From Maradona to Messidona


Demi menghormati dan menyambut ultah ke-48 Diego Armando Maradona pada tanggal 30 Oktober mendatang, saya ingin mengulas sekilas perihal pesepakbola yang kepiawaiannya mengolah si kulit bundar, belum tertandingi hingga detik ini.

Memang bagi pecinta tim samba Brasil, sudah pasti akan menganggap Pele lebih baik dari Maradona, karena sepanjang kariernya konon sudah mengemas sekitar 1000 gol lebih.

Tetapi dalam pandangan saya, Maradona lebih hebat dan memesona dibanding Pele. Alasannya, pertama, saya belum pernah melihat rekaman pertandingan Pele. Kedua, di masa jayanya Pele tidak terlalu banyak berhadapan dengan bek bek tangguh seperti halnya Maradona, yang sukses mengelabui bek terbaik dunia seperti Franco Baresi, Ciro Ferrara, Bergomi, Paolo Maldini (Italia), Terry Butcher, Peter Reid (Inggris), Guido Buchwald (Jerman), Hierro, Nadal (Spanyol), dll. Ketiga, Pele merupakan striker murni, sementara Maradona adalah play maker, dirigen tim atau gelandang serang.

Selain itu hampir semua kemenangan Argentina dan klub Napoli, Barcelona, atau Boca Juniors saat diperkuat Maradona akan selalu tergantung pada prima-tidaknya kondisi pria yang berteman akrab dengan Fidel Castro dan Hugo Chavez ini.

Puncak kehebatan Maradona sendiri muncul pada World Cup 1986 di Meksiko. Pada pertandingan perempat final menghadapi Inggris, Maradona memimpin tim tango menekuk tim berjuluk the three lions itu, 2-1. Gol pertama memang sangat kontroversial dan kini dikenang sebagai gol Hand of God.

Tetapi gol kedua, benar benar brilian dan sangat mencengangkan. Berawal dari tengah lapangan, Maradona menggiring bola melewati dan memperdaya bek-bek tangguh Inggris dan menekuk kiper legendaris Peter Shilton. Gol ini pada tahun 2002 lalu, lewat voting FIFA, dinyatakan sebagai goal of the century. Puncaknya Diego berhasil membawa Argentina juara dunia untuk kedua kalinya setelah menekuk Jerman 3-2.

Pada World Cup berikutnya (1990) Maradona juga sukses membawa Argentina melaju hingga pusingan akhir, namun kandas di final melalui gol penalti kontroversial Andreas Brehme. Maradona benar-benar menangis saat itu. Tapi ada cerita menarik saat Argentina berhadapan dengan Brasil di perempat final. Brasil yang unggul kualitas pemain, sepanjang pertandingan mendominasi. Semuanya mendadak sontak berubah saat Maradona memperoleh kesempatan mengontrol bola, dengan umpan terukur kepada Claudio Cannigia langsung menyontek bola ke gawang Brasil, skor 1-0 hingga usai. Koran koran di Brasil kemudian menurunkan headline Maradona 1-Brasil 0, bukan Argentina 1-Brasil 0.

Begitulah pengaruh dan kehebatan Maradona. Ketika ditransfer klub antah berantah dan semenjana Italia FC Napoli, banyak kalangan menyatakan keheranannya dan menyayangkan mengapa Diego tidak berlabuh di klub papan atas AC Milan, InterMilan, atau Juventus.

Tapi lagi-lagi Maradona membuktikan talenta dan sentuhan magisnya. Napoli yang selalu berada di papan bawah itu, kemudian untuk pertama kalinya dibawa menjadi juara Serie A pada 1986/87, dan meraih scudetto kedua tahun 1989/1990. Juara Coppa Italia tahun 1987 dan juara UEFA Cup 1989. Setelah Maradona tak lagi di Napoli, klub ini tak pernah lagi juara, terpuruk dan pernah degradasi ke seri C.

Saat ini kehebatan megastar Diego tinggal kenangan. Lalu siapakah pemain Argentina paling layak dan berpeluang menyamai atau setidaknya mengikuti jejak kejayaan ayah Dalma dan Giannina itu ? Sejumlah nama pernah disebut akan menjadi New Maradona, seperti Ariel Ortega, Juan Roman Riquelme, Pablo Aimar, Carlos Tevez, dan Sergio Aguero.

Tanpa bermaksud menafikan kehebatan Sergio ‘Kun’ Aguero yang notabene adalah bakal menantu Maradona itu, dari semua bintang muda Argentina yang bersinar sekarang, agaknya Lionel Messi menjadi sosok paling potensial menapaktilasi jejak kejayaan Maradona dan kembali memberi titel World Champion kepada Argentina. 

Dalam usia masih sangat muda (21 tahun), Messi sudah memperlihatkan mental juara dan talenta kebintangannya dengan membawa Argentina meraih medali emas sepakbola di Beijing 2008, runner up Copa America 2007, dan kini menjadi pemain kunci FC Barcelona. Pada usia lebih muda dari Messi, Maradona saat berusia 17 tahun sudah memimpin Argentina menjuarai Piala Dunia jr di Jepang, 1979.

Seperti halnya Maradona, Messi juga memiliki skill individu dan dribbling bola yang ciamik, dan selalu dengan mudah mengelabui bek bek lawan, solo run menerobos kotak penalti dan menyarangkan gol, sehingga pecandu sepakbola memberinya gelar Messidona. Dont cry for me Argentina, the new Maradona to be born. From Maradona to Messidona…..!

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 17 Oktober 2008, in sport, Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. Maradona sang legenda
    Ayah dari gadis yang cantik🙂

    @mikekono : betul kang haris ! putrinya Dalma dan Giannina cantik2. Bahkan Giannina tengah hamil hasil hubungannya dengan pesepakbola muda yang tengah bersinar di Atletico Madrid, Sergio ‘Kun’ Aguero

  2. Bang Maradona ini yang pernah dijuluki si tangan malaikat ya..
    gara gara memasukkan bola dengan tangan ke gawang..tapi wasit tak melihatnya..dan dianggap sah..
    Ehh..bener gak si bang..benerin kalo salah ya???

    @mikekono : …hehehee, betul memasukkan bola dengan tangan saat bertanding di perempat final Piala Dunia 86 melawan Inggris di Meksiko, tapi istilahnya bukan tangan malaikat, tapi hand of God. namanya jg ibunya tangguh, tak hobi bola. maklum dehhhhhh

  3. pecinTa madona ech maradona yakh?
    emm..dulu daku suka banged sama del piero,sekaran9 teutep suka ma delpiero dunks heheh..

    @mikekono : madonna and maradona sami mawon, sami2 hebat ! del piero hebat, maradona so pasti lbh hebat. thanks wi3nd, awardnya diapain tuh …!

  4. Yup..football mania..
    kalo saia suka Gerrard..^^

    @mikekono : saia juga suka Steven Gerrard, sebab dia kapten Liverpool (klub kesayangan saia). thanks my sista

  5. Saya jadi ingat Maradonna di piala dunia 1986 Mexico, di sana dia melakukan gol tangan Tuhan ke gawang Inggris (padahal itu gol tangannya sendiri) yang memang mencoreng reputasinya sebagai seorang striker. Tetapi ‘kesalahan’nya itu ia bayar dengan menciptakan sebuah gol indah lainnya ke gawang Inggris yang merupakan salah satu gol terindah di dunia sepanjang masa. Ya, begitulah Maradonna penuh dengan kontroversi dalam hidupnya, tetapi itu tidak melunturkannya menjadi salah satu striker terbaik di dunia sepanjang masa.

    Eh, omong2 tentang Nadal saya jadi ingat itu pemain bola kayaknya merupakan sepupu(?)
    pemain tenis nomer 1 dunia sekarang Rafael Nadal dari Spanyol…..

    @mikekono : biasa itu, sosok yg jenius, memang srng kontroversial. btw, soal Minguel Angel Nadal, setahu sy dia lama bermain di FC Barcelona. Sy tak tahu persis apakah dia ada hubungan kekerabatan dengan Rafael Nadal

  6. maradona… dipuja dan dicela……. tapi tetap legendrisss..

    @mikekono : betul mas anang. tks

  7. whuaaaa… ulasannya kerenz mas…
    saya baca ampe abis.. bis.. bis…🙂

    hmmm… pele n’ maradona, sama2 hebat lah ^_^

    @mikekono : ya, mereka sm2 hebat. thanks atas apresiasinya mas dhedhi

  8. Ulasannya mantap kali awak baca bah….

    Cuma awak rasa, sampe skrg pun kayaknya belum ada pemain bola yang bisa menyamai kehebatan Maradona (fans berat neh…)
    Kalokpun ada, paling namanya aja yang agak-agak mirip.
    Dulu di kampung awak ada juga pemain bola, namanya “Maradona”.
    Cuma, di belakang nama kawan tu ada pulak embel-embel “Simanungkalit” (hehehe, sori ya kawan, bukannya awak mengejek).

    Mungkin dulu bapaknya seperti awak juga, fans berat Maradona. Entahlah…heheheh

    @mikekono : heheheeee, selain maradona simanungkalit, ada juga maradona tarigan dan Pele Simorangkir…….. btw, benar sekali, memang hingga saat ini maradona belum ada tandingannya.

  9. wah dulu saya juga suka banget nonton piala dunia bareng ayah, apalagi ada maradonanya, mantap banget.

    @mikekono : menonton maradona mendribel bola, ibarat menikmati sebuah pertunjukan orkestra……selalu memikat……..thanks mas arul

  10. maradhona kalo diadu nggojek bola ama ronaldo menang mana ya? he..he…

    @mikekono : lawan seimbang maradona cuma pele, kalau sm ronaldo sih, masih jauh itu mas. hehehee

  11. hmmm , sepak bola ?? labur aja deh …. ini mah obrolan pria …hehehe

    @mikekono : sorry miz-bounty……ini memang obrolan pria, walau tak sedikit pula kaum hawa suka nonton bola……….thanks

  12. nggak bisa komen…wong ora seneng nonton bal balan…Karena sepak bola di Indo yang saya tonton…walaaah..suporternya sering bentrok…kasar kasar…bonek bonek…

    @mikekono : betul Bunda, sepakbola Indonesia masih suka bikin malu. kemarin PSMS Medan tanding lawan PSIS Semarang, wasitnya diserang sm official Semarang. memalukan ! matur sanget nuwun bunda

  13. jagoan mana ya antara maradhona sama ‘madonna’ bana?
    beda antara maradona dengan pele???
    pele==> Good boy(anak baik)
    Maradona ==> bad boy (si bengal)
    kalo skill bola-nya sama yahuud….

    @mikekono : maradona sm madonna sm2 jago, maradona jagoan olah bola sepak, madonna jagoan nyanyi. thanks

  14. Pada piala dunia terakhir yang saya lihat, tahun 2002 di Jepang dan Korea, saya fikir yang bakal jadi bintang dari Argentina adalah Aimar. Entah sekarang karena di US Football nya lebih populer daripada soccer. thanks

    @mikekono : Pablo Aimar memang pernah diramalkan akan menjadi bintang besar, sayangnya dia keseringan cedera, dan kini kariernya meredup. USA memang lain, walaupun sdh mendatangkan Beckham, soccer tak juga populer, padahal tim USA cukup sering tampil mengejutkan dan trmasuk cukup sulit ditaklukkan oleh tim sekaliber Argentina atau Jerman sekalipun. thanks mbak Yulis.

  15. saya lebih suka liga indonesia..
    lebih rame lebih plus plus..
    plus rusuh dan perang :mrgreen:

    salam kenal

    @mikekono : huahahaaa………liga super Indonesia ? lebih seru berantemnya daripada main bolanya…..

  16. fans setia maradona ya, kemarin waktu world cup dia ngebut di jerman kena blitz , bayar denda deh🙂

    @mikekono : iya nih….fans setia maradona. kena denda ? wadduuuh, kok mbak ely ngga mau nolongin tuh………..hehehee…

  17. Wah maradona memang punya nama yang besar, karena orang yang ga tau sepak bola pun mungkin tahu dengan nama Maradona…

    @mikekono : betul tur. sangkin ngetopnya….di Medan, ada namanya Wisma Maradona, konon kabarnya pemilik wisma ini kalak Karo pula…….ehm

  18. anaknya maradona cakep2 yah:mrgreen:

    @mikekono : betul mas, Dalma dan Giannina ayu pisan

  19. he… dulu jaman masih kecil ga tau sepakbola ajah dah tahu maradona saking terkenalnya😀

    @mikekono : betul septy…..semua orang pasti tau maradona

  20. lho khan maradona dah kaya … denda ratusan euro kecillah buat beliau🙂

    @mikekono : heheheee…..betul sekali. Tp walau bnyk uang kan mwatiny bs dibantu mbak ely, spy dia sbg mantan megastar, tak dipermalukan di Jerman……

  21. Kalo pemain sepakbola, saya tahunya cuma Platini, Platitu, Plat Merah dan Plat Kuning …
    Dulu sempat suka Beckenbauer (eh, ejaannya bener nggak ya?), tapi sekarang sudah pensiun jadi pelatih tim jerman ‘kali ya?
    (*mbuh, ora ngerti bal-balan, podo karo Bunda Dyah*)

    @Mikekono : huahahaa ora ngerti bal-balan yo ? tp kok tau soal Paltini. Platini skrng Presiden UEFA dan pernah membawa Perancis jd Juara Eropa dan melegenda di Juventus. Beckenbauer udah berhenti jadi pelatih dan sekarang jd Presiden klub Bayern Muenchen. Beckenbauer prnh melatih Jerman dan membawanya menjd juara dunia 1990 di Italia.

  22. dengar nama “maradona”,
    gw jadi inget waktu tahun ’80’ an kali,
    ketika tangan emasnya nyundul bola,
    dibawah rambut gondrongnya…

    hmm,
    salam kenal dulu deh..
    postingan yang “berisi”🙂

    @mikekono : betul mas rahmadi, maradona berjaya di tahun 80-an hingga 90-an. Dia terkenal dengan gol ‘Tangan Tuhan’ di Piala Dunia Meksiko 1986. thanks mas

  23. saya suka Gianluca Zambrotta, Nicola Legrotagglie, Filippo Inzaghi!

    @mikekono : suka Zambrotta sah2 sj, tp Maradona is the best from the best. thanks dinda Khofia

  24. maradona memang the best , tp dr dulu masiy suka pipo “filipo inzaghi”

    @mikekono : sy juga suka Fransesco Totti, thanks nin

  25. “Dont cry for me Argentina”, Om Agoes ato sapa saja yang memiliki lagu tersebut dan mau berbagi, mohon kirimi Opaku yaa…, makaciiii.

    @mikekono : gampang itu klik saja Madonna di google, pasti bs menikmati youtube lagu itu. Makaciii juga

  26. “nggak bisa komen…wong ora seneng nonton bal balan…Karena sepak bola di Indo yang saya tonton…walaaah..suporternya sering bentrok…kasar kasar…bonek bonek…”

    Om…, jangan bilang Eyang Dyah ya Om, Daffa ngga bisa comment FC, jadiii…, pake aja komennya Eyang.., hihi…😀 Om jangan sering-sering begadang nonton bola ya ntar terserang STM lagi…, atao Fatima bisa ikut menyerang… hahaha… yang lebih riskan “kegantengan Om bisa merosot tajam” …jaaangan marah ya Ooom.

    @mikekono : karena maradona sudah pensiun, jadi udah jarang begadang nonton bola nih. STM dan Fatima uda tak nyerang lagi…..karena takut dimarahin si Daffa……, uda tak ngganteng, merosot pula 10 persen, kacau dah……..huahahaa………thanks Daffa

  27. bang, kapan mo ngulas roberto carlos ?

    @mikekono : soal roberto carlos, bgmn kl easy aja yng ngulas, pst akan lbh menarik. heheheee, cocok kan !

  28. manis kali cewek baju putih di sampingnya itu.
    (komen ngga fokus)

    @mikekono : hehehe……itu putri bungsu Maradona, Giannina…..uda hamil tua sekarang akibat ulah Sergio ‘Kun’ Aguero (striker muda Argentina yg tengah bersinar dan kini bermain di Atletico Madrid)

  29. Putri2nya cantik2 ya bang….🙂

    @mikekono : wajarlah emaknya jg cantik……yang tua bernama Dalma, si bungsu Giannina

  30. messi katanya memiliki cara berlari yang unik dengan gaya khas lentur tubuhnya saat menghindari tackling lawan, katanya siiih😀

    @mikekono : betul Ic, Messi sangat lincah karena tubuhnya memang kecil, dan selalu dengan mudah mengelabui pemain lawan dgn tubuhnya yg lentur itu. thanks my sist

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: