanpa bermaksud mendahului kehendak Tuhan, Barack  Obama (47) tampaknya akan melenggang mulus meraih kemenangan pada Pilpres AS pada 4 November nanti. Hampir semua polling mengunggulkannya. Bahkan mayoritas masyarakat dunia pun sudah tak sabar ingin melihatnya berkantor di Gedung Putih.

Karena pesaingnya John McCain diidentifikasi sebagai fotocopi Presiden Bush, memang sangat wajar jika masyarakat dunia yang cinta perdamaian, utamanya warga Indonesia lebih suka jika pria yang di masa kecilnya pernah mukim di Jakarta itu, tampil menjadi Presiden AS berikutnya.

Obama akan lebih baik dibanding McCain, sepertinya sukar untuk dibantah. Tetapi, ada satu hal yang patut dicermati berkenaan dengan merebaknya Obama-mania di kalangan masyarakat dunia saat ini. Yakni ekspektasi (harapan) pada Obama jangan sampai menjadi bias dan terlalu berlebihan.

Dengan kata lain dibandingkan dengan Bush yang pemberang dan lebih suka mengandalkan otot ketimbang otak itu, Obama memang jauh lebih beradab dan kemungkinan akan lebih akomodatif, demokratis dan bisa diajak berdiskusi secara santun dan rasional.

Tetapi patut diingat, saat duduk di White House nanti, Obama adalah Presiden Amerika Serikat. Kebijakan presiden negeri Paman Sam itu tentu tidak bisa bergerak menuruti alur pikirnya sendiri. Dia akan sangat banyak tergantung pada masukan negara sekutunya, pengaruh dan tekanan Kongres, plus kekuatan lobi Yahudi.

Hal itu bermakna, secara umum suami Michelle Obama ini tetap akan menjelma seperti para pendahulunya– kecuali Bush yang memang agak lain sendiri–karena sering selalu suka hantam kromo seenak udelnya dewe.

Indikatornya bisa dilihat dari statetement Obama beberapa waktu lalu. Dia menyatakan, jika terpilih menjadi presiden, AS akan keluar dari Irak, tetapi akan terus melanjutkan perang dengan Afghanistan dan Pakistan, mengeringkan dukungan dan memerangi teroris serta mengamankan tanah air.

Afghanistan dan Pakistan adalah negeri muslim. Teroris selama ini juga selalu diidentikkan dengan Islam. Saat Bush menjadi presiden, dia dikenal sebagai sosok yang sangat anti-Islam. Obama walaupun kelihatannya akan lebih kompromistis, bila dicermati dari statementnya di atas, ternyata masih tetap memandang negara (Islam) sebagai ancaman….?

Atas dasar asumsi demikian, ekspektasi berlebihan pada Obama akan berimbas kekecewaan. Jangan terlalu berharap, Obama akan membela kepentingan Indonesia atau lebih membela Palestina dibanding Israel. Obama cuma Presiden AS, dia bukan Presiden-nya dunia. So, pasti dia akan selalu melindungi dan lebih mengutamakan kepentingan AS serta para sekutunya.

Sama halnya saat SBY-JK terpilih memenangkan pilpres 2004 lalu, banyak kalangan memendam harapan tinggi, keduanya akan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan memerangi korupsi hingga ke akar-akarnya.

Tetapi, faktanya dalam penilaian mantan Ketua MPR-RI Amien Rais, pemberantasan korupsi masih  tebang pilih, bahkan Istana pun tak luput dari dugaan keterlibatan korupsi. Selanjutnya Indonesia menjadi bahan kenduri korporasi asing. “Perkebunan, pertambangan, perbankan, pertelekomunikasian kita, kini dikuasai pihak asing,” katanya.

KITA memang sudah terlanjur terpesona dan ikut merasa senang jika Obama tampil sebagai pemenang pilpres AS. Tetapi, agar kelak tidak memendam kekecewaan mendalam, janganlah terlalu banyak berharap pada Obama. Dia tak lebih baik dari Hillary Clinton. Obama baru sebatas piawai bicara dan berdebat,  tapi belum pernah membuktikan apa-apa….!   

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 25 Oktober 2008, in Politik, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. Betul kata Anda, Obama baru sebatas piawai bicara dan debat. Kita lihat dulu tindakannya setelah jadi presiden.

    @mikekono : piawai bicara dan debat belum tentu piawai pula memimpin negara. thanks mas Tikno

  2. Bang!, kita lebih baik berharap kepada diri sendiri, kampung sendiri, negeri sendiri, bangsa kita sendiri.

    @mikekono : setuju bang…..jadi ingat pidato Bung Karno doeloe, Berdikari (Berdiri di atas kaki sendiri)…..horassss, njuah njuah

  3. contradictiveminds

    I say I agree. Let’s not over-estimate the capability of Mr. Obama. And as I truly belief, like you said, that he is the president of the USA, so, he will only accomodate the voice of the people’s of USA.

    True.

    But I don’t think that what he had planned for afghanistan and pakistan does not related to islam. Yes, true that he is a non-moslem, but what gave you the right to say, that what he had plan for both of the countries had got to do with its religion?

    I truly know that this is your blog, and you have every rights to say whatever you wishes to say, but isn’t it better if we spread optimism rather then pesimism?🙂 who knows, perhaps your optimism may start a chain-reaction of a positive attitude?!🙂

    For SBY JK, though I’m not a big fan of them, I say, let’s give them a chance, they’ve done something good too, you know..🙂 after all, None of all the president we had since the fall of Soeharto has fulfill their political speech before, isn’t it? :p

    Let’s spread love.
    Let’s spread peace.
    Let’s spread dignity.
    🙂

    @mikekono : saya tidak pessimis melihat sosok Obama, sy juga berkeyakinan dia akan menjadi pemimpin AS yang baik dan tidak akan mudah menggunakan kekuatan militer untuk menyelesaikan masalah. Saya hanya ingin memberi semacam pemikiran berimbang, agar para pengagum Obama tidak terlalu membebani dan mengharapkan hal yg terlalu muluk-muluk dari seorang Obama, yang dalam kapasitasnya sebagai Presiden AS, sudah pasti akan lbh mengedepankan kepentingan negaranya di atas segalanya.
    Soal SBY-JK, sudah pasti banyak prestasi positif yng telah diraihnya, tetapi masih banyak juga kekurangan yg mesti diperbaiki jika dia terpilih lagi nanti…
    Berpikir kritis dan tidak mengkultuskan seseorang, sy kira lbh baik daripada cenderung menulis sesuatu yang utopis dan cuma berisi puja puji yg terkadang bs meninabobokkan…..
    Thanks so much for your opinion………the best comment so far. peace for all

  4. yup siapapun yang menang emang ga terlalu berpengaruh pada indonesia,, rakyat indonesia aja yang terlalu simpati karna dia pernah tinggal di sini…

    @mikekono : exactly mas Fajar. simpati dan harapan berlebihan bs bikin kecele. thanks

  5. kalimat terakhir diparagraf terakhir itu betul juga yaa..,belum pernah membuktikan apa2.
    tp aq setuju banget ma komen pak singal, ibaratnya berdiri dikaki sendiri lebih nyaman walau aga’ tertatih drpada jalan sambil bertumpu pd orang lain

    @mikekono : makanya aneh juga blm memberi bukti, sudah dipuja puji setinggi langit. betul nin, bangsa ini harus mandiri, jangan jadi kuli di negeri sendiri

  6. well….
    abang kok jadi pesimis gitu ngomongnya heheheh
    walaupun bener juga..seseorang pasti akan berbeda kalo udah menjabat presiden of US..siapapun orangnya..
    …yang penting kita berkerja keras untuk negara ini…memberikan yang terbaik..berbuat yang terbaik..untuk Indonesiaku..Indonesia Kita
    …………………….
    Halahhh itu yessy barusan yang komen?!?!?
    tumbennn komennay seriuss benerrrr!!?
    hahahaha
    Pakabar bang….minggu minggu gini…di Jakarta ujan dan langsung banjir…di sana gimana bang ?

    @mikekono : sy bukan pessimis, tapi cuma ingin memberi perspektif berbeda soal Obama, agar tak terjadi pengkultusan dan harapan berlebihan terhadap dirinya…..cuma itu aja.
    *di Medan juga hujan mulu nih, tp nggak smp banjir. Smg banjir di Jakrta bs membuat isi dompet Yessy ikutan kebanjiran……hehehee

  7. Jika obama terpilih.. kurs dollar akan kembali ke 3 rb perak gak ya ..

    @mikekono : hmmmmmmmmm…….

  8. bener,,,bgd..
    euforia obama kini bahkan melanda negeri, tanpa menilik gimana campur tangan “kurang ajar” AS terhadap kepentingan dalam negeri Indonesia..
    seolah2 mereka sedang menantikan calon pemimpin dunia yg cakap segala2nya😦

    @mikekono : suka obama boleh dan wajar wajar saja, tp jgn smp terlalu berlebihan.

  9. hehhe saya juga berharap banyak pada obama biar islam di mata barat tidak buruk lagi..

    @mikekono : tapi, Obama bukan muslim lho. jadi belum tentu dia akan membela Islam……

  10. bener, mas agus, ekspektasi yang terlalu berlebihan bisa menjadi bumerang. saya memang termasuk mengidolakan obama. trik2nya dalam melakukan pencitraan publik layak diacungi jempol. tapi ndak sampai jadi obama-maniac, haks.

    @mikekono : dalam hal ini kita sama dan sependapat mas sawali. Tak perlulah menjadi Obama-maniac

  11. aku sih nggak begitu banyak mengikuti pemilihan capres AS …. jadi ya nggak pernah berharap atau menjagokan salah satu dari ke dua calon itu

    @mikekono : sepertinya Obama memang lebih baik dari Mc Cain…., tp tak prlu trll bnyk berharap

  12. It’s true to some extents that we can’t fully rely on Obama when he becomes a president. Once he enters the white house, is no longer his individual voice which will be considered like during his campaign. However, let’s put some hopes that some things will get better and some of his ‘promises’ will come true🙂

    @mikekono : exactly my sister. I believe Obama better than McCain. we hope as the next President USA, he becomes a different president and a leader for peace in the world. thanks

  13. Hebatnya, Obama tercatat sebagai calon presiden pertama AS yang berkulit hitam. Tentunya ini menjadi catatan sejarah. Sebab, meski di AS pernah bermunculan pemimpin kulit hitam, namun belum satu pun yang kemudian menjadi calon kuat menjadi presiden. Apalagi, posisi pria kelahiran 4 Agustus 1961 di Honolulu Hawaii-dalam berbagai jajak pendapat-sangat diunggulkan.

    Tekad dan kemampuan Obama untuk melakukan perubahan dengan maju ke panggung politik perlu mendapat acungan jempol. Meski tak diunggulkan sebelumnya, dengan tekad kuat dan semangat pantang menyerah, ia menunjukkan bahwa dirinya layak dipilih untuk jadi orang nomor satu di negara adidaya Amerika. Sebuah semangat dan tekad yang patut dicontoh dan diterapkan di banyak bidang. Sebab, sejatinya, tanpa tekad kuat dan semangat pantang menyerah-plus kerja keras tentunya- sebuah cita-cita hanya akan berujung pada impian semata.

    @mikekono : semoga tekad kuatnya ingin melakukan perubahan itu, bs mewujud dalam kenyataan alias jangan cuma janji2 muluk belaka. trims

  14. bener banget, dia baru sebatas berbicara, belum terbukti, lebih baik tidak terlalu berharap, tapi tetap mendo’akan yg terbaik.

    @mikekono : mari sm2 berdoa smg dia bs menjadi presiden AS yg ramah dan mampu mewujudkan perdamaian dunia

  15. @Pakde
    idem

    kalo pun dia ga jd presiden pun, bwat ku dia telah membuktikan bisa merubah paradigma orang banyak banget via the audacity of hope gettu looh…. coba baca juga buku2nya yg laen deh, asik2 kok

    salaam…

    @mikekono : memang menarik membaca riwayat dan perjalanan hidup Obama. thanks

  16. Saya Pass Bang… 😛 thanks and take care

    @mikekono : kok tumben pass, mbak Yulis. thanks

  17. obama, tetep saja harapan. dibanding mccain?

    @mikekono :setuju mas, asal jgn menjd harapan berlebihan

  18. Blognya keren banget. isinya cerdas sekaligus menarik.. palagi ditambah foto mc cain kemarin yang ‘seakan-akan’ (atau memang iya) ngeledekin obama. Wah makin ngejreng lah itu si obama teya

    @mikekono :thanks mas…..baru sebatas coba belajar menulis kok

  19. Harapan tetaplah akan menjadi asa yang dapat membuahkan rasa kecewa jika tidak di realisasikan *bercermin pada terpilihnya SBY di tampuk pemerintahan RI tercinta*, jangan terlalu banyak berharap.
    Tapi setidaknya Obama lebih baik daripada McCain (menurut ic lho bang)…
    well, we will see that soon

    @mikekono : benar Icha, Obama jauh lbh baik dari McCain. McCain sdh terlalu tua dan style-nya tak jauh berbeda dengan Bush. thanks my sist

  20. wew…. benar sekali bang …🙂
    pemimpin cuma akan menjalankan sistem yg sudah da ….
    dia tidak akan mampu membela segala sesuatunya klo tidak membela kepentingannya sendiri🙂

    @mikekono : betul mas afwan, kl terpilih jadi presiden AS, Obama akan menjalankan sistem pemerintahan AS dan dikontrol oleh Kongres

  21. Wajar berkomentar demikian sebab siapapun di dunia ini nggaak ada yang sempurna. Baik buruknya pasti ada, jadi apapun jadinya terjadilah.

    @mikekono : benar….tak ada yg sempurna. kesempurnaan hanya milikNya

  22. setuju brot.. politik itu kejam siapapun yang tampil dia cuma jadi boneka pilihan yang ngontrol tetep aja itu2 juga

    @mikekono : semoga obama tak sekadar boneka. thanks brot

  23. Ya….kita lihat nanti setelah obama jadi presiden Amerika….sekarang saya gak bisa ngomong apa-apa……

    @mikekono : oke….wait and see, arigatou

  24. bang, kalo saya mah, bukan saja tidak terlalu berharap pada obama, malahan atau tepatnya bahkan, saya gak gitu peduli tuh.. secara gak bakal ada perbedaan yang signifikan bagi q, dengan siapapun dari dua orang tsb yang jadi presiden amerika serikat.. maklumlah bang, saya mah cuman orang desa doang, dari pelosok tanah jawa, yang simple2 ajah, jika yang jadi mc cain, emangnya kenapa dan jika yang jadi obama juga emangnya kenapa.. gak ada efeknya…

    @mikekono : betul juga mas ariefdj ini, siapapun yg terpilih, tidak akan berpengaruh pada jenjang kepangkatan dan eselon mas ariefdj……….
    kl mikekono terpilih jadi presiden, barulah ada pengaruhnya, sebab mas ariefdj akan ditunjuk menjadi Menteri Khusus Urusan Perbloggeran atau Menteri Pemberdayaan Perempuan……wekekekeeee

  25. Aku enggak ngerti politik bang😀

    Dan aku juga enggak berharap banyak, tapi mudah2an bisa berdampak positif bagi negara2 berkembang khususnya Indonesia…🙂

    @mikekono : ahh…masya ngga ngerti ? ya, semoga berdampak positif bagi Indonesia

  26. daku nda termasuk obama mania,hanya saja siapapu nantinya j=y9 terpilih menjadi pres.USA y9 konon ne9ara adikuasa bisa membawa kedamaian & lebih bijak dlm men9hadapi apapun,tak perlu otoriter…

    @mikekono : semoga harapan wi3nd didenger presiden terpilih AS nanti. matur nuwun adinda

  27. hhmmm…mungkin kejadiannya akan sama seperti di sini (dan juga di sana). janji2 yang nggak pernah terbukti dan tak pernah ditepati.
    pasti akan terlalu banyak muatan politis, sehingga pikirannya sendiri nggak akan ‘terpakai’.
    gimana, bang ?😀

    @mikekono : di mana2 memang sering begitu, janji menyenangkan rakyat sering diumbar. Setelah terpilih janji pun dilupakan

  28. Di The Audacity of Hope kan om Barry mengulas ttg evolusi Indonesia dari sebuah kampung lalu jadi anke politik dan ekonomi USA, trus mengalami krismon n reformasi, sampe jadi negara yang enggak toleran lg.
    Saya memandang tulisan om Barry ttg hal ini adalah suatu bentuk kepekaan dan (mungkin) kecintaan pada Negri kita.

    Menurut om Budiarto Shambazy, buku tsb ibarat Skripsi yang berpredikat summa cum laude yang meluluskan om Barry sbagai the next leader.
    Buku itu udah ngasih influence yang begitu besar bagi pembacanya.

    Saya rasa, memang benar dunia bahwa sudah terjangkit ‘obamamania’..
    Namun, dalam dukungan para obamamania tentu terselip harapan serta terselip pula keinginan untuk mewujudkan, “Change, We Can Believe In”, atau “Yes We Can” seperti dalan video Black Eyed Peas.

    Obamamania menyukai om Barry karena beliau orang yg apa adanya serta “Change” yang ingin diwujudkan bukan cuma mimpi surga. Ah..

    om Barry adalah orang yang punya kualitas pemikiran yang luar biasa. Tulisannya yang elegan,,berbicara dg jujur mengenai masalah2 negara.
    Usia muda, kharisma, kefasihan berbicara, humor, kecerdasan, serta keberanian menantang USA untuk bangkit.

    So, buat saya, gak ada alasan utk gak berharap ma om Barry..
    Iyaaaah, tp gak banyak2 kok, om.

    @mikekono : benar dan sangat kontekstual komentar Oche. Ya semoga saja ide-ide brilian Barry Obama yang dituangkannya dalam jargon “Change, We Can Believe In” atau “Yes We Can”, benar benar bisa dibuktikannya, dengan mengubah wajah Amerika menjadi lebih ramah kepada siapapun.
    Kita memang wajar berharap Barry bisa menjadi the next leader yang baik dan memberi pencerahan bagi dunia. Semoga harapan itu tak menjadi utopia. thanks my sist

  29. gitu ya ?

    @mikekono : hmmmm……cuma segitu ya. comment singkat, tp padet

  30. ga ngerti sih kalo kancah dunia politik internasional..
    selama masih bisa makan dan hidup tenang,, cukup sudah…

    @mikekono : setuju lies, kalau sudah bisa hidup tenang…..ya memang tak perlu lagi repot-repot dan terlalu memusingkan politik internasional……ngono yo ngono ning ojo ngono

  31. Barack orangnya lebih arif dibanding Mc Cain yang ego. InsyaAllah Barack mendapat hidayah untuk memimpin perdamaian dunia.

    @mikekono : amien, semoga demikian adanya. Mari sama-sama kita tunggu

  32. mungkin dengan menangnya obama dapat mempengaruhi kebijakan luar negri AS seperti konflik di iraq dsb. tetapi sistem yang ada tetap berjalan karena bukan hanya obama yang menjalankan sistem..

    @mikekono : benar, bersama Obama sudah pasti kebijakan luar negeri AS akan berubah, termasuk di Irak. Thanks

  33. meskipun sedih membacanya tp harus saya akui kl analisa bang mike benar.. gimanapun jg yg modalin amerika ga cuma pajak warganya sendiri tp ada kekuatan lain, dan obama ga akan cukup kuat buat berpegang teguh di atas pendiriannya. tapi paling ga saya msh berharap obama akan membawa perubahan di dunia, tidak seperti pendahulunya yg malah bikin dunia tambah kacau.

    @mikekono : mungkin sj analisis sy benar, tp sprt yg ida bilang, harus diakui Obama memang jauh lbh baik dari McCain serta sangat jauh lebih baik dibanding George Bush. Smg Obama menang dlm pilpres AS. thanks

  34. obama keren man! udah item:mrgreen:, pernah tinggal di indonesia juga. terlepas dia non-muslim atau bakal disetir ama sekutunya, aku sih enjoy aja. yang penting indonesia bisa mengambil posisi terhadap amerika. siapapun presiden amerika, indonesia harus tetap yang terbaik untuk bangsa dan negara.

    @mikekono : obama memang keren, muda, cerdas dan energik. so pasti keberadaannya sbg presiden AS akan lbh menguntungkan Indonesia ketimbang McCain. Tetapi kita tak bs terlalu berharap padanya.

  35. jadi kita lihat sajah nant! dimasa kepemimpinannya,sekaran9 seeh masih belum terlihat,kadan9 pandai dlm bicara tapi blm tentu ja90 men9inplementasikannya..
    tapi sem09a obama membawa kebaikan untuk semua..well see..:)

    @mikekono : iya tuuhhh…..klo cuma pandai bicara doang, tetanggaku jg bnyk yg ja90.
    yups, mari sama-sama kita tunggu smbl minum koran dan baca kopi di rumahnya mas Ariefdj. Heheheheeeee🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: