‘Bencana’ Award


Tahukah Anda siapa Divya Bharti ? Hampir bisa dipastikan hanya segelintir, atau bahkan tak ada yang pernah mendengar nama itu. Kalau disebut nama Kajol, Kareena Kapoor, Rani Mukherjee, Aishwarya Rai, atau Priyanka Chopra, mungkin masih banyak yang tahu.

Divya Bharti adalah artis Bollywood seangkatan dengan Kajol, Raveena Tandon, Karishma Kapoor, Juhi Chawla, Manisha Koirala dan Urmila Matondhkar. Dia memulai debutnya di jagad perfilman India pada usia teramat muda, 16 tahun.  

Setelah sukses di industri film daerah (Telugu) tahun 1990-1991. Pada 1992, Divya menjejakkan kakinya di Mumbai, Bollywood dan meraih sukses besar lewat film debutnya Vishwatma (bersama Sunny Deol) dan Shola Aur Shabnam (bersama Govinda).

Sejak sukses dalam debutnya itu, sepanjang tahun 1992-1993, sedikitnya terdapat sekitar 15 film yang dibintangi artis kelahiran tahun 1974 ini dan hampir semuanya meraih sukses. Salah satu di antara filmnya yang super hits adalah Deewana, bertrio dengan aktor beken Rishi Kapoor dan Shahrukh Khan.  

Berkat kesuksesan yang sangat mencengangkan itu, Divya diganjar sejumlah award serta dipuji semua kritikus film dan sineas di negeri sungai Gangga itu. “She’s the most promising newcomer, innocence and a perfect figure,” kata Pehlaj Nehalani, produser terkenal. “Now, she’s a star,” puji sutradara Lawrence D’Souza.

Setelah rupa rupa award didapat dan pujian setinggi langit nyaris setiap hari menghiasi media, Divya Bharti ternyata tak kuat menahan beban mental pencitraan dirinya sebagai perfect figure serta seorang megastar yang harus selalu tampil ramah dan charming.

Akhirnya bak petir di siang bolong, terbetik kabar mengejutkan dan menggegerkan seantero India. Pada 5 April 1993, Divya ditemukan tak lagi bernyawa di apartemennya di Mumbai. Dia mati muda, dalam usia sangat belia, 19 tahun. Konon, artis yang tengah melesat bak meteor ini meninggal karena bunuh diri. Sungguh tragis.

So, sebuah kesuksesan atau award yang sering didapat bisa jadi akan menjadi bencana, bila tidak disikapi dengan arif wicaksono. Award akan berujung bencana kalau tak dimaknai sebagai sebuah tantangan dan sugesti untuk meraih prestasi lebih baik, dan lebih baik lagi.

Beberapa hari lalu saya beruntung mendapat award Briliante Weblog dari rekan blogger, Wi3nd (yang baru kenal sebatas penerawangan).Tapi hal itu tak penting sangat. Cuma setahu saya, beliau adalah seorang gadis baik budi, cerdas, lucu, selalu ceria, dan senantiasa berupaya dekat padaNYA.

Saya akan berupaya sekuat tenaga agar award yang diberikan Wi3nd tidak akan menjadi ‘bencana’  bagi saya, seperti menimpa Divya Bharti, melainkan akan semakin menambah zemangad dalam berkreasi, sesuai dengan pesan gadis penyuka harum hutan itu.

Sebelumnya seorang teman lainnya Easy, yang produktivitasnya mustahal ditandingi dan untuk itu dia diganjar ‘pahala’ selalu masuk kategori blog pilihan Blogdetik.com, dalam postingannya juga pernah memberi apresiasi dengan menyebut saya sebagai salah satu rujukan dalam soal politik serta menyertakan tagline blog Mikekono sebagai 13 tagline menarik.

Teman blogger lain, Yessy Muchtar juga pernah menyatakan, blog saya termasuk ke dalam 10 blog yang mencerahkan hari-harinya. “Ulasan politik Mikekono menarik dibaca, tanpa perlu mengernyitkan kening,” kata ibunda Tangguh ini.

Saya juga merasa tersanjung dengan apresiasi yang diberikan Mbak Yulis (perempuan ramah, santun, baik budi, asal Magetan yang berdomisili di Colorado bersama suami tercinta Marvin). Mbak Yulis menampilkan link headline tulisan terbaru saya di blognya bersama 12 blogger lainnya. “Thanks so much, my sister”. 

Semoga tradisi pemberian award dan apresiasi yang diberikan sesama blogger itu akan memberi manfaat positif dan bisa semakin mempererat tali persahabatan di antara kita semua. Amien.   

Thanks mbak Yulis, Yessy Muchtar, Wi3nd, matur nuwun sanget Lies ‘Easy’ Surya, thanks….., thanks, thanks for all. Syukran katsir, syukriya, namaste, gracias, horas, mejuah-juah, njuah-juah. (jadi kebayang saat Robert de Niro mengucap sepatah dua kata ketika menerima piala Oscar……heheheeee).

NB. Agar tak menimbulkan kesan kurang obyektif dalam memilih dan setelah menerima wangsit dari ‘guru’ spiritual saya mbak Tutinonka, ‘atasan’ saya Bunda Dyah Suminar serta my sist Yulis, maka award di atas tak jadi saya teruskan ke blogger lain (padahal 7 nama yang berhak mendapat award itu sudah ada dalam kantong celana saya).

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 20 Oktober 2008, in Budaya, Kehidupan, Musik & Film, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 40 Komentar.

  1. hehehe..
    jangan terlalu berlebihan menilai saya bang.
    hanya kebetulan saja beberapa kali masuk blogpilihan🙂

    @mikekono : bukan sy yang menilai, tp begitulah faktanya. kebetulan tak bs terjadi berulangkali adinda, ……heheheee

  2. wee..kompak sama bu tuti nih..

    @mikekono : iya neh…..pdhl sebelumnya ada niat mau ngasi award sm lisa, ehm.

  3. masak di bilang bencana si bang hehehhe
    selamat ya bang atas awardnya
    you really deserve it🙂

    @mikekono : hehehee…….bencananya kan dalam tanda petik, yessss (agar judul menarik utk dibaca, bukan bencana betulan)…….thanks

  4. Selamat buat Awardnya…. And met kenal sebelumnya…😉

    @mikekono : thanks, lam kenal juga

  5. setelah dapet award jadi termotivasi apa malah tambah pusing karena ada “tekanan” tuk terus berkarya di blognya hehehehehe

    @mikekono : smg makin termotivasi, thanks mas andi

  6. wah, mudah2an tag award yang sedang ramai di blogsphere tak berdampak tragis seperti yang dialami oleh Divya Bharti. peristiwa yang menimpa Divya Bharti semoga saja bisa menjadi pelajaran berharga buat figur publik yang memiliki banyak pengagum. semoga mereka tahan menerima sanjungan dan pujian.

    @mikekono : mudah-mudahan kita semua tidak mudah terlena dengan pujian dan tidak pula menjadi ‘lemah’ syahwat karena kritikan, …….thanks mas sawali

  7. menerima penghargaan memang ‘a big obligation’

    @mikekono : iya……begitulah

  8. wow..preambulena keyen ban9 mike..!!
    *ka9um*
    deuch..jan9an suka menerawan9 akh..hehehh
    ya ollo pak arief yan9 suka n9edije ituh bisa ajah[maaf maz hehe]
    berlebihan ituh penilaiannya,hehe

    makasih yakh ban9 awardna da dipajan9& diambil,semo9a tidak menjadi bencana tapi menjadi penyeman9ad dlm perrblo9in9an ju9a mempererat ukhuwah ya ban9….:)

    @mikekono : iya….tuh saya numpang pake nama mas ariefdj (sorry mas…..hehehe). insya Allah awardnya akan menjadi penyemangat & mempererat ukhuwah……..thanks wi3nd

  9. bencana kalau tidak menginginkan prestasi sebagai tanda kita eksis. tapi bila kita berharap award sebagai bukti bahwa kita memiliki kemampuan analisis. bisa membuatnya dalam kalimat tertulis. mampu menjelaskan secara sistematis. mampu menyedot blogwalker kaya magis. mampu melayani orang2 kritis. ya wajar kalo dpt award & terkenal kaya selebritis.
    saya aja kejebak bikin artikel dari ide populis. sekedar untuk belajar nulis. sekarang sudah terlanjur di pablis. jadi tolong dikunjungin dan kasih komentar plis…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/10/16/this-is-the-american-crisis-untuk-indonesia-menangis/

    @mikekono : komen yang kritis, membuat sy meringis. statement bak analis, membuatku terhipnotis…..sy tak akan membuat miris, percayalah plis

  10. maaf tadi error, sy pikir ngga masuk. dihapus sj komen yang kedua biar rapi berbaris…

    @mikekono : ngga usah khawatir, sdh didelete, mas. thanks

  11. wah tewas karna bunuh diri… wah kok banyak ya artis terkenal tewasnya dengan cara gt…

    @mikekono : begitulah kl tak siap menghadapi berbagai award dan kesuksesan serba mendadak…..
    thanks mas iwan

  12. wah..selamat ya bang mikekono,atas sejumlah award yg diterima,postingan2 keren ini semoga tambah keren ,Amiien

    @mikekono : amien ya rabbal alamin. thanks atas apresiasinya nin

  13. penghargaannya banyak, saya juga pernah dapet tapi gak saya lestarikan hiks…

    @mikekono : memang tak prl dilestarikan, jd nambah motivasi aja. tks

  14. award koq bencana om?

    @mikekono :’bencana’ dalam tanda petik……

  15. Hahahhaa …
    Ini bukan Award pak … Ini aku nyebutnya PR …
    Tulisan khas pak Mikenono …
    Jadi bagaimana …
    Jadi diteruskan apa tidak ???
    hihihihhihihi

    @mikekono : ya nanti2 PR nya akan diteruskan. thanks mas trainer

  16. congratulation ya..keep blogging!

    @mikekono : oke thanks

  17. itulah barangkali mengapa pujian hanya layak diperuntukkan bagi tuhan. sebab hanya dia yang kuasa menanggungkan beban itu.

    barangkali ya…

    @mikekono : pujian sbg wujud apresiasi sih wajar dan sah2 sj, tp jgn smp kita mudah terlena dan silau dgn rupa rupa pujian

  18. Terimakasih sudah menjadi teman yang baik, walau belum pernah bertemu muka Bang. Sukses selalu, keep blogging and take care bro. thanks

    @mikekono : sama-sama mbak Yulis, sy juga sudah menganggap mbak and my bro Marvin sbg teman yang baik yg selalu memberi pencerahan. semoga mbak Yulis dan keluarga selalu berada dalam naungan hidayahNYA. syukran katsir

  19. Postingan berantai seperti ini (termasuk ‘award’ ) ada kerugian dan keuntungannya sendiri2. Keuntungannya adalah dapat mempererat tali silaturahim terhadap sesama blogger. Kekurangannya adalah membebankan blogger untuk membuat postingan serupa, “menipu” blogger lain serasa yang dihargai isi blognya padahal mungkin pemilihan dilakukan secara acak, tidak obyektif dsb.

    Namun pada akhirnya memang terserah pribadi masing2 blogger apakah ingin meneruskannya apa tidak. Saya sendiri sudah bertekad jikalau menemui postingan seperti ini, saya hanya berterimakasih saja di kolom komentar, saya tidak akan meneruskan karena tidak ingin membebani blogger yang lain. Jikalau kita ikhlas ingin memberi ‘award’ terhadap sebuah blog, seyogianya kita lebih dewasa dan obyektif dalam menilai. Dan buatlah review yang menarik dari blog tersebut, menurut saya itulah sebuah penghargaan yang jauh lebih baik, dan bukan hanya berdasarkan postingan berantai belaka….🙂

    @mikekono : iya blogger mestinya tidak perlu dibebani award, yang sejatinya belum layak diberikan kepadanya. Tetapi kalau tujuannya untuk menambah semangat, memberi sugesti serta demi meningkatkan silaturrahmi, pemberian postingan berantai itu, sy kira hal itu wajar dan sah-sah saja.

  20. Wah salah cetak sedikit:

    Tertulis:

    Postingan (termasuk ‘award’ seperti ini) ada….

    Seharusnya:

    Postingan berantai seperti ini (termasuk ‘award’ seperti ini) ada……

    @mikekono : sudah sy edit mas, thanks

  21. Waduuuh …. saya kok jadi merasa bertanggungjawab nih, atas urungnya Bang Agus membagi award kepada bloger-bloger lain. Apalagi saya disebut sebagai ‘guru spiritual’ segala …. wakakaka … mati aku!

    Isi kantong celananya dikeluarin aja Bang (siapa tahu isinya koin emas …. kalau itu saya mau 😀 )

    @mikekono : sbg ‘guru spiritual’ , ya sudah seharusnya mbak tuti ikut bertanggung jawab karena telah mengeluarkan titah dan ‘surat edaran’ soal sikap yg mesti diambil jika memperoleh award …..hehehe. ssst…..jangan bilang siapa-siapa mbak, ntar isi kantong celananya dikeluarin diam2. qiqiqiiiii……….

  22. pernah ada yang bilang dia membagikan awardnya karena tidak ingin dikatakan dia mau menyimpan awardnya utk diri sendiri krn tidak mau membagikannya kepada blogger yg lain, jadi bingung khan ?

    pertama dan ke dua dpt award aku membaginya kepada seluruh pembaca sekaligus ucapan terima kasih krn bingung mau mbagi ke siapa dan takut disangka pilih2, tapi dapat award ketiga dan ke empat mulai aku mulai membagikannya, blogger yg bener2 ada dalam pikiranku saat itu, sekalian mengenalkan mereka pada pembacaku yang lainnya, yang belum bisa kubagi kemarin2 Insya Allah akan kubagi lagi kalau aku dapat award lagi, dan hari ini dapat award lagi, ada kesempata lagi khan ? jadi menurutku pribadi sih aku juga jadi ndak enak kalau dapat award terus menerus , tapi tidak pernah membaginya pada yg lain, tapi ya semua terserah pada individu masing2 khan, makanya waktu kubagi award itu aku selalu menulis, mau dibagi ke blogger lain silahkan kalau berkenan, kalau nggak, juga nggak apa2, bebas kok🙂 nggak perlu dibikin repot🙂

    @mikekono : setuju mbak Ely….semua itu nggak perlu dibikin repot. sy dapat memahami apa yg ada di benak mbak Ely. Dalam posisi sbg newcomer (baru 3 bulan) menjadi blogger, sy kira dapat dipahami jika sy belum sepenuhnya paham soal aturan (tak tertulis) dalam jagad perbloggingan ini. Itulah sebabnya sy belum berani membagi award itu kpd yg lain. Lagi pula, dlm tulisan di atas sy hanya ingin menekankan bhw segala bentuk award dan pujian yg kita terima hendaknya disikapi dengan arif, agar tak menimbulkan ‘bencana’ sprt dialami Divya Bharti……itu saja. Artinya sy sm sekali tdk menolak menerima award dan ke depan jika menerima award lagi sy akan membaginya kpd yg lain (sayangnya ketika sy bermaksud membagi award kpd yg dianggap layak semisal mbak Ely, trnyta mbak sdh berkali2 mendapatkannya, jd repot juga kan ?)

  23. selamat atas awardnya😀

    semoga kita semua bisa menyingkapi award dan kesuksesan dengan bijak tidak seperti artis india tersebut😦

    @mikekono : ya semoga tak sprt Divya Bharti, thanks mas

  24. slamat bang, menurut hemat ic, blog abang emang pantas dijadikan acuan bacaan yang menarik bagi ic, terlepas ada tidaknya sebuah award, ic senang berkunjung kesini untuk bolak balig blog abang (sampai lecek huhu), walaupun jarang ninggalkan koment😉

    @mikekono : wadduuuh….jd tersanjung nih. btw, pantesan kemarin leccek, ternyata krn dibolak balik sm dinda Icha………heheheee. take care sist, thanks

  25. Wah selamat ya Bg , moga2 awardnya membuat tambah semangat utk menulis .

    ada persamaan kita , ketika menerima award serupa saya tidak sampe hati utk membagi award itu ke 7 blogger yg lain krn takut membuat kecewa yg lain …

    @mikekono : iya nih mbak susie…..jadi ngga tega dan takut tak enak sm temen yg lain. thanks ya miz-Bounty…..Gbu

  26. kalau sudah dikasih PR, menurutku pribadi itu baru repot, dan biasanya aku tolak, to the point saja, aku ndak suka bikin PR, mikir banyak sih, bener2 bikin repot yang satu ini🙂

    @mikekono : seperti kata mbak Ely….nggak usah dibikin repot…..take it easy. btw, jgn smp gara2 PR, sunsetnya jadi mamburrrr…….

  27. btw, ijin ngelink blognya ya, thank u

    @mikekono : please….dengan senang hati. Blog mbak Ely sdh lm sy pajang di Blogroll, tnp izin…hehehee

  28. Congrats buat awardnya ya bang🙂

    @mikekono : thanks my sist, smg vote kemarin ada manfaatnya

  29. Selamat ya
    OMEDETOU!!!!!!!!!

    @mikekono : hajimemashite, arigatou

  30. award ini memang berantai, karena memang pesan yg menyertainya adalah agar diteruskan (bener ga ya? dan saya juga pernah dapet, hehe..)
    tapi itulah cara blogger mengapresiasikan rasa pertemanannya🙂
    eniwei, semoga dg award jadi tambah semangat menulis blog..🙂

    @mikekono : betul itu yu2n….smg nanti klo dapet award lg dari yu2n, akan sy berikan lg kpd temen2 yg layak dan berhak mendapatkannya. thanks atas apresiasinya miss charlie’s angel !

  31. Suatu waktu mendapat e-mail dari orang yang tidak dikenal… E-mail itu masuk di spam… Pas mau gw hapus, gue iseng baca dulu…. Gue baca berkali-kali sambil gue renungin…. Ehhhhmmmm lumayan kreatif nih penggagasnya. Entah siapa yang memulai… namun yang jelas akhirnya gue ikutin program tersebut…
    Hasilnya..?? ? Saat ini belum ada… Mungkin setelah beberapa waktu ke depan baru ada hasilnya, itupun tergantung Anda mau ikutan apa gak..??? hehehe..
    Ok deh… segitu aja prolog dari gue… Setelah Anda membaca, keputusan ada di tangan Anda…
    Selamat membaca dan menganalisanya…..!!!!!!!

    @mikekono : program apaan tuh…..misconnected nih

  32. MikeKono memang pantas dapat Award…(ini bukan ‘umbang’)
    Yang belon dapat…gak perlu kecil hati. Yang udah dapat jangan puas diri.
    Macam awak, sesekali ada juga yang ‘ngumbang’.
    Memang, taunya awak diumbang, tapi awak syoooor…hehehehe
    Yang penting, yok, kita kobarkan terus semangat menulis dan bersilaturahmi…

    @mikekono : hahahaaaa, taunya awak diumbang tapi syuur juga. smg umbangnya tak membuat Mikekono terlena, melainkan makin semangat berkarya. thanks my best friend

  33. heheheh saya juga sependapat dengan Mbak Tuti, karena kayaknya nanti awardnya mubeng-mubeng muter-muter disitu-situ juga. Kasian yang blogrollnya sedikit hehehhe.
    Saya ada 3 nih udah mendekam di lemari, kalau dijual bisa dapet berapa perak ya?
    EM
    @mikekono : iya nih….takutnya emang begitu, jd mubeng2. kl dijual, mungkn bs dapet tiga piring nasi goreng di resto Bali Hai, hehehee

  34. Selamet yah…🙂
    Sukses dan tetap Semangat…!!!

    @mikekono : akan tetap semangat berkat dukungan adinda Vae

  35. Sebenarnya saya tidak keberatan dengan award, bahkan mendukung sekali untuk memberi penilaian terhadap blog terbaik. Tetapi penilaiannya dilakukan oleh satu tim jury yang benar-benar berkompeten, dengan kriteria penilaian yang jelas, dan yang dinilai mencakup (hampir) seluruh blog yang ada (minimal jumlahnya mewakili). Dengan demikian obyektivitas bisa dipertanggungjawabkan.

    Kalau seperti yang sekarang ini, unsur subyektivitas sangat-sangat tinggi. Ada bloger yang mengatakan, ia memberikan award kepada bloger lain yang sering berkunjung ke blognya, dan sering ia kunjungi. Lah, jadi dominan unsur ‘like’ dan ‘dislike’nya toh?

    Tapi monggo saja, kalau award 7 berantai ini digulirkan. Ya, itung-itung pelaksanaan sila ke 5 Pancasila : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Blogger (mudah-mudahan memang adil).

    @mikekono : setuju dengan usulan mbak tuti, agar dilakukan pemilihan blog yg layak mendapat award secara objektif, bukan subjektif. kl sy dipercaya jd juri, blog mbak tuti akan sy tetapkan sbg salah satu penerima award…..hehehee

  36. Sebenarnya, perbedaan pendapat mengenai award ini berpangkal pada perbedaan persepsi tentang ‘award’ itu sendiri. Ada yang memandang award sebagai rejeki, sehingga harus dibagi/diteruskan kepada orang lain. Ada yang memandang award adalah simbol prestasi, sehingga harus melalui proses penilaian yang obyektif.

    Dari dua sisi ini, baik yang meneruskan award maupun yang tidak meneruskan, dua-duanya tidak bisa disalahkan. Silahkan, jalan bersama dalam perbedaan …

    @mikekono : cuma mikekono saja yang memandang award sebagai ‘bencana’….heheheee. ‘jalan bersama dalam perbedaaan’, wow.. istilah yang keren dan cerdas sekali itu, mbak tuti…..

  37. selamat ya..dapat award..tulisan bang mike..menurut Bunda,sangat khas. Ulasan ulasan bernuansa politik dan uneg unegnya..kadang serem, lucu…tapi menyenangkan untuk dibaca, karena sangat konkrit.Terimakasih Ibu…disebut..bukan atasan to..Ibu pendongeng,,cerita harian..he..he..

    @mikekono : matur sanget nuwun atas apresiasinya Bunda. tulisan tulisan Bunda juga selalu menarik dan memberi pencerahan. Bunda pendongeng yang jujur dan patut dijadikan sebagai panutan. Thanks Bunda

  38. lama gk ngeblog, udah byk yah postingannya.
    selamat atas awardñya, bang.
    baca intronya tadi sempet ngebayangin pilem indiahe getu.
    menari menarihe, sambil ujan ujanhe.
    xixixix
    bravo si abang!
    yeay \(^o^)/

    @mikekono : artis India Divya Bharti, cuma sebagai pemanis aja, dinda Fannie. trims yo

  39. Saya ga tahu Divya Bharti tp kl Kajol, Kareena Kapoor, Rani Mukherjee, Aishwarya Rai, atau Priyanka Chopra saya tau bang hehehe

    pokoke selamat ya, saya yakin kl semua setuju kl bang mike termasuk bloger yg ramah dgn komentar dan tulisan yg menggelitik…

    @mikekono : ngga tahu Divya Bharti, wajar itu. Soalnya dia aktif di perfilman Bollywood sngat singkat, thn 1991-1993, soalnya pada 1993 dia mati muda.
    Filmnya yg ngetop di Indonesia, Deewana bersm Shahrukh Khan dan Rishi Kapoor.
    Waddduuuh, jd tersanjung lg nih. Mbak Ida jg bloger yg baik budi dan sll memberi pencerahan. matur sanget nuwun

  40. Simply wish to say your article is as surprising. The clarity in your post is just great and i can assume you’re an expert on this subject. Well with your permission let me to grab your RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please carry on the enjoyable work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: