Sahabat Semua : Terimalah Maafku


Hari kemenangan Idul Fitri segera tiba. Kemuliaan dan keberkahan hari itu layak kita sambut dengan hati tulus dan ikhlas, seraya mengumandangkan gema takbir, tahlil, tahmid, dan taqdis. Hal ini sejalan dengan pesan Nabi SAW :”Hiasilah hari lebaran dengan mengagungkan namaNya.”(HR.Thabrani).

Makna esensial Idul Fitri adalah kembali pada kesucian (terbebas dari segala dosa), setelah menjalankan ibadah puasa secara kaafah (totalitas).

Sesuai dengan esensi Idul Fitri itu, jelang hadirnya hari penuh keberkahan itu saya ingin menyampaikan permintaan maaf dari hati sanubari paling dalam kepada segenap sahabat ; rekan-rekan blogger, para pembaca, mungkin saja ada yang merasa tersinggung dengan comment atau tulisan-tulisan saya.      

Hai para sahabatku semua, terimalah permintaan maafku nan tulus ini. Semoga jalinan persahabatan di antara kita bisa langgeng selamanya dan terus berjalan dengan lebih baik di masa mendatang. 

Kita boleh-boleh saja tak pernah, bahkan mungkin saja mustahil berjumpa (kopdar) selamanya, sebab tempat tinggal kita memang sangatlah  berjauhan, ada yang berdomisili di Colorado, Sidney, Jakarta, Jogja, Palembang, Bogor, Solo, Bandung, Makassar, Pekanbaru, Medan, dll.

Tetapi jarak yang memisahkan itu, insya Allah tidak akan mengurangi arti penting jalinan persahabatan yang sudah semakin membatin dan mendalam di kalbu kita masing-masing.

Melalui tulisan ini saya ingin menyapa dan menyampaikan Selamat Idul Fitri 1429 H kepada seluruh teman blogger yang sudah pernah mampir ke Mikekono (meninggalkan komen, sekadar nengok-nengok) atau mereka yang belum sempat mampir. Beberapa di antara para blogger ini sudah kuanggap sebagai saudaraku sendiri.

Mungkin dalam beberapa hari ini kita tak bisa lagi saling menyapa sebab saudaraku tengah sibuk berlebaran dan saya juga tak bisa blogwalking, karena beberapa hari ke depan akan mudik ke kampung halaman.

Tetapi sahabat blogger semua akan selalu ada di hatiku. Saat berada di kampung, wajah para sahabat semua (baik yang transparan maupun abu-abu) pasti akan selalu terbayang dan mungkin akan hadir dalam mimpiku.

Tapi, kendatipun Mikekono rehat sejenak dan para blogger sibuk berlebaran, bagi yang ingin mengirim pesan dan komen di blog ini tetap dipersilahkan dengan pintu terbuka. Pasca lebaran komen itu segera akan dibalas.

Sekali lagi ku bermohon, hai sahabat semua : terimalah maafku…..(mata agak berkaca-kaca). Minal Aidin wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan bathin. See you again

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 26 September 2008, in agama, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 47 Komentar.

  1. Pertamaxxxxxxxxxxxxxx..
    Minal Aidzin Wal Faidzin
    Mohon Maap Lahir dan Batin
    Moga terlahir kembali suci…
    Amin3x…

    @mikekono : ya….makasih, pertamaxxx muahhhal. smg suci kembali. amin ya rabbal alamin

  2. dimaafkan … 🙂
    semoga Di idul fitri nanti, kita bisa kembali suci …

    dan habis ntu, siap2 ber-blogging ria 😀

    @mikekono : ya mas afwan, mhn maaf lahir bathin

  3. Om, bangun Om! Tuh, ada acara TV fvorit! Azan Mahgrib! Selamat mudik, Semoga bahagia. MAWF!

    @mikekono : huahahahaa……..tadi ada acara TV tak disukai, imsyak. Heheheee. Thanks anthin

  4. Minal Aidin Wal Fa idzin, Mohon maaf lahir dan Bathin. Selamat Idul Fitri Abang. Hati hati di Jalan dan salam untuk semua keluarga besar.
    Terimakasih
    Yulis & Keluarga

    @mikekono : thanks atas doanya mbak. smg mbak dan keluarga sll bahagia, salam hangat tuk om Marvin

  5. minalaidin walfaidzin..mohon maaf lahir dan bathin

    Tatang, Yessy, Tangguh Muchtar

    Agak gak percaya di mata berkaca kaca..pasti abang kibul 😛

    @mikekono : sama2 met lebaran, maafnya diterima…..puasa nih yes, masya gue dibilang ngibul…..? heheheee

  6. selamat lebaran , dan bertemu sanak keluarga di kampung ya ..

    di tunggu cerita2nya ( photonya juga ) 🙂

    @mikekono : oke my sister, thanks atas atensinya……

  7. Taqoballohu Minna Wa Minkum. Selamat Idul Fitri 1429 H, semoga amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima Allah Swt. Amin.
    Mohon maaf lahir batin atas semua kesalahan, baik khilaf kata maupun khilaf pikiran.

    @mikekono :smg mbak Tuti dan keluarga kembali pada fitrah……..thanks mbak

  8. maf lahir batin pak..maaf yah pak kalo ada salah dalam kalimat, kata, komnetar yang tidak berkenan atau yg salah tulis 😀 hehehe 🙂

    @mikekono : sama-sama, sy jg mhn maaf kpd mas arul. thanks

  9. iya ga kerasa ramadhan segera berakhir, mudah2an kita diberi umur panjang bertemu ramadhan taun depan.

    Taqoballohu Minna Wa Minkum. Selamat Idul Fitri 1429 H

    @mikekono : thanks mbak……ya semoga kita diberi kekuatan dan konsistensi tuk menjalankan perintahNya. Amin

  10. Iya, bang.. Sami-sami nggih.. Btw, aq tetep bs nge-blog, mobile version..mksudna, dimana ada warnet, disitu bs blogging.. Hehe.

    @mikekono : di kampung saya, klo lebaran warnetnya bs libur seminggu mas arief. heheheee
    sami-sami nggih

  11. minal aidin walfaidzin..mohon maaf lahir dan batin. selamat lebaran 🙂

    @mikekono : thanks nie……sie sieh

  12. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    Salamku.
    Langitjiwa dan keluarga.

    @mikekono : sami sami mas andra. thanks

  13. Mohon maaf lahir bathin ….
    Sebentar lagi ramadhan telah usai…semoga ibadah kita dalam ridhaNya..

    @mikekono : amin ya rabbal alamin,……minal aidin wal faidzin Bunda

  14. meski baru beberapa hari kenal, lewat dunia maya yang luas ini,,tapi saia tetap kudu minta maaf sama mas mikekono..mungkin selama silaturrahmi antar blogger ini terjalin, ada kata2 saia yang gk enak didenger..:D
    minta maaf yaa…

    @mikekono :sama2 adinda….mari kita saling bersilaturrahmi menuju kebaikan

  15. maaph diterima…..
    heheheee

    maaphin Q juga ya…… 🙂

    @mikekono : hehehehee…..thanks

  16. Maafin saya juga ya mas jika ada salah ketik dan salah komen

    @mikekono : ya sama2 mas

  17. amiiin. selamat menyambut hari kemenangan, mas agus, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin, semoga Allah berkenan mengembalikan kita kepada fitrah-Nya, amiin. salam buat keluarga.

    @mikekono : ya semoga kita semua kembali pd fitrahNya. amiin

  18. mohon maaf lahir batin… 🙂

    @mikekono : bujur turang. mejuah-juah

  19. Bukan bermaksud mempercepat waktu, tapi jaga2 jika tepat pada awal Syawal belom bisa nge-blog dulu, maka, saya, AriefDJ™ dengan ketulusan dan segala kerendahan hati mengucapkan :
    “Taqobbalallohu minna wa minkum..
    Minal Idzin wal faidziiiinn….
    Maaf lahir bathin..”

    @mikekono : sami sami mas, sy jg mhn maaf lahir dan batin

  20. hati2 yah,jangan lupa oleh2nya

    @mikekono : oke…..den

  21. minal aidin walfaidzin
    mohon maaf lahir dan batin

    @mikekono : ucapan yg sm disampaikan kpd mas Yudhi

  22. salam kenal
    mohon maaf lahir batin.

    @mikekono : salam kenal juga, thanks

  23. Selamat berlebaran ya maaf , lahir dan bathin ya 🙂

    @mikekono : ya, makasi adinda ely

  24. Sama2 bang, mohon maaf lahir & batin juga untuk kata dan laku yang tak berkenan 🙂

    @mikekono : ya thanks, smg indira happy berlebaran di Aussie

  25. komunitas pencari kebenaran tandanya adalah tidak merasa paling benar dan selalu merasa salah sehingga harus selalu menghela maaf dalam hembusan nafasnya.

    sekelompok makhluk yang pasti punya salah mempunyai kebiasaan terbaik saling memaafkan untuk menjadi mengerti dan memperbaiki.

    itulah kita, manusia.

    @mikekono : betul mas, yg namanya manusia psti punya kesalahan. so, kt hrs slng memaafkan

  26. Saya sering sekali berkata kata yang tidak semuanya indah, kadang saya salah, mungkin riya, mungkin sedikit dusta … dan saya mohon untuk dimaafkan segala kesalahan saya yah 🙂

    Minal aidin wal faidzin … maafkan saya lahir dan batin karena beginilah kewajiban kita sebagai hamba untuk meminta maaf dan memberi maaf.

    Rindu [a.k.a -Ade-]

    @mikekono : sama-sama mbak ade, saya juga menyampaikan maaf nan tulus buat mbak Rindu.

  27. Assalamu’alaikuuuuum…,

    *Sebelum Ramadhan melintas batas,
    **Sebelum Syawal menebar fajar,

    Kami datang kehadapan “Toean Agoes” berbajukan tulus bersandal ikhlas menggendong bakul kosong sambil bertutur “ Isilah Bakul Kami ini dengan Maaf Lahir dan Bathin”.
    Agar Jiwa ini nyaman dalam perjalanan pulang, Terimalah THR ( Tuntunan Hari Raya ) dari Daffa & Opa “Selamat Idul Fitri 1429 H , minal aidin wal faidzin”, semoga kita dipertemukanNya kembali dengan Ramadhan taon depan, amin ya rachman, yaa rachim, amin yaa maha perancang segala peristiwa.

    Wassalamualaikum,
    Daffa & Opa

    @mikekono : THR dari Daffa dan Opa sungguh menyejukkan hati. Thanks

  28. SELAMAT IDUL FITRI
    1429 H

    MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

    Dari : sonyssk/kel.

    @mikekono : bujur mas Sonny

  29. Selamat Idul Fitri, 1429 H
    Mohon maaf lahir dan batin.

    @mikekono : thanks mas Singal. Horas, njuah-njuah

  30. TAQOBALLAHU MINNA WAMINKUM. DI HARI YANG FITRI INI MARI KITA JAGA KESUCIAN HATI MENUJU KEMENANGAN SEJATI. http://fikri-akbar.co.cc

    @mikekono : thanks mas fikri

  31. accepted… \(^o^)/
    maafin saya juga ya, bang.
    lahir dan batin
    0-0
    🙂

    @mikekono : thanks, maaf dinda fannie jg sy terima dgn lapang dada

  32. Bismillahirrahmanirrahim

    Assalamualaikum wr wb

    Selamat hari Raya Idul Fitri 1429 H.

    Mohon maaf atas semua salah, khilaf, tulisan yang menyakitkan hati, menyinggung perasaan, serta bersitan-bersitan hati yang pernah berprasangka.

    @mikekono : tks, mas arif. salam kenal

  33. Sebagai orang yang suka nyampah2 di blog ini (panjang2 pula), dengan penuh kerendahan hati, saya mohon maaf kalo ada kata-kata saya yang kurang berkenan dihati mohon dimaafkan yahhh…

    Selamat berbagi kasih, selamat saling memaafkan, dan selamat meleburkan rasa dalam kebersamaan dengan keluarga dan kerabat,

    Salam hangat,
    Silly

    @mikekono : ya ucapan maaf senada juga sy sampaikan buat mbak silly. thanks atas semua comment yang cerdas dan menyejukkan hati. Gbu

  34. matanya berkaca2 beneran kah? klo iya jadi terharu juga nih 🙂

    @mikeko : ya beneren nih…..terharu. makasi ya dinda

  35. meski baru kenal, minal aidin juga ya pak 🙂

    @mikekono : sama-sama, thanks ya shierlyn

  36. hans miller banureah

    MAAF LAHIR BATIN

    @mikekono : bujur silih, sy dan keluarga jg menyampaikan maaf lahir batin utk silih dan keluarga

  37. mohon maaf dzahir dan bathin ya…
    taqabbalallah minna wa minkum 😀

    @mikekono : sami-sami mas. maturnuwun

  38. maaf lahir bathin :d

    @mikekono : samo-samo…..

  39. pasti dimaafkan,maaf lahir bathin juga yaa…

    @mikekono : ya, nina jg pasti dimaafkan

  40. Allahu akbar walillahil hamdu..
    🙂
    Met Idul Fitri juga ya..

    @mikekono :ya met idul fitri jg buat Namada dan keluarga

  41. bang,
    maaf lahir dan batin ya 🙂

    *masih menunggu THR nya* hehehe

    @mikekono : kesalahanmu lumayan banyak, tp udah dimaafkan kok. THR = Tuntunan Hari Raya….
    heheheee……..kl THR yang itu…., ntar dikrm via email ya

  42. Bang Mike, wake up… Sahur ! Sahur ! Eh, salah.. Onlen bang.. Onlen.. Ditunggu easy tuh, minta PR dia… Ke ke ke..

    @mikekono : heheheeee……baru onlen nih mas.
    PR apaan tuh mas arief, si easy nunggu THR, tulungin dl mas, mungkin di tempat mas masih banyak sisa tukeran duit recehan kemaren, heheheee

  43. Hello2x…… Bang Mikekono

    MINAL AIDIN WAL FAIDZIN
    MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN ….

    @mikekono : hello juga………..thanks mbak pinky

  44. maaf bang sedikit telat, namun karena masih bulan syawal maafkan segala khilaf lahir batin yah bang ^^
    @mikekono :sm2, abang jg minta maaf sm dinda Icha.thanks

  45. sama kyk icha, maaf telat ya bang.

    Mohon maaf sedalam2nya kl ada kata/tulisanku yg ga berkenan 🙂

    @mikekono : tersebab adinda Ida orang yang baik budi dan rendah hati, mustahil melakukan kesalahan sm abng. so, tak ada yg prl dimaafkan……heheheee

  46. bang aguuuuuussss…a.ka.bang miikeeee…..:)

    aduch maaf yaa..maaf banged,mumpung masih syawal nee:
    “jamBangan indah lagi berseri,menjadi hiasan dihari naN suci.tulisan kukiriM sebagai pengganti diri tanda ingatan tak layu dihati..”
    ~mohon maaf lahir bathin yaa bang,jika ada tutur&komen yang tak berkenan….~

    maaf baru mampir,kmrn2 langsung sibuk ma kerjaan coz seminggu ditinggalkan jadi belum sempet mampir..afwan yaaa……??

    makasihh..:)

    @mikekono : klo sy sih no problem, wl wi3nd telat berlebaran, akan selalu abng terima dengan lapang dada, tp itu tuh….mas ariefdj yg rewel, “kok si wi3nd ngga nongol2 ngucapin minal aidin wal faidzin,” sungutnya suatu ketika di hari nan hujan turun itu.

  47. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga lenyaplah segala coretan di dalam hati.

    Popop
    Coretanpinggir

    @mikekono : sy jg minta maaf mas…….thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: