Keindahan tak Selalu Menarik


Keindahan tak selalu menarik….! Keindahan alam dan kecantikan seorang wanita, tidak selalu membuat kita betah berlama-lama memandang serta memelototinya.

Toba Lake di Sumatera Utara diakui sebagai salah satu danau terindah di Asia Tenggara atau mungkin di jagad raya. Tetapi entah kenapa saban kali berkunjung ke sana, saya tak betah berlama-lama. Ingin segera bergegas pulang.

Bisa jadi hal ini disebabkan situasi dan fasilitas yang terdapat di sekitar Danau Toba itu tak terlalu menyenangkan, misalnya di sepanjang jalan sering terlihat onggokan sampah.

Di tempat indah nan bersih juga tak selalu menarik dan ingin berlama-lama di sana. Ketika berkunjung ke Bali selama sepekan sekitar 4 tahun silam bersama teman-teman– satu di antaranya Toga Nainggolan (author Nesiaweek)– kami mengunjungi hampir semua tempat wisata di Pulau Dewata nan kesohor itu.

Betul, keindahan alam di Bali teramat sangat memesona, tetapi entah kenapa saya juga tak merasakan kesan yang sangat mendalam dan hingga kini tak terlalu bersemangat jika diajak berkunjung ke sana.

Hal itu bermakna, keindahan atau merasa indah itu ternyata sangat tergantung pada perasaan dan suasana kebatinan kala itu. Berada di gubuk tengah sawah, bisa jadi akan terasa lebih indah dan syahdu, karena saat itu tengah berduaan dengan seseorang yang sangat disayangi.

Berdua dengan perempuan cantik di suatu tempat mendadak menjadi sangat membosankan dan ingin segera mengucap adios, karena tiba-tiba saja muncul perasaan tak pede dan kesulitan untuk memulai dialog yang cair dan penuh keakraban.

Tetapi di saat lain kala berdua dengan perempuan yang bergincu ala kadarnya dan berbusana produk Pajak Petisah Medan,  mungkin akan dikenang sebagai salah satu saat paling indah di sepanjang hayat, karena suasana pertemuan begitu mencair dan semua lalu lintas percakapan berjalan dengan lancar dan penuh canda apa adanya alias tak terkesan dibuat-buat bak gaya Cinta Laura.

Keindahan ragawi atau pesona alam, memang indah tapi tak selamanya menarik. Suatu ketika berkunjung ke museum bersejarah atau malah melihat ikan-ikan berseliweran di kolam dekat rumah akan terasa lebih menarik dan menyenangkan hati.

Bagi saya kalau bisa berkunjung ke stadion Anfield Liverpool, Nou Camp Barcelona atau bertemu dengan Hillary Clinton, Nurul Izzah, Kajol, Ahmadinejad, Shahrukh Khan,  atau Diego Maradona,  mungkin akan menjadi pengalaman paling indah dan mengesankan. Kl bertemu dengan George Bush, Cinta Laura atau Pamela Anderson, ahhhh…..ntar dulu lah.

Sementara bagi seorang nenek bermain dengan cucunya yang masih berumur 5 atau 7 tahun, bisa jadi merupakan keindahan yang selalu dirindukan. Keindahan tak selalu menarik. Keindahan akan terasa indah kalau jiwa (nafs or soul) atau mind set  (cara berpikir) kita selalu memandang kehidupan sebagai sebuah proses pembelajaran agar lebih mengetahui dan senantiasa mensyukuri semua yang diberikanNya. Monggo…..

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 13 September 2008, in Budaya, Kehidupan, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 40 Komentar.

  1. Setiap keindahan perhiasan dunia
    Hanya istri sholehah perhiasan terindah

    setiap keindahan yang tampak oleh mata ,itulah perhiasan perhiasan dunia (sori numpang nyanyi)
    -met kenal yah

    @mikekono : wuaalah itu sih lagunya king of dankduth Rhoma Irama

  2. Ya…,keindahan itu tidak hanya untuk dilihat tetapi juga untuk dirasakan… 🙂

    @mikekono : setelah dirasakan baru terasa lebih indah dan bermakna

  3. belum pernah berkunjung ke danau toba. jadi belum tau apa betul danau itu menarik 😀

    Buat saya keindahan itu bergantung pada suasana hati.
    Tak harus berada ditempat yang indah selayak danau toba, berada didalam pasar ikan yang becek nan kumuh pun bisa jadi menarik karena saat itu saya berdua dengan Ibu memilih-milih ikan. tak peduli tangan ini ikut amis dan becek yang ikut menempel di jeans kesayangan, moment kebersamaan itu membuatnya menjadi indah. padahal berada ditempat yang tak indah.

    #tapi bang, kalau saya disuruh pergi kepasar ikan sendirian, keknya yang ada cuma menggerutu kesal :D. udah becek, amis, plus lagi tukang2 ikan itu akan sibuk menggoda… ugh..

    @mikekono : betul, keindahan tergantung suasana hati. kl ke pasar ikan, ya jangan sendirianlah

  4. begitu juga yang menarik tak selalu indah kan bang..

    @mikekono : kl menarik biasanya pasti indah dan bikin adem

  5. Mengukur kadar indah dan menarik tentang sesuatu objek memang tak semudah mengukur kadar timbal balik yang keluar dari knalpot mobil.

    Sebab parameternya menggunakan perasaan, sich!

    Seperti saya misalnya, meski banyak yang ‘memanas-manasi’ istri saya kok ‘betah’ punya suami yang tampangnya macam Brad Pitt, …hehehe

    @mikekono : betul sekali mas gus……perasaan melahirkan keindahan……, sprt perasaan istri sampeyan itu yang merasa anda bak Brad Pitt…….Brad Pitt dari Angkola, hahahahaaaa

  6. semua emang tergantung suasana hati. ekstrimnya, ibarat kata pepatah, kalo sedang jatuh cinta dunia terasa milik berdua… yang lain ke mana?
    @mikekono :hehehee……pengalaman pribadi nih ye

  7. Selama ini saya belum pernah ke Danau Toba, Sayang ya kalau keindahan alam itu terkotori oleh sampah. Semoga dinas kebersihan SUMUT segera bertindak. thanks

    @Mikekono : Danau toba sangat indah, sayangnya tdk dikelola dengan profesional. thanks mbak

  8. Mungkin ke Danau toba di Parapat terasa biasa saja, tapi kalau ke Tuk Tuk di pulau samosir yang hotelnya punya private pantai dan kamar yang menghadap danau, duuhhh seminggu juga betah kali yahhh….., baru sampe aja cuma naruh barang2 ke kamar langsung nyebur ke danau asli kerennnnn. atau naik sepeda menyusuri desa… behhhhh eksotis kata yang paling ceucok….

    So buat Easy, you have to come to Toba Lake……

    Dan soal pingin adios sama cewek cantik karna tak nyambung, sama seperti perempuan yang kenalan sama cowok super duper ganteng tapi udah nyombongin kerjaan dan sengaja ato tidak dia menyebut aset dan pendapatannya. Behhh seharusnya si ganteng itu harus bawa ember, karena saya akan muntah pastinya..

    Setiap orang punya selera masing2….. kesenangan masing2, kalo orangnya suka shopping diajak ke Tuk Tuk sakit kepala dia, cocoknya ke Sgpore, Kalo suka wisata budaya dan sejarah cocok ke Malaka, tapi bagi yang ga suka, tu trip diperpanjang 1 hari bias buat dia kena gejala stroke….

    Kalo semua suka akan hal yang sama, ya repot atuhhhh….:P

    setuju kah dengan saya? 😉

    @mikekono : setuju……setuju……!
    iya ahhhh, payo kap si kataken ndu e turang. Tuktuk ? lengnga kap pernah aku ku je, adi ku jah kari kam, ngata kam, ntah baci ka aku numpang i bangku tempel…….mejuah-juah

  9. Kalo saya…
    Bertemu dengan istri tercinta di Jogja di setiap akhir pekan adalah saat2 yang pasti akan membuat jiwa ini tentram.

    Btw..
    Belum pernah ke Danau Toba, semoga suatu saat nanti bisa jalan-jalan ke sana (tentu bersama istri), biar gak ‘bingung’ kalo ketemu “Cinta Laura” disana, hehehe

    @mikekono : anda patut diteladani karena selalu sayang dan menomorsatukan istri…good good

  10. bener…gak usah nyari yang cantik-cantik…atow cakep2…
    kunjung balik ye…

    @mikekono : ya bener itu, thanks

  11. keindahan memang berkaitan dg nilai rasa, mas agus. nilai rasa setiap orang kayaknya juga beda2. orang yang sedang jatuh cinta, sepertinya akan memandang sesuatu dengan segaa keindahan cita rasa, hehehe 😆 bisa jadi perasaan mas agus sedang ndak mood sama situasi yang tengah berlangsung, hehehehe 😀

    @mikekono : mas sawali macam paranormal beneran aja, kok bs dgn pas menebak sy lg nggak mood. heheeee, thanks. 😀

  12. Keindahan yang meringiskan bisa jadi, rawat dan peliharalah keindahn sehingga betul-betul menjadi indah. Salam.

    @mikekono : betul mas……rasa keindahan perlu dirawat dan dipelihara. wassalam

  13. Keindahan itu adanya di hati bukan di Indera!
    Perhatikan orang yang tak dapat melihat, apakah bisa menyebutkan pemandangan danau itu Indah?

    Tingkat kepuasan manusia sampai kapanpun….manusia tak pernah merasa puas dengan keindahan yang pernah dilihatnya. Sekalipun harus merubah batu menjadi emas.

    Inilah kekurangan yang kita miliki, saat kita sudah bisa menikmati keindahan, kita inginkan keindahan lainnya.

    @mikekono : ya, keindahan ada di hati. setuju dengan pndapat pakde

  14. Keindahan..relatif tergantung suasana hati dan gairah jiwa..bahkan melihat padi menghijau di sawah yang terhampar luas itupun merupakan suatu keindahan yang tak terhingga 😉

    @mikekono : ya juga ya, padi menghijau pun terasa indah….asal jngn padinya super toy

  15. suasana hati sangat berpengaruh pada apa yang kita lihat 😀

    @mikekono : yesss……thanks miss l34h

  16. Mungkin kalau setiap waktu kita bisa ke sana ya bosanlah. Turis mancanegarapun kalau sering ke suatu tempat ya dia bosan juga kalau tidak ada perubahan.

    Sama seperti banyak misi kesenian kita di luar negeri yang udah ge-er duluan karena sering mendapat sambutan meriah. Mereka mungkin tidak sadar bahwa mungkin mereka tertarik karena kesenian kita dianggap unik karena mereka jarang melihatnya. coba kalau keseringan juga pasti mereka akan bosan. Walaupun mungkin ada satu dua orang yang benar2 kagum dengan kesenian kita…… 😀
    @mikekono : kalaupun sering melihat, tetapi kalau suasana batin lagi adem, semuanya teuteup terasa indah

  17. beda individu beda juga caranya memandang suatu keindahan khan ? 🙂

    @mikekono : ahhh…..mbak kok makin bijak aja..

  18. Keindahan adalah keindahan… Sesuatu yang sangat sangat subyektif bagi setiap pribadi…
    Buat saya pribadi, alam, kesederhanaan, cinta dan kasih sayang adalah keindahan yang luar biasa…

    @mikekono : karena subyektif, maka standar keindahan beda2,….. thanks

  19. tidak ada keindahan abadi ya..apalagi sekarang keindahan yang direkayasa buanyaak.maka kita harus hati2. Cantik di rekayasa dgn operasi,putih kulitnya dengan suntik…
    yang harus dicari adalah keindahan milik Tuhan,insya Allah abadi …Suatu saat harus ke Danau toba nih…yang konon begitu indah

    @mikekono : betul bunda, tak ada keindahan yang abadi, selain milikNYA. comment yng mencerahkan……..nanti kl mau ke Danau Toba, bs disiapkn guide and driver, hehehee……

  20. bang.. kalo aq, sepertinya akan merupakan pengalaman yg indah dan menakjubkan jika ketemu dengan Siti Nurhaliza… atau, bisa nendang bola di Old Trafford..

    @mikekono : kl mas arief nanti mau ketemu siti nurhaliza, mbok ya ngajak2 lah, jngan makan sendiri….heheheee

  21. Ke Sorowako aja bang pasti seneng dehh
    nongkrong di atas danau Matano…
    Tergantung mood emang ya kalo lagi “on”, mandangin bunga dihalaman aja udah seneng…
    sebaliknya, kalo lagi bad mood, mau dibawah terbang keangkasa juga pasti gerah, kalo udah gitu mending tepekur di kamar ….
    Kalo aku pengennya ketemu Pierce Brosnan

    @mikekono : ke Sorowako & danau Matano ? wuiiih pasti akan menyenangkan,……..kapan ya ?
    kl mbak pengen ketemu Pierce Brosnan, aku ketemu Michelle Pfeiffer atau Monica Bellucci aja pun jadilah

  22. bettul bang semua tergantung suasana hati/feeling,N suasana kantong soalnya k-lo lg bokek duduk2 diteras rumah rasanya asik2 aja hehe..

    @mikekono : makanya ada pemeo : ada uang abang disayang…….

  23. Keindahan juga subyektif, tergantung dari selera dan mind set orang yang menikmati keindahan tersebut. Bagi saya, seorang nenek keriput yang memanggul beban berat hingga terbungkuk-bungkuk adalah obyek foto yang ‘indah’. tapi bagi orang lain mungkin tidak. Begitu juga, Cinta Laura (siapa sih itu?) mungkin indah bagi orang lain, tapi tidak bagi Mas Agus.
    Yo wis ben, ra popo ….

    @mikekono : setuju sekali……mbak tuti, daripada ketemu cinta laura, aku lebih memilih bertemu gurunya Andrea Hirata, siapa ya namanya ? Bu Muslimah ya ? Ketemu penulis Laskar Pelangi yg tak ngganteng itu pun pasti terasa berkesan, piye mbak ? wis nemu yo

  24. bang..
    bangunnnnnn

    @addduuuh……berisik kalipun !
    ntar dulu tidurnya tanggung nih, soalnya td mimpi jumpa bidadari

  25. keindahan itu trgantung bagaimana cara kita memandang keindahan itu sendiri…….

    @mikekono : hmmmm…….tp ada jg keindahan yg berlaku universal

  26. keindahan akan terasa lebih indah kl dinikmati bersama org2 yg kita kasihi.

    @mikekono : akan terasa lebih indah jika yang dikasihi jg mengasihi kt dgn tulus…..dlm situasi dan kondisi apapun,…..ma kasih dinda Ida

  27. jadi pengen ke Medan
    tempat nya si Keisha
    moga aja bisa tahun depan…
    Amin…

    @mikekono :…..aku malah pengen ke Ngadirejo Kediri,

  28. *ngaca…*

    saya indah gak yah? 🙂

    @mikekono : pasti indah lah, seindah namanya

  29. bidadarinya bertattoo ga bang? 😀

    @mikekono : tattoonya bergambar butterfly, dan ada tulisan ‘doamu harapanku’

  30. Betul suasana hati mempengaruhi apa yang kita lihat and suasana kantong juga mendukung … he3x….

    @mikekono : hehehee…….thanks pink

  31. wew dalem kata2 penutupnya ….

    memang manusia itu selalu mengalami kebosanan…. 🙂

    @mikekono : bosan karena terkadang kt tak sedang butuh keindahan.
    thanks atas apresiasinya mas afwan

  32. apa yang dilihat tentu akan beda apa yang dirasakan…!!!

    @mikekono : hmmm, thanks my friend

  33. Mata kita juga tidak akan tertipu dengan segala keindahan sementara yang hanya memberikan kepuasan sementara yang ditawarkan oleh dunia untuk memperbudak kita di dalam ketergantungan 😉

    @mikekono : betul appara, seringkali kita lbh suka mengejar kepuasan sesaat dn melupakan kepuasan nan abadi

  34. …. tidak selalu membuat kita betah berlama-lama memandang serta memelototinya.

    Setuju Pak Agus!!.. apalagi kalo lagi sakit gigi ya Pak Agus!

    @mikekono : hehehee….kl lg sakit gigi, kacau semua dah

  35. Kebetulan, guru si Ikal, Bu Mus itu orangnya lumayan sedap dilihat. Lha kalau Andrea, biarpun badannya kecil, tapi kyut (‘cute’ maksudnya …. weleh). Mendengarkan bicara Andrea juga asyik kok. Ohya, tentu saja intelektualitasnya cukup tinggi, wong lulus master dari Sorbone gitu lho …

    @mikekono : daripada memandang bu mus, mending mandangin mbak tuti. hehehehee

  36. keindahan muncul dari rasa suka dan nyaman. Jika dua duanya gak muncul, keindahan itu hanya akan menjadi hal yang biasa..atau justru di hindari…

    @mikekono : setuju yessy….ya diperlukan perasaan suka

  37. Beauty came from our heart…

    Keindahan itu baru terasa indah kalau kita belaja melihatnya dengan kacamata hati, bukan dengan apa yang terbentuk dalam masyarakat

    Misalnya cantik itu putih, tinggi, langsing, singset… ahhh, kata siapa?… itu khan hanya pola pikir yang dibentuk oleh kaum kapitalis kita… mereka diuntungkan dengan pembentukan image seperti itu…

    Padahal sebetulnya menurut saya, kecantikan, keindahan… akan terpancar dari hati yang benar2 merasa nyaman akan dirinya sendiri, except his/her self with gratefulness.

    Dan sudah pasti, siapapun yang berada didekatnya akan merasa nyaman, dan akan merasakan KEINDAHAN itu.

    KEBAHAGIAAN, HAPPINESS itu juga datangnya dari hati, benar kata abang, suasana hati sangat menentukan ketika kita berada disatu tempat, atau sedang bersama dengan seseorang…

    It’s all about our Mind and Soul… And if they dancing in the same song… with harmony… apapaun lingkungannya, dan dengan siapapun kita berada… Kita akan merasakan kedamaian itu.. PEACEFULNESS… 🙂

    Semoga saya juga bisa mendatangkan kedamaian disini… 🙂

    Peace on earth.

    @mikekono : pffuuihhhhh……komen yang menyejukkan hati dan memberikan kedamaian. Damai di sini……smg jg damai di sana dan damai di mana-mana. Perempuan yang bisa memancarkan kedamaian dari dalam dirinya pastinya akan selalu menarik bagi siapa saja kapan dan di manapun. Absolutely…….u r comment give a peace

  38. Keindahan itu sangat subyektif bang. Setiap orang akan memandangnya dari sudut pandang yg berbeda..tak akan pernah sama walaupun keindahan tersbut dianggap universal. Buat saya keindahan hati adalah awal dari segala keindahan. Kenapa Pulau Bali dianggap indah dan berkali2 dikunjungi, sedangkan Rumah Allah yang menawarkan keindahan akhirat nyaris tak berpenghuni di luar bulan suci Ramadhan? ironi kan bang?

    @mikekono : tertegun aku membaca pendapat mbak. Adinda semakin bijak saja selama live in Aussie ya…..gracias

  39. Bang kalo Indah teman saya menarik bang. Orangnya baik, sholehan, pintar, cantik luar dalam, pokoke idaman pria masa kini deh (promosi) 🙂 🙂 🙂

    Hahaha…nggak nyambung yach…sory bang cuma intermezo….

    Bang, buat artikel tentang daerah2 terpencil dan punya kebudayaan yang khas dong bang. Biar para pembaca bisa tahu banyak hal mengenai suku dan budaya Sumut yang mungkin sampai sa’at ini masih jarang diexpose….ditunggu yach bang artikel….

    Best Regard,
    Bintang
    http//elindasari.wordpress.com

    @mikekono : mbak linda kayaknya pasti indah tuh. ya, insya Allah akan dibuat…..pasca lebaran

  40. yakinkan dalam hati kita bahwa segalanya adalah indah dan menarik…..apapun itu….sulit? pasti…karena kita belum terbiasa melakukannya….mengelola hati adalah hal biasa yang luarbiasa….karena kadang kita nggak percaya sih…..kita takut pada kemudahan ,,,keindahan …kemenarikan….dan segala anugerah…karena kelola hati kita yang masih salah…..
    so,ngapain nunggu…..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: