Intelek itu Cantik


Bagi saya perempuan yang layak disebut cantik adalah sosok yang intelek, komunikatif, selalu menggunakan akal dan emosinya untuk menghasilkan sesuatu yang positif. Selalu belajar, belajar, dan belajar terus tiada henti (learning by doing).

Ya, perempuan intelek itu cantik. Lihatlah misalnya senator Hillary Clinton, tak terlalu menggiurkan dari segi fisik, tapi dia sungguh menawan. She’s beautiful, karena terbukti sangat cerdas, piawai mengurai kata dan pemikirannya dalam kalimat kalimat menyengat dan layak kutip. Dan seandainya tak ada Obama, mestinya dialah yang akan bertarung dengan John Mc Cain memperebutkan kursi Presiden AS.

Nurul Izzah, putri Anwar Ibrahim ketika mengikuti persidangan ayahnya.

Nurul Izzah, putri Anwar Ibrahim ketika mengikuti persidangan ayahnya.

Walaupun sudah berumur, Wan Azizah (istri Anwar Ibrahim) juga sangat charming dan sungguh elok dipandang mata,  sebab dia merupakan sosok istri yang intelek, serta selalu gigih dan setia memback-up suaminya dalam keadaan teruk maupun saat berjaya. Begitu pula putri mereka, Nurul Izzah.

Britney Spears, Pamela Anderson, Dewi Persik, Julia Perez, juga cantik. Tapi aura kecantikan mereka tidak memberi kesan mendalam. Mereka terkesan kurang intelek, sehingga tak layak disebut sebagai perempuan cantik dalam makna sesungguhnya.

Perempuan akan kehilangan kecantikan dan pesonanya, jika dia gaptek, telmi, body size oriented  dan tak pernah connect ketika diajak bicara soal-soal kehidupan dan problema sosial-politik aktual.

Last but not least, perempuan dari dunia maya (cewek cewek blogger), justru hampir semua layak dikategorikan sebagai perempuan cantik, walaupun mungkin belum layak disebut sebagai makhluk Tuhan paling seksi (mohon izin mas Dhani, judul lagunya dicatut).

Cewek-cewek blogger adalah perempuan intelek, yang segalanya bisa, dan bisa segala. Coba perhatikan, tulisan para cewek blogger hampir semua menarik dan enak dibaca. Semua punya style dan kelebihan masing-masing.

Ada menulis bergaya puitis, ada yang slenge’an tapi menggelitik, ada yang berkonsentrasi menulis tentang agama, ada soal gizi, dan banyak juga curhat soal pribadi. Semua tulisan itu menarik, dan yang mencengangkan hampir semua pula fasih ber-English-ria. Woow, amazing.     

Hanya dengan membaca tulisan kaum perempuan di blognya itu, kita dengan mudah bisa menebak sang pemilik merupakan sosok yang intelek, kreatif,  berwawasan luas dan heterogen. 

Karena intelek itu cantik, untaian kata-kata lewat tulisan (tanpa mengenal wajah) seseorang pun, bisa juga membuat kita ‘jatuh cinta’. Tersentuh oleh kata-katanya yang merasuk ke relung jiwa. So, mencintai siapa saja, boleh kan ?   Perempuan intelek itu (memang) cantik ! Akan semakin cantik lagi jika ditingkahi dengan keluhuran budi pekerti serta kemauan mengikuti hati nurani.

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 28 Agustus 2008, in Budaya, Kehidupan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 38 Komentar.

  1. Yess Pertamax lagi…

    bener banget bang..cantik karena intelek…

    intinya begini..

    Cantik itu relatif….bisa karena dia memang menyenangkan, smart, easygoing..atau bahkan memang inner beutynya bagus.

    Ketika bicara tentang Bodoh…otomatis itu jadi absolut…tidak ada orang bodoh yang enak di ajak bicara, tidak ada orang bodoh yang charming dan tidak ada orang bodoh yang seruuu..kalopun dia seru karena kebodohannya…

    Intinya…
    Suatu berkah ketika semua orang bisa melihat cantik di luar “kacamata” fisik..karena kenyataannya…masih banyak cowok yang gampang banget ngomong “gue kalo mau punya cewek kudu yang putih, tinggi, langsing dan rambutnya panjang plus idungnya mancung”…they not even talk about do those girls have brain in their head?

    Sebagai cewek juga harusnya sadar…bahwa asset body bagus dan wajah okey tidak seumur hidup..you will get old darling…once you get old no body will call you pretty with all the wrinkles in your face…

    Lain dengen otak..semakin tua..mestinya semakin berisi karena penuh dengan materi🙂

    So ..thx banget ya bang…udah buat postingan ini..yessy juga udah buat postingan seperti ini…

    http://yessymuchtar.wordpress.com/2008/08/14/cantik-itu-kamu/

  2. postingan ini jg ditujukan
    buat cowok2 yang tak merasa ngganteng
    agar tak minder
    sebab intelek itu (jg) handsome

    *mentang2 intelek, comment nya panjang bener*

  3. maafffff…soalnya seneng banget ada yang bahas cantik itu intelek…bukan cantik ituu laudya cynthya bella, dewi persik, atau bahkan Cinta laura…hiks..

  4. Menurut LouAnn Brizendine dalam Female Brain, dalam alam bawah sadarnya, perempuan lebih tertarik pada sisi intelegensi seorang pria ketimbang penampilan fisiknya. Berbeda dengan pria yang tertarik pada penampilan fisik dulu (baru) ke kepintarannya.

    Ah, jadi lega karena tidak semua laki2 menyukai perempuan sebatas penampilan fisik semata..

  5. cantik memang relatif ya🙂

  6. setujuu…!! bahkan cantik itu bwt sebagian pria adalah sexy..hehehe..

    trimakasih untuk kunjungannya ke blog saya, blog anda justru lebih baik drpd punya saya..=)

  7. Intelek itu cantik….🙂
    Gimana yah biar aku bisa jadi intelek…?😀

  8. @Nonadita
    buku Female Brain itu agaknya hrs dicari
    dan dibaca agar tak keteter ama Nona…
    sbg laki2, saya jg jd lega

    @Elys: setujuuuu

    @Mizzwanda : intelek itu jg sexy.
    blog Wanda kereen kok

    @Vaepink :
    thanks uda mampir lg
    tulisan soal upgrade iman dan download sabar
    adalah bukti Eva intelek….
    org intelek mmng nggk prl ngaku intelek
    ibarat padi makin merunduk makin berisi

  9. wiw..! ini bahasan yg co banget, N aku setujuu..bahkan dr cara bicara pun bisa di ukur kemampuan otaknya, bener ngga ya, pak atau om niy…(^_^)

  10. ..pak, koq megawati ‘gak dibahas’ ya ? .. masya hillary dan wan azizah doang.. hehe.. paling tidak, jeng siti nurhalizza menurut pak mikekono gimana ?..

  11. @ Nina :
    thx atas apresiasinya.
    Panggil mas aja, adinda Nina yang intelek

    @Arief DJ :
    Soal Megawati dan Siti Nurhaliza biar giliran
    mas Arief aja yang membahasnya…
    piye mas, cocok kan ! monggo

  12. Huehehe, cewek cakep tapi ga ada inteleknya, semoga mereka bisa diam saja. Karena begitu dia bicara, bisa-bisa orang kehilangan selera.

    BTW, thanks bg ujung, sudah mengadopsi ide saya waktu ceting tadi, menjadikan foto Nurul Izzah sebagai ilustrasi. She is so so so cute! Entahlah, tak terkatakan lagi.😀

    @mikekono : Cewek yg tak intelek, diam dan manggut2 aja lah. Nurul izzah, wuihhh. sejuta kata tak cukup tuk mengurai pesonanya..

  13. cantik itu relatif, intelek adalah mutlak. kl di indonesia, menurutku yg cantik dan intelek itu susan bachtiar, seneng deh ngeliatnya…..

    @mikekono : betul, cntk relatif. Mbak Ida adalah salah satu contoh perempuan yg intelek.

  14. setuju,
    tulisan gaulnya s7,
    dibaca : setuju…

    hehe, ngga penting😦

    but,
    emang bener kok,

    intelek itu cantik🙂

    @mikekono : bangga jg dibilang S7, rupanya dibaca setuju. Hmmm

  15. betul kata anda !! cewek intelek itu akan lebih cantik dan indah lagi jika dibarengi dengan hati yang bening dengan akhlak mulia dan budi pekerti luhur pokoknya patut ditiru deh…

    ternyata yang cantik dan indah itu bukan hanya selingkuh aja.. he he

    @mikekono : hidup bersama cewek intelek dan berbudi luhur membuat hari2 sll terasa indah.

  16. setuju banget sama nonadita. kalo cuma mau ‘jual’ cantik fisik… aku ngga bakalan laku😛

    @mikekono : cewek intelek tak akan prnh ‘jualan’. Sprt latree bnyk yg ngantree

  17. wah skali visit langsung kena topik yg menarik🙂
    Keliatannya perbandingannya terlalu njomplang men. Hillary Clinton, Nurul Izzah, dkk yg lo sebutin sbg representasi cantik intelek terlalu jauh levelnya dibanding Britney Spears, Pamela Anderson, Dewi Persik, Julia Perez, sbg representasi cantik fisik. In fact Britney Spears, Pamela Anderson, Dewi Persik, Julia Perez, justru ga bisa dikategorikan cantik fisik. Wajah mereka standar. Kecuali kalo lo merefer ke nama2x spt Jennifer Connely, Mischa Barton, Penelope Cruz, dan yg selevel dgn mereka, baru deh sejajar. Kalo misalkan dgn perbandingan yg baru itu gue disuruh milih, ce intelek tp tampang biasa banget (Hillary/Nurul/dll), dgn ce cantik banget dgn intelektualitas biasa2x aja (Connely/Barton/Cruz) keliatannya tetep gue milih yg terakhir:mrgreen:

    @mikekono : Btw, sy cuma ingin menegaskan intelek itu cntk. soal contoh figurnya, terserah selera msng2. oke men

  18. perempuan cantik adalah perempuan yg mempunyai inner beauty, tdk akan habis dimakan usia kalo fisik akan habis dimakan usia.

    @mikekono : betul sekali, setuju mas hedi

  19. wah itulah yang membedakan antara blogger dgn yang bukan …😀

    keknya blogger cewek lbh pandai merangkai kata-kata dech …😀

    @mikekono : yeahh, blogger cewek bukan manusia sembarangan. mereka aset bangsa. ehm

  20. iya cewek bloger pandai merangkai kata , cewek sejati pandai meracik masakan buat suami heee..eehhee

    @mikekono : cewek blogger, meracik masakan smbl berpikir soal tulisan berikutnya

  21. Intelektualitas itu memang kecantikan dari dalam diri manusia.. tetapi jika sudah intelek tetapi cantik juga wahhhhhhh saya mau tuh ehhe

    @mikekono :betul bang zalukhu, inner beauty. wahhh, mau jg tuh

  22. setuju banget, mas agus. kepribadin dan kecantikan perempuan akan lebih terpancar oleh kekuatan dari dalam alias inner beauty. bloger perempuan memang cantik. tulisan mereka mencerahkan dan mampu memengaruhi opini publik.

    @mikekono :
    blogger perempuan cantik2 dan berbudi luhur, blogger pria handsome and educated

  23. Kalau menurut saya…. intelek itu menambah kecantikan fisik seseorang. Namun kecantikan fisik “tidak bisa digantikan” begitu saja oleh keintelekan seseorang.

    Seandainya Yati Pesek cantik, apakah dia akan jadi cantik?? Huehehe……

  24. Eh…. keliru…. maksud saya…. Seandainya Yati Pesek intelek, apakah dia akan berubah jadi cantik?? Sorry… salah ketik😀

    @mikekono :
    berhubung Yati Pesek nggak intelek, makanya dia blm dibilang cantik.
    mungkin itu pula sebabnya diberi nama Yati Pesek, bukan Yati Octavia….heheheee

  25. Setujuuu, Pak…
    Saya banget tuh..
    (Oponya yg kamu banget, Hel?! Perasaan situ dah nggak intelek, jelek pulak ntu… :lol:)

    Tapi, emang iya…
    Inner-beauty (betul kaga’ ejaannya…😆 )

    Org2 bakal tetap terkagum-kagum dp melihat ‘makhluk Tuhan paling seksi’ tapi otaknya kosong, cuma kekaguman sesaat saja…

    (Huss, tak boleh memakai trade mark seseorang, royalti, Bo’..)

    @mikekono : sikap pede harus dan perlu. so, tak perlu menyebut diri hell

  26. kunjunan balik😀

    @mikekono : thanks

  27. hmmmm
    coba tak baca dan lihat lagi….
    NGGAK SALAH !!!
    emang cantik dan pinter !!!!

    @mikekono :yesss….intelek itu cantik.

  28. pinter soleh,cantik idaman pria deh

    @mikekono : ngganteng, pintar, soleh, idaman kaum wanita

  29. thank you for calling us beautiful
    hehe

    @mikekono : yesss, intelect is beautiful

  30. Setuju Bang, Intelek, cerdas memang selalu cantik dan tampan juga lho menurut saya. Btw kalau bloger perempuan termasuk perempuan cantik berarti saya termasuk ya Bang? thanks

    @mikekono : karena sudah terbukti, mbak Yulis intelek, sdh pasti mbak adalah perempuan cntk yg didambakan setiap pria intelek. Sayangnya Mbak uda ada yg punya…..heheheee

  31. kalau intelek saja kurang bos ada lagi kan:
    cantik turunannya, cantik hartanya, cantik anunya dst…😀

    maklum santri gak khtam, ngawur ngomonge …

    @mikekono : santribuntet ketemu santri nggak khatam, jd kaccauu deh.

  32. kalau yang di gambar atas itu memang lebih cantik dari britney spears😀

    @mikekono :lebih cantik karena lebih intelek

  33. tapi kenapa klu yang disuguhkan sebagai wacana untuk inner beauty selalu sosok-sosok yang memang cantik secara fisik? kenapa ga sorot wajah-wajah yang benar-benar intelek dan ahli di bidangnya…

    @mikekono : dalam tulisan itu kan sudah disinggung soal Wan Azizah atau Hillary Clinton, tak cantik secara fisik, tp kelihatan anggun

  34. cantik itu adalah sesuatu yang nongol dari dalam (inner beauty). jadi, guwe setuju kalo para wanita blogger itu emang cantik. cuman, kalo wanita bloger yang kerjaannya kopi paste ajah mah, sama juga bodong. hueuhehuehueeu…
    (*minggat, tar di setrum lagi)

    @mikekono : blogger wanita copy paste……ahhh belum nemu tuh

  35. hehehe, maksud saya kenapa tidak dipasang foto wan azizah?🙂
    mungkin tak semua orang berpendapat sama, dan foto wanita cantik akan mengajak orang agar membacanya…🙂

    @mikekono : awalnya dipajang wan azizah……ada yng usul, katanya spy betah dipandang, bagus foto putrinya Nurul Izzah aja yang dipajang, thanks mas

  36. Tidak hanya wanita, pria yang intelek dan smart pun akan kelihatan ganteng dan hebat di mata saya (lho, kok ngaku … hehehe)
    Untuk memiliki intelektualitas diperlukan usaha keras dan proses panjang belajar terus menerus, sementara kecantikan fisik diperoleh tanpa upaya apa-apa. Maaf, saya sebal melihat wanita yang hanya mengandalkan kecantikan fisiknya. Sama juga, pria yang hanya mengandalkan kekayaannya sungguh menyebalkan.
    Anehnya, banyak pria mengejar-ngejar wanita cantik (fisik) dan banyak wanita memburu pria berkantong tebal …

    @mikekono : dengan comment sprt ini, sudah jelas bahwa mbak itu memang sangat sangat intelek………so bukankah intelek itu cantik…….., monggo mbak

  37. yups………….

    Bentul “cantik” bisa juta terlihat karena keintelekan….

    @mikekono : ya…..begitulah

  38. Kecantikkan itu adalah keindahan dari Tuhan….

    Tidak ada yang melebihi kecantikkan dan keintelekan Tuhan….

    Karena keintelekkan dan kecantikkan itu juga datang dari pada Tuhan

    @mikekono : setuju……karenanya keintelekan dan kecantikan hrs selalu disyukuri…..thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: