Indonesia Butuh Presiden Baru !


Ajang perhelatan pilpres 2009, sudah di ambang pintu. Sejumlah nama pun sudah mulai kasak kusuk mempersiapkan diri. Mereka sering nongol di televisi dan rajin turun ke bawah (turba). Begitulah tabiat politisi kita, selalu ingat rakyat jelang Pemilu saja.

Sayangnya, nama yang muncul itu-itu saja. Sebutlah misalnya SBY, Megawati, Jusuf Kalla, Amien Rais, Wiranto, Prabowo Soebianto, Sutiyoso, Sultan Hamengkubowono X, Akbar Tandjung, dan Gus Dur.

Dari semua nama di atas, sudah jelas rekam jejaknya dan masing-masing punya plus-minus. Dengan kata lain, semuanya tidak ada yang benar-benar bisa diharapkan membawa Indonesia menuju perubahan revolusioner (ke arah kebaikan).

SBY, yang dulu begitu diyakini akan mampu memberi perubahan signifikan peningkatan kesejahteraan rakyat. Ternyata prestasinya biasa-biasa saja. Bahkan bisa dianggap gagal, sebab di masa SBY yang menonjol justru bencana, kenaikan harga BBM, dan pemberantasan korupsi yang cenderung ‘tebang pilih’.

Sementara saat Megawati menjabat Presiden juga sama saja. Tak ada prestasi yang bisa dibanggakan. Justru putri Bung Karno ini sering disorot karena sejumlah BUMN dilego, serta style kepemimpinannya yang dianggap kurang komunikatif, karena istri Taufik Kiemas ini cenderung ‘pelit bicara’.

Amien Rais, sebenarnya masih bisa diharapkan sebagai pemimpin baru Indonesia, karena sosoknya yang berbeda ; memiliki kecerdasan di atas rata-rata, punya keberanian (melawan Barat), serta relatif bersih dari KKN dan dosa politik di masa lalu.

Sayangnya, seperti halnya Wiranto dan Megawati, Amien telah pernah gagal saat ikut bersaing pada Pilpres 2004 lalu. Orang yang sudah pernah gagal, sulit untuk bisa comeback. Lagi pula usia mantan Ketua MPR ini sudah relatif tua.

Sementara yang dibutuhkan rakyat Indonesia adalah pemimpin atawa presiden yang betul-betul baru. Presiden baru yang fresh, muda, energik, dan memiliki kapasitas mumpuni dalam memimpin. Kualifikasi pemimpin baru dimaksud mungkin seperti sosok Barack Obama (AS) atau Medvedev (Rusia).

Figur seperti Obama dan Medvedev, saat ini sulit menemukannya di negeri ini. Para politisi muda yang banyak menghiasi panggung politik nasional saat ini justru sudah banyak terkontaminasi akibat budaya politik tak sehat di Senayan dan di internal parpol.

Sementara mantan aktivis ekstra kampus hingga kini belum ada terlihat menonjol. Di sisi lain, mereka yang dianggap kredibel saat ini lebih banyak menggeluti profesi sebagai akademisi, peneliti, pengamat atau malah ndompleng di bawah ketiak para politisi senior.

Karena dari Golkar, PDIP, PPP, PAN, sulit diharapkan muncul figur Presiden baru Indonesia, harapan satu-satunya adalah menunggu kader terbaik PKS untuk tampil dalam bursa presiden. Sayangnya, PKS juga punya potensi dijadikan sasaran tembak, karena beberapa elite partai itu disebut-sebut penganut poligami ???

Rakyat Indonesia sangat mendambakan kehadiran presiden baru. Sayangnya, harapan itu bak sebuah mission impossible. Karena rakyat tak punya pilihan lain, besar kemungkinan SBY akan kembali terpilih sebagai presiden periode kedua. He’s, the best from the bad.

Iklan

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 3 September 2008, in Politik and tagged , , , . Bookmark the permalink. 41 Komentar.

  1. He’s the best from the bad ? … duh 😦

    @mikekono : ??? yeahhh, it’s really

  2. pemimpin seperti apakah yang diharapkan !?!?

    tapi bagi saya, bukan soal pemimpinnya saja…..
    tapi lebh kearah sistemnya, krn presiden hanya menjalankan sistem yang sudah ada……
    so, klo mau berubah sistemnya juga harus berubah … 😀

    @mikekono : sistem sdh bagus, kl figur presidennya tak becus sama saja.
    Lihat misalnya George Bush Jr, sistem bagus, tp kerjanya amburadul

  3. ya udah ..gini aja..abang jadi tim sukses aku ya…aku mencalonkan diri jadi presiden niiiii

    *Bletak!!!*

    @mikekono : presiden ? presiden republik antah berantah

  4. Kenapa ya poligami malah sering jadi masalah ?.. kalo menurutq sih, daripada ‘jajan’ atau ‘punya simpenan/selingkuhan’ atau ‘mau enak-nya, gak mau anak-nya’ .. he he, ya mendingan poligami gitu loh.. ehh.. maap, jadi masalah poligami, padahal kudunya bahas ca-pres 2009 ya…

    ah.. sayang tommy soeharto gak mau nyalonin diri ya.. 😀

    @mikekono : iya mas, ini soal presiden baru, bukan soal poligami

  5. poligami emang salah yah?

    @mikekono : siapa yg bilang salah ?

  6. sekarang banyak muncul wajah baru. rizal mallarangeng, budiman sudjatmiko, fadjroel rahman, dst. tp kok risih jg ya melihat mereka kesannya begitu bernafsu.

    gimana kalo kita pilih enda saja sbg presiden. dia kan sudah terbukti sbg presiden blogger indonesia. 😀

    @mikekono :ya, mari kita tunggu sama sama. mungkin msh ada wajah baru yg lbh mencerahkan

  7. gimana kalo presidennya kayak Ahmedi Najad yang penuh dengan ketaqwaan, kesederhanaan namun tegas dan berani??

    @mikekono :se7, orang sprt Ahmadinejad cocok memimpin Indonesia

  8. Insyallah rahmat allah tercurah ke bangsa indonesia dalam meraih tampuk kepimpinan yang amanah

    @mikekono : ya, Indonesia butuh pemimpin yang amanah

  9. aku siy..berharap yang terbaik aja bwt negri tercinta ini (^_^)

    @mikekono : ya ya ya setuju kali Nin. terbaik buat negeri. cocok itu

  10. wah, saya juga ndak tahu nih, mas agus, kenapa sosok2 muda belum muncul juga, yah. rata2 yang mau dalam ajang perebutkan kursi RI 1 adalah figur2 lama yang sudah sama2 diketahui track-recordnya, belum sanggup membawa perubahan yang berarti. mudah2an para politisi kita punya wisdom utk menampilkan sosok kaum muda yang punya semangat utk melakukan perubahan.

    @mikekono : betul mas, kt menunggu sosok muda yg mau melakukan perubahan.

  11. next president should be handicap!!
    (red:culas handicap)

    @mikekono :culas handicap ? Hmmm

  12. ya semoga kita bisa segera menemukan sosok ‘obama’ di jajaran calon presiden nantinya, who knows? 🙂

    @mikekono : yes, who knows

  13. ahmadinejad mungkin salah satu benchmark yang jelas2 nyata sudah menjabat dibandingkan obama untuk disandingkan dengan medvedev. mungkin kepopularitasan obama lebih dikarenakan status negaranya yang menjadi selebritis negara dan kemampuan obama yang menyentuh seluruh kalangan masyarakat baik kalangan sekular, agama, maupun sosial. namun kalibernya masih sebatas dugaan dan perkiraan.
    di Indonesia saya sedang menyoroti fadjroel rachman, meski mungkin jauh dari kesan populer (yang mana susah untuk menjadi presiden saat ini saat orang berlomba2 mencari kepala daerah artis), namun menyimpan kualitas, meski mungkin hanya dipandang sebelah mata. namun, tanpa itu saya ga tau harus milih sapa. mungkin putih lagi… 🙂

    @mikekono : setuju mas, Ahmadinejad contoh paling riil. Fadjroel Rachman memang patut dipertimbangkan menjadi next Presiden RI, karena sosoknya yg berani dan berkualitas

  14. stop!! tunggu tahun depan.. rizoa mau jadi presiden… !!! merdeka!!! hehehe…

    nggak pantes iah.. 😛

    @mikekono :rizoa pantes jd presiden ???, Presiden blogger

  15. berdoa aja deh, siapapun presidennya, kl ga bisa bikin baek negara ini, at least jangan bikin tambah buruk…

    @mikekono :setuju adinda . Latree makin bijak aja sekarang ya. Di mana belajarnya ?

  16. Saya sangat setuju dengan pendapat Abang mengenai semua pemimpin diatas, sebenarnya saya pribadi ketika pemilihan presiden 2004 tidak memilih SBY juga dan menurut saya beliau juga tidak terlalu brilian hanya sering liat Beliau marah sama para anggota kabinetnya pada saat rapat. Tetapi mungkin seharusnya beri Beliau kesempatan sekali lagi baik berhasil atau tidak berhasil harus mundur setelah 5 tahun ke depan. Jangan beri singgasana kepresidenan lebih dari 2 periode kepada siapapun nanti mereka jadi Otoriter seperti jaman dulu. thanks

    @mikekono :pendapat mbak Yulis sangat arif dan bijaksana. Betul, perlu dipertimbangkan memberi SBY kesempatan kedua. Tp semua itu terserah rakyat sajalah. Kl sy pribadi lebih suka Presiden baru.
    Sekarang, sudah ada UU yg mengatur Presiden RI tak boleh lagi menjabat lebih dua periode.

  17. ya udah deh bang..
    sbg salah satu negara pembajak terbesar (bajak vcd dan dvd).. saya usulkan agar Obama segera dibuat tiruannya :mrgreen:

    @mikekono : tiruan Obama ? Ide yg bagus tuh.
    Tp Abang lbh pengen buat tiruannya Pimbem. Heheheee :mrgreen:

  18. ..indonesia tidak butuh Obama atau Ahmadi Najad..atau siapalah.. untuk saat2 ini.. Sepertinya, negeri ini sedang butuh dipimpin oleh seseorang yang : keras tapi diplomatis, pemberani yang tegas, dan harus bertangan besi… Pintar sih gak terlalu perlu, asal jangan yg bodoh-nya kebangetan ajah..

    @mikekono :setuju mas Ariefdj, kita perlu pemimpin yg tegas dan berani.
    kl bodohnya kebangetan, wuiss, di dunia kaum blogger aja pun nggk bakalan laku. Monggo…

  19. bagaimana kalau capresnya orang Medan ?

    numpang nitip link artikel tentang kisah sedih bocah bernama Mirahel, yang pada Ramadhan ini berbuka puasa tanpa kehadiran ayahnya :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/09/03/mirahel-belum-tahu-bapaknya-dibunuh-oleh-ryan/

    @mikekono :capres orang Medan, bah, cocok itu. Soal link artikel Mirahel, silahkan…dengan senanghati….

  20. butuh orang yang masih muda?
    maksudnya saya ya?
    hahaha
    gak ding…

    susah jadi presiden Indonesia
    bahkan dosen saya pernah bilang, teori manapun susah diterapkan di negeri ini
    jadi mau membangun negeri ini kok rada susah
    *bukannya tidak mungkin… :mrgreen:

    @mikekono : wenny mungkin cocok jd presiden, who knows ? :mrgreen:

  21. Daripada milih yang gak jelas, terus terang ingin rasanya memberikan kesempatan kepada sby yang udah tanggung siapa tau aja dengan menambahkan sedikit waktu programnya bisa rampung dan dan setiap kebijakan yang telah diambil benar2dapat dilihat hasilnya. Walaupun ada kenaikan bbm, jagan lupa kebijakan BLT sebenarnya salah satu kepedulian pemerintah walaupun kebijakan itu selalu diteriaki karena ketidak mampuan beroperasi maksimalnya. Terus terang saya heran slahnya dimana….

    @mikekono :kelemahan SBY : kebijakannya bnyk tak jalan di lapangan.
    sebagai cnth dia sdh perintahkan Pertamina jgn menaikkan harga elpiji, ternyata di pasar harga tetap naik selangit.

  22. untuk mencari sosok presiden yang sempurna emang susah walaupun dicari di kolong lemari sekalipun

    @mikekono : emang menjadi presiden itu tak gampang. Makanya tak akan dicari di kolong lemari ? he (9x)

  23. hidup gusdur !!!

    @mikekono : ngejek gus dur nih ye ! He (9x)

  24. Klo saya pilih Golput saja, maaf
    ini menurut saya

    politik sekarang ini penuh dengan intrik …
    salam dari Atjeh

    @mikekono : golput dalam Pemilu legislatif, silahkan.
    Dalam pilpres, sebaiknya jgn golputlah

  25. No way!!! Not anymore… Not SBY… I prefer a Woman than SBY. I heard that Ratna Sarumpaet will try to be a candidate 😀

    @mikekono : Ratna ? yess,…..she’s a good woman, better than Mega !

  26. Berarti kurang koordinasi kaliyaa, Sebaiknya apa yg harus dilakukan dalam hal ini bang (kebijakan gak nyampe ke lapangan) apa harus ada tim khusus untuk mastiin setiap kebijakan atau gimana jalan keluarnya yaa. jagan2 gak tau kalau pertamina melanggar atau gak mau tau?… jadi sebaiknya gimana dong bang…..

    @mikekono : mestinya SBY agak lbh strong dan tegas dikit lah. Maunya apa yg diputuskan Presiden
    benar-benar terlaksana dgn baik di lapangan. Selain harga elpiji, soal bibit padi super toy jg jd mslh. Kl bawahan tak becus, mestinya SBY langsung menindak

  27. Gitu yaa…. jadi permasalahannya
    “Tidak Strong,Tegas” yaa….
    Andai saja sby sempat baca mengenai hal ini……

    @mikekono : ya begitulah kira-kira. Tanpa sempat membacanya pun, SBY sdh tahu soal itu.
    sebab beliau tahu di tidak tahunya….

  28. Hmmm..
    Andaikan saya bisa… 😳

    @mikekono : maybe, who knows….. hmmm 😳

  29. bang,,
    punya artikel tentang kebijakan pemerintah tak??
    hehehe
    mau donk bang,,
    tingtingting,,

    😉

    @mikekono : artikel tentang kebijakan pemerintah ?. ada nggak ya ?
    ntar tak cari dulu ya….
    tungtungtung,, 😉

  30. @ariefdj
    benar, bukan sosok ahmadinejad yang saya inginkan jadi presiden di Indo, karena mungkin perbedaan kultur ahmadi dengan indo mungkin akan mengurangi kelebihan2 pada diri ahmadi sehingga keadaannya akan sama dengan pemimpin2 kita terdahulu. seharusnya pemimpin muda bangsa kita yang independen dan tegas, disinilah saya setuju 🙂

    @mikekono :exactly, kita butuh pemimpin muda yg tegas sprt ahmadinejad 🙂

  31. klo menurut sy sih kita jangan terjebak dengan pertentangan presiden lama vs presiden baru.. yang terpenting dia mampu membawa negeri ini ke arah yang lebih baik dan maju..

    @mikekono : tp sdh terbukti, presiden lama tak mampu ? piye mas

  32. sedih tuh di phrase terakhir “terbaik dari yang jelek”, mudah-mudahan bukan misi yang mustahil deh

    @mikekono : kebenaran mesti disampaikan wlpn pahit. Ya mudah2an aja. Thx 5ech4

  33. kalau gitu saya dukung mikekono aja deh untuk maju ke kursi kepresidenan RI 2009…

    hidup mike…

    #jangan lupa angkat saya jadi menteri pemberdayaan perempuan 😀
    @mikekono : kl saya jd Presiden, mbak akan diangkat jd Menteri Pemberdayaan Lelaki….heheheee

  34. presiden tuh tergantung rakyatnya,…
    kalau rakyatnya masih suka dibohongin,…
    ya dapetnya presiden yang suka ngebohongin rakyatnya 🙂

    @mikekono : karena tergantung rakyat, mari kita dorong rakyat utk memilih pemimpin yg tak suka bohong…..

  35. Abang beranalisiskah?!, sudah bilang kemungkinan besar SBY, dengan kesimpulan He’s, the best from the bad. Bah…tidak ada lagi kah?!

    @mikekono :masih analisis sementara bang. Maksudnya, supaya kita sama2 mencari yg lebih baik. Cocok, kan bang

  36. Presiden baru tak identik dengan tua muda…Amerika saja walau ada Obama masih menonjolkan Mc Cain. Jadi substansi kepemimpinan bukan pada umur tapi visi apa yang dia bawa. Itu pun harus ditelaah lagi, visi itu apakah muncul belakangan ataukah sudah digenggam sejak ia mulai “berpikir”.

    “Imam” bukan hal yang main-main dan tak bisa dibenturkan dengan wacana ataupun pendewasaan politik. Biarlah itu menjadi konsumsinya para kaum intelektual saja.
    Saya sih tetep setia sama Amien Rais, dengan perhitungan objektif (dan subjektif). Kalau memang, ada orang yang abang katakan itu berani, cerdas, track record bersih, punya visi pula…untuk apa lagi milih yang lain. Soal fakta politik disisihkan dulu saja.

    itu dulu, bang 😀
    @mikekono : kl bicara pada tataran idealisme politik, suka atau tidak suka, hingga kini Amien Rais masih tetap yang terbaik dan paling layak menjadi Presiden RI…..
    betul mas Nirwan, presiden baru bukan soal tua-muda. Tp, faktanya yg tua2 di negeri ini tak ada lg bs diharapkan ?

  37. Saya malah berfikir, Indonesia butuh pemimpin-peminpin seperti Hillary Clinton. Perempuan bersahaja, yang cerdas, tangguh, smart, ramah, have the heart for poor people, dan masih banyak lagi yang kalo saya sebutin disini sampe sahur ntar gak kelar2 bang, hehehe.

    Kekurangannyanya cuma, dia kurang populer dibanding Obama, dan citra suaminya yg sudah terlanjur jelek dimata dunia.

    Tapi jiwa besarnya, terutama ketika dia dinyatakan nyaris kalah, dengan legowo, dia tidak menunggu sampai batas waktunya tiba, dia menyatakan mundur dan menerima kekalahan dengan bersahaja. Juga meminta seluruh pendukungnya untuk mendukung Obama for presiden.

    Bahkan ketika pada akhirnya dia tidak dipilih sebagai calon wakil presiden pun dia tetap meminta pendukungnya untuk sepenuhnya membrikan dukungan pada Obama…

    I adore her so much. Seandainya saja Indonesia punya permpuan seperti dia, saya yakin Indonesia akan jadi negara yang berkembang dan maju pesat.

    tapi siapa yah, Ratna?… ahhh, sepertinya biasa ajah, gak ada yg istimewa pada mbak Ratna…

    semoga ada hillary baru di negri ini…

    silly

    @mikekono : soal Hillary, saya sngt setuju dgn Mbak Silly. Bagi saya, dia jauh lbh baik dibanding Obama dan McCain. Apalagi Sarah Palin, dia ini bukan tandingan Hillary. Bg saya, Hillary is the real president, dia Presiden tanpa istana.
    Ya betul, Indonesia butuh sosok sprt Hillary.
    Sy bayangkan, Silly memiliki potensi menjd new Hillary…..! Thanks my best friend

  38. HAH???… bang, tolong cubitin lengan saya dong, saya gak lagi mimpi khan???… (nyubit diri sendiri… auch, sakit… ternyata saya gak sedang tidur, brarti saya gak mimpi, hehehe)

    Haduh bang, abang baru saja bikin saya melayang menuju nirwana, hahaha. Saya kalo mo dibayangin (baru dibayangin aja nih), ibarat langit dan bumi, jauhhhh banget.

    Hillary, perempuan tangguh seperti inilah yg ingin saya gambarkan di posting saya kemarin, which is suppose to be a joke, tapi malah jadi kontroversi.

    Tapi beneran loh, keputusan Obama untuk tidak menggaet Hillary itu keputusan yg menurut saya bodoh banget. Skarang, saya baca dikoran, kalo Palin sudah mulai membuat aura obama memudar. Padahal khan Sarah Palin baru2 ini kesandung issue yg mengangkat kalo anak perempuannya yg baru berusia 17 tahun, hamil, padahal belum menikah… Tapi dengan elegan juga Palin berhasil meredam issue itu sebagai issue global yang bisa terjadi pada siapa aja. It’s a human being for making mistakes…

    Sarah Palin mendapat dukungan penuh dari kaum evangelis di Amerika, makanya pamornya Obama turun lagi.

    Saya tidak meragukan Obama, HE IS THE PERFECT MAN, apalagi waktu dia pidato pengukuhan di stadium *duh lupa lagi namanya, hehehe*, dan tiap 5 menit dapat standing applause. Well… HE GOT THE CHARM, dia punya kharisma yang luarbiasa memang,… tapi tidak cukup untuk jadi voice gathered kalo dia tidak merangkul Hillary, too bad.

    Anyway… AMPUNNNN yahhh,… SOK TAHU KALI aku ini bang, hehehehe… maap… maap… saya suka sekali issue tentang women power soalnya. Topik yg menurut saya harusnya jadi obrolan tiap perempuan disore hari, sambil ngopi2 menunggu macet, hehehe…

    Sudahlah, saya selalu berdoa untuk negeri ini, semoga ada jalan keluar bagi bangsa ini… Mules loh bang perut saya kalo nonton TV, ada CALEG dari partai A, si seleb T misalnya, yg bilang punya program untuk pemberdayaan perempuan..

    tapi begitu ditanya apa programnya… dia malah gelagapan… bilang, eng…saya pasti bisa, saya punya programnya… ditanya lagi, iya, tapi kira2 program utamanya apa… Egh, program saya, pertama2 adalah… “belajar bahasa SUNDA”…

    Ahakahkahakahkahkak… sakit perut aku bang…

    @mikekono : waahhhh, abang disuruh mencubit lengan silly ? ahhh, yang ini baru namanya mimpi, benar benar mimpi….it’s impossible. Saya setuju dgn adinda silly, dengan mengabaikan Hillary, Obama telah melakukan blunder atau kl dlm sepakbola namanya own goal. So, bukan hal mengejutkan, jika nanti McCain sukses menelikung Obama. Pasca meninggalnya Benazir Bhutto, hanya Hillary plus Sonia Gandhi, pemimpin perempuan yg powerfull dan kharismatis, dengan atau tanpa menyandang jabatan apapun.
    Tentang caleg perempuan khususnya kalangan selebriti, mereka sama sekali tak bisa diharapkan. Mereka hanya sekadar vote getter….. Btw, dibanding dengan mereka itu, silly lebih mendingan, sebab silly punya prinsip hidup serta kualitas intelektual yg bs diandalkan

  39. Ahhh ya.. itu dia… dari tadi saya mikir terus, istilah “VOTE GETTER” ini… kadang otak saya suka tumpul kalo nginget2 istilah asing bang, hahaha…

    saya sampe saking malasnya cari di google, dari pada mentok pake “VOICE GATHERED” hahaha, sama2 pengumpul suara juga bukan?

    Anyway, thanks pencerahannya, and terimakasih untuk tidak ikut2an beli kucing dalam karung 😀

    (psoting itu sekedar pelepas penat mas, iseng2 doang sekedar mengendorkan otot2 dan saraf2 yg tegang 😀 )

    makasih ya udah mampir, salam hangat,

    Silly

    @mikekono :
    pencerahan yang mana ? and……siapa bilang beli kucing dlm karung ? Justru sy berkeyakinan, mereka yg ngefans itu tdk sedang beli kelinci dalam karung….
    bukankah dlm terminologi orang politik, biasanya tak prnh bilang yes. Untuk mengatakan ya, lazimnya mrk sll bilang maybe………so, maybe I’m fans silly too

  40. SETELAH ORDE BARU TUMBANG..DARI PRESIDEN KE PRESIDEN BERGANTI…TAK ADA PERUBAHAN YANG SIGNIFIKAN..UNTUK INDONESI
    AKU NEGRI SURGA PARA KORUPTOR,NON PRIBUMI,EXPATRIAT,INVESTOR ASING….
    PRESIDEN KEDEPAN HARUS MEMILIKI KONTRAK POLITIK DENGAN RAKYAT,POINT2NYA YANG KONKRIT, KONTRUKTIF, DAN KALKULATIF…TIDAK HANYA MENJUAL SLOGAN 2 SEPERTI CAPRES DI IKLAN TV!!…SIAPAPUN PRESIDENNYA yang brani KONTRAK POLITIK DENGAN RAKYATNYA ,AYOKITA PILIH..AGAR KITA JUGA BISA MENAGIH JANJI,LEWAT KONTRAK POLITKNYA KELAK…KALU TIDAK ,ATAS NAMA HAK KITA, DAN MREKA GAK SMAKIN UFORIA DNGN SYAHWAT KEKUASA,AN DAN JADI LADANG RUPIAH PARTAI2..LEBIH BAIK SAYA GOLPUT!!,KRN PERCUMA…EKSPONEN 98

    @mikekono : setuju mas reyhan, capres nanti hendaknya punya kontrak politik dengan rakyat

  41. Bagaimana kalau kita usulkan Mas Amien Rais walau dia sudah tua tapi ilmunya lebih fresh dan bukunya “selamatkan Indonesia” saya rasa cocok untuk panduan the next President, dimana membutuhkan keberanian melawan kapitalisme barat yang kini mencengkram Indonesia, sudah terbaca arah perekonomian Indonesia yang menginduk Amerika akan hancur bila kita tidak menasionalisasikan BUMN dan cinta produk Indonesia sebab seorang president agenda pertama haruslah tentang perekonomian bila rakyat sudah terhapus tingkat kemiskinannya Insya Allah kemajuan di bidang lain akan mengekornya, karena SDM dan SDA di tangan sendiri bukan di pihak asing, kalau itu tidak bisa terjadi siap2 ekonomi Indonesia kandas di tahun 2009 dan 2010 Indonesia milik Asing karena negara kita dijual buat nutup utang yang membengkak serta pajak yang tinggi kepada individu yang hidup di Indonesia, karena sekarang NPWP wajib dan akan ada persidangan bagi yang tidak mentaati peraturan tersebut, Untuk saudaraku yang tidak suka mas Amien pilihlah mereka yang mempunyai plat form memperbaiki apa yang di inginkan rakyat harga2 murah, pengangguran tdk ada, pendidikan dan kesehatan gratis bagi yang tdk mampu semoga masih ada manusia setengah dewa di negeri ini salam nasionalisme merdeka !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: