Pilih Mana : Dicintai atau Mencintai ?


Seorang teman bertanya padaku, pilih mana : sampeyan dicintai atau mencintai ? Aku berpikir sejenak, lalu kujawab, sebaiknya sih dicintai sekaligus mencintai (mohabbatein).

“Ohhh, tidak bisa. Harus pilih salah satu : dicintai atau mencintai,” kata temanku itu. Kalau harus memilih salah satu. “Lebih baik dan lebih enak dicintai lah,” jawabku tanpa pikir panjang.

Aku lebih suka dicintai, karena rasanya lebih nyaman dan lebih terhormat. Sementara kalau kita mencintai seseorang, addduhhh lama-lama bisa stroke deh.

Mencintai seseorang sungguh sangat menyiksa. Tanpa alasan, tiba-tiba marah. Sms telat dibalas sedikit aja, bisa uring-uringan. Dia pergi dengan teman-temannya, dituduh macem-macem. Kalau malam, tak jarang telat tidur, asyik mikirin dia terus.

Pokoknya, mencintai seseorang itu ruwet dan repot urusannya.

Sebaliknya, kalau dicintai….addduuuh enaknya bukan main. Belum makan, diingatkan supaya segera makan. Belum nelpon, udah ditelpon duluan. Sms belum nyampe, balasan smsnya udah nyampe duluan. Pokoknya, kita merasa sangat disayang dan diperhatikan.

Sungguhhh…bahagia rasanya dicintai seseorang. So, karena merasa selalu diperhatikan, lama-lama muncul perasaan sayang sekaligus tak tega mengkhianati cintanya……!

Dicintai seseorang memang sebuah kehormatan. Kalau ada orang yang mencintai Anda, jangan biarkan dia merana dan kecewa. Dicintai adalah sebuah anugerah. Soalnya, di zaman serba edan sekarang, sangat sukar menemukan orang yang benar benar mencintai kita.

Mencari istri setia gampang, menemukan pria bertanggungjawab juga mudah. Tapi, mencari istri tak cerewet dan penuh pengertian, susahnya bukan main. Lebih sukar lagi, mencari suami yang setia. Ada sih setia, tapi berpoligami. Ada tak berpoligami, tapi suka ‘jajan’. Astaghfirullah.

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 25 Agustus 2008, in Budaya, Kehidupan, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Yessy pilih mencintai,
    karena dengan mencintai…kita blajar menghargai..karena dengan mencintai kita tau ..kita ingin dicintai seperti apa..karena dengan mencintai…kita bisa dapat pilihan apakah cinta kita terbalas atau tidak…cinta tidak akan datang pada seseorang yang hanya berharap dicintai tanpa mengorbankan perasaan untuk mencintai…

  2. yesss, setuju
    makin bijak aja ya
    di mana belajarnya ?

  3. “seraaaangggggggg!!!!”

    *platak pletuk bletak!!!*……..suara puluhan jengkol kena kepala abang😛

    Kaburrrrrrrrrr

  4. lho kok

    *jengkolnya dipungutin, lalu dimasak (direndang). kamar mandi bau jengkol*

  5. mau tau cara ngilangin jengkol?
    makan pete!
    jadi bau pete😀

  6. 😀

    Kalo aku maunya balance bang. Mencintai dan dicintai😛

  7. he he he he
    keseimbangan….ya ya ya cocok lae
    thx uda mampir lg. horasss

  8. keknya beda mencintai dan dicintai kalo kita sudah berkeluarga dan masih berpacaran😀

  9. betul itu lae manik….horas

  10. wah, urusan cinta dan mencintai memang seringkali bikin repot, mas agus, hehehe …. karena urusannya dg hati, perasaan, dan emosi. kalau mesti memilih memang bener sih, pilih dicintai. tapi kok ndak identik dg ungkapan: memberi itu lebih baik daripada diberi, hehehehe😀

  11. aku pilih mencintai orang yang mencintaiku …….:D

  12. aku pilih mencintai orang yang mencintaiku …….:D

    salam kenal bang, mau donk durennya hehehhe

  13. Yah… namanya juga manusia…. justru itu misterinya… jikalau manusia lurus2 saja mungkin akan kita bayangkan “dunia ini akan sempurna” tapi pada kenyataannya mungkin tidak begitu. Allah maha tahu.

    Hawa nafsu mungkin merupakan bagian yang juga penting dalam hidup…. tapi kita usahakan agar kita yang mengendalikannya bukan hawa nafsu yang mengendalikan kita…..

  14. @Sawali : setuju mas, mencintai mestinya tak mengharap imbalan

    @Maya : cintailah orang yang mencintaimu
    durennya banyak di kampungku, kl sempet singgahlah

    @Yari NK : setuju mas, hawanafsu harus dikendalikan, tp jangan lewat rumus matematika ya….hehehehe

  15. yach… setiap hub an mah harus take n’ gift laah biar sama² enak n’ tidak ada yg tersakiti…., yach kaaaann….???

    btw ma’ kash dah mampir di blog ku🙂

  16. ya ya ya
    betul itu Ly, jgn smp ada yang tersakiti

    thx Ly

  17. ehh kalo yessy si pilih mencintai ya…

    loh udah komen duluan yang pertamax yaaa hihihi

  18. wiw ..!sedang membahas cinta,pilih mana yaa…?
    aku pilih duren medannya aja lah…(^_^)
    thank’s da mampir ke blogku yaa..

  19. kok milih duren ?
    kl lg jalan2 di medan, mampirlah
    di sini banyak durian dan duren
    thanks nina

  20. dicintai!!
    tapi saya tinggalkan orang itu, demi orang yang saya cintai..
    jadi, saya tinggalkan “dicintai” dan memilih “mencintai” karena saat itu orang yang saya cintai juga mencintai saya..
    Tapi kemudian saya sadar itu hanya di awal saja.
    Pria itu hanya baik di awal, tidak selanjutnya..
    Akhirnya saya tinggalkan keduanya, dan tidak berani memulai hubungan lagi..

    *bingung milih..*

  21. bs dicintai orang seperti Ama
    adalah sebuah anugerah yang hrs disyukuri
    sungguh merugilah orang yang tak
    pandai merawat cinta yang tlh adinda berikan

    *tak usah bingung,
    insya Allah adinda akan dpt pria yang dicintai Ama dan mencintai Ama jg*

  22. Aaamiiin.. makasih mas🙂

  23. dicintai memang enak bang tp kl yg mencintai kita tidak kita cintai gimana? hehe kok malah jd ribet sih.. hidup cinta!
    loh loh😀

    @mikekono : jgn dibikin ribet lah mbak Ida yg baik hati. lbh sakit org yg kt cintai jstru mengkhianati kt…..jd lbh enak dicintai dong

  24. emang sakit kalo uda mencintai taunya ngga dicintai. Kita jg ngrasa uda nyakitin org kalo kita dicintai olehnya tanpa kita bisa membalas mencintainya. Jadi ya paling enak memang mencintai org yg mencintai kita. Spt dibilang maya.

    @mikekono : betul mas tigis. nilai A for u

  25. aku pilih mencintai… kalo kita sudah mencintai mungkin nanti kita jadi dicintai… tapi memang terkadang tidak semulus itu…

    mencintai orang yang tidak mencintai kita…

    @mikekono : memilih mencintai agar dicintai, itu sifat yang mulia
    kl aku cewek mngkn uda jth cnt sm mas. hihihiii…..

  26. Enaknya sih kalau dicintai and mencintai orang yang sama, ahahaha😀

    Btw, itu Mohabattein film India yang main Shah Rukh Khan?

    Yang kalau ga salah dia juga guru (musik?) di sekolah khusus pria?

  27. PALING ENAK DICINTAI BIAR KALO DISAKITI GA PATAH HATI!!!!!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: