Persahabatan Lebih Berharga dari Percintaan


IMG_9015Di tengah hujan deras yang mengguyur Kota Medan kemarin malam, mataku tak bisa terpicing. Di malam nan hening itu, kubuka dan baca kembali novel pemberian temanku Tutinonka ‘Keberangkatan’ plus buku-nya Jeunglala, The Blings of My Life.

Membaca kedua buku itu, aku tiba-tiba jadi terenyuh dan merindukan kedua sahabatku yang baik budi itu. Muncul kesimpulan dini dalam diriku, persahabatan sesungguhnya lebih berharga dibanding percintaan.

Mengapa demikian ? Sebab percintaan seringkali berujung duka, benci dan dendam. Sedangkan persahabatan hampir dapat dipastikan sangat jarang melahirkan kebencian. Bahkan bisa jadi persahabatan akan menumbuhkan benih-benih kekaguman dan perasaan sayang yang positif.

Saya juga merindukan sahabat-sahabat blogger yang lain semisal Anni Bertha, Lies Surya, Yessy Muchtar, Bunda Dyah Suminar, Mbak Imelda, Kawaai Ayu, Elindasari, Yari NK, Syawali Tuhusetya, Tuyi Bulukumba, Emma Gusmaya, Indah Sitepu,  Mas NH, Wi3nd, Arief Dj, Mas Goenong, Mas Arul, Emfajar, Nesia, Nirwan Panjaitan, Mahendra, Singal Sihombing, Anakkutu, dll.

Persahabatan antar blogger memang, harus diakui lebih kualitatif dibanding persahabatan lewat facebook. Semua orang bisa ngefesbuk, tapi tidak semuanya bisa ngeblog. Sebab, blog mensyaratkan kualitas dan kompetensi dalam hal tulis-menulis.

Dalam konteks demikian, saya sangat apresiatif dengan teman-teman blogger, yang tetap kreatif dalam merawat blog-nya, kendati di sisi lain aktif pula berfesbuk-ria.

Tapi, satu hal pasti, kerinduan pada teman-teman blogger tetap akan menyala di hati. Aku selalu akan merindukan tulisan-tulisan berkualitas dari Tutinonka, Jeunglala, Dyah Suminar, Lies Surya, Anni Bertha, Hery Azwan, Yulism, Yu2n, Silly, Vaepink, dan teman-teman lainnya. Semoga persahabatan di dunia blogger,  abadi selalu.

About mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 15 Juli 2009, in Budaya, Kehidupan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. So sweet ….

    Terimakasih Bang Mike, atas persahabatan yang telah abang berikan kepada saya dan teman-teman bloger yang lain. Meskipun kita tidak pernah ketemu, tetapi melalui tulisan, komentar, dan balasan komentar, tercipta kedekatan yang merasuk ke hati. Meskipun antar bloger tidak kenal langsung (kecuali beberapa yang memang berteman di dunia nyata), tetapi kita bisa saling mengenal kepribadian, pemikiran, juga perasaan masing-masing. Dari situ tumbuh dan terjalin keakraban yang tulus, dan semoga abadi.

    Selamat datang kembali di blogsphere, Bang. Apa kabar? Sehat-sehat saja kan?

    @mikekono : terimakasih juga Mbak Tuti
    saya akan selalu mengenang dirimu
    sebagai sahabat sejati….yang baik hati
    btw, aku sngat bangga dan berbahagia
    bila suatu saat nanti Mbak Tuti mau berbagi
    ilmu dlm hal tulis-menulis denganku

  2. Bagi saya, sahabat itu adalah “memberi manfaat” bukan “memanfaatkan”, dan tentunya seperti quote saya di facebook… 😉

    Apa kabar bang Mike? baru tahu kalau nama aslinya Agus Salim, hehehe… 😀

    @mikekono : setuju uda vizon…..
    kabar saya baik-baik aja……
    thanks atas persahabatannya

  3. Dear Abang,

    Aku udah lama nggak ngeblog.. Nulisnya lebih sering di notes FB, tapi kemudian terkadang aku posting juga di blog. Jujur, sekarang rada males blogwalking.. entah kesambet setan apa.. mungkin setan FB, ya, Bang.. hehehe…

    Anyway,
    Abang benar.. Persahabatan lebih indah daripada percintaan. Toh, buktinya, setelah sekian lama menikah, kelak setiap pasangan kekasih itu akan berubah menjadi sahabat yang sangat erat, kan? Itu artinya, persahabatan memang sangat hebat…

    Jadi, jadi
    apa kabar, Bang?

    @mikekono : iya jeunglala, harus diakui
    fenomena fb saat ini, memang bnyk
    mempengaruhi dunia perbloggeran
    tapi, saya tetap salut pada jeunglala
    yang kualitas tulisan-tulisannya selalu
    membuatku tertegun dan mengacungkan jempol
    thanks adinda 🙂

  4. sama Bang.
    saya juga merindukan persahabatan kita kemarin.
    mungkin kita sama-sama sibuk. disibukkan oleh aktifitas kerja.

    tapi bagaimanapun, persahabatan ini ga akan luntur 🙂

    @mikekono : saya juga merindukannya
    saya akan selalu mengenang lies,
    sebagai salah satu sahabat terbaikku
    thanks 🙂

  5. Bagi ujannya donk Om Agus, Pekanbaru dah kering kerontang nih

    @mikekono : hehehe…..,tapi ujannya dah
    berlalu dek daffa……,thanks 🙂

  6. ini gimana sich?
    tiap kemari orangnya lagi gak ada…
    apa gak tahu ya kalau dikangenin…

    gimana Bro? baik2 dan sehat2 aja kan?

    salam kangen…

    @mikekono :
    hadir bro…..
    saya juga kangen nih
    thanks ya

  7. Wow abang.. hehe.. kita juga selalu merindukan tulisan-tulisan abang.. 🙂 suwer! bahkan saat membahas soal politik pun selalu enak dibaca, ringan, padat, dan jelas.. 🙂 mungkin dari sana juga akhirnya bisa muncul persahabatan itu ya bang..

    saya juga setuju, kalo semua orang bisa nge-FB namun belum tentu semua bisa nge-blog.. hehe..

    Persahabatan di dunia blog, semoga abadi selalu.. amiin.. 🙂

    ditunggu tulisan-tulisan lainnya ya bang 😉 teteup semangat!
    -salam

    @mikekono : thanks yu2n
    abang juga selalu merindukan
    tukisan2 yu2n yang ringan
    tapi berkualitas

  8. Semua orang bisa ngepisbuk …
    tapi tidak semua orang bisa ngeblog …
    Bener sangat ini Bro …

    Salam saya Bro …
    Sehat sejahtera kah …

    Salam saya

    @mikekono : begitulah faktanya bro
    semua ngefesbuk, tapi sedikit
    yg bs ngeblog…..
    thanks abanganda

  9. persahabatan … kerinduan bagi para pencinta yang terus memelihara rasa rindu itu
    Salam

    @mikekono : betul itu mas
    thanks…… 🙂

  10. Betul, kayaknya persahabatan lebih langgeng dari cinta-cintaan. Btw, saya gak dirindukankah…

    @mikekono : ya ya ya
    semuanya dirindukan kok…hehehe 🙂

  11. Bah.. bang, rinduku jadi terobati, hehehe..saya sangat sibuk akhir-akhir ini, dimasa-masa tuaku masih saja diperas. Otakku maksudku dipueras habis, tetapi itu yang membuatku sehat. Btw ini wajah baru lagi.

    @mikekono : ya sama abanganda
    saya juga merindukan tulisan2 inspiring abang

  12. Ahhh abang… mata saya sempat berkaca-kaca baca tulisan ini. Entah kenapa, ditengah2 hectic berhari-hari belakangan ini, saya gak sempat buka2 facebook, tapi entah kenapa hari ini pengen banget buka FB… dan mata saya tertuju pada nama abang yang komen di sebuah foto.

    Pas aku klik, baca statusnya… wah, as usual, selalu bijak dan cerdas. Kangen sekali rasanya baca tulisan-tulisan abang. Akhirnya aku memutuskan untuk menyingkirkan pekerjaan sejenak, dan mampir untuk sekedar menyapa abang… cuma mo bilang kangen sama sahabat baik seperti abang…

    Gak tahunya, dihadiahi posting ini… Ahhh, terima kasih Tuhan, abang masih ingat sama aku. Abang salah satu blogger cerdas yang berkualitas yang pernah aku kenal. Sayangnya kesibukan dan waktu yang terbatas membuat aku hampir tidak punya banyak waktu untuk blogwalking. Bahkan untuk yang mengunjungi blog aku pun udah jarang banget saya kunjungin balik. Maafkan aku ya bang, untuk ke alpaan ini.

    At least keinduan saya terbayar hari ini dengan posting yang manis ini. Terima kasih masih menganggap saya sahabat ya bang. Abang juga buat saya sahabat terbaik. Kapan2 kita ngobrol lagi yah.

    Sukses selalu menyertai bang Mike 🙂

    Salam hangat,
    Silly

    @mikekono : saya juga selalu merindukan silly
    tulisan2nya selalu menggelitik dan seru
    btw, bagaimana bukunya, dah terbit ya ?
    thanks atas kedatangannya kembali
    semoga sukses selalu

  13. Assalamualaikum Bang Mike 🙂
    Wah kulasannya biar sedikit tapi tetap top bang. Memang dunia perbloggeran selalu bikin kangen bang. Dan persahabatan itu terasa selalu indah. Gimana nggak indah meski sebahagian besar orang2 yang saya jumpai didunia perbloggeran ini belum ketemu secara face to face tapi rasanya sosok mereka begitu dekat di hati saya melalui tulisan2 yang mrk posting, misalnya: ‘Bang Mike’ sendiri, mbak Tuti, Bunda Dyah, Jeung Lala, mbak Imelda, Om Trainer, mbak Yulism,Mas Hejis, Mas Nug, Bunda Ratna, dll (yang belum ditulis masih banyak bang…)

    Hanya saja, kalau saya nggak continue posting dan blogwalking akhir2 ini bang, karena kesibukan pekerjaan membuat saya harus menunda sementara ngeblog. Tapi didlm hati, blog selalu bikin kangen, selalu & selalu 🙂

    Ok, bang selamat berkarya terus, sukses terus yach bang Mike 🙂 🙂 🙂

    Best regard,
    Bintang

    @mikekono : kita masing2 memang
    disibukkan dengan rutinitas
    pekerjaan kita. tapi, semoga
    saja persahabatan yg tlah
    terjalin ini tetap abadi slalu. amien

  14. iyah ban9 bener,blo9er pasti punya pesbuk tapi pesbukers belum tentu punya blo9 🙂

    tapi persahabantan ju9a bisa berakhir den9an percintaan ban9 heheh

    senan9nya ban9 mike suda kembali la9i,welkambeks ban9 mikeee 🙂

    @mikekono : ya saya dah kembali ke habitat yg asli

  15. Karena ‘paksaan’ seorang teman (saya minta foto, dan kata dia fotonya ada di fb) beberapa hari yang lalu saya bikin akun di fb. Dan ternyata, ‘rasa’ be-fb dan blogging memang beda. Terus terang saya merasa lebih bahagia di blog, karena bisa menulis lebih ekspresif. Bagi saya, sebuah tulisan adalah sebuah karya, yang harus dikerjakan dengan sepenuh hati, dan jika mungkin, tidak lekang oleh waktu.

    Berbagi ilmu dalam hal tulis menulis? Ah, mestinya Abang yang membagi ilmu ke saya …

    @mikekono : betul, blogger pastilah orang2 berkualitas
    tapi kl ngefesbuk….semua orang pasti bisa
    saya juga bersyukur berkat blog, bs kenal sekaligus
    menimba ilmu dari Mbak Tuti yang legendaris itu
    Thanks ya 🙂

  16. untuk saya percintaan lebih berharga daripada persahabatan…
    cinta terhadap sesama…
    cinta terhadap ciptaan Sang Khalik…

    @itempoeti : ya……,bisa jadi juga demikian…..

  17. yup…sekarang banyak yang sering fesbuk dari blog, padahal kalo aku pribadi lebih suka blogging daripada fesbuk. mungkin dikarenakan kalau fesbuk tidak membutuhkna waktu lama nah kalo blogging waktunya lumayan tersita Om 🙂

    @mikekono : fesbuk…..kelebihannya cuma sisi OL-nya
    tapi blog merupakan cerminan kualitas….
    hanya orang yg mampu mentransformasikan
    pikirannya ke dalam tulisan, yg bakalan bs pny
    blog berkualitas…

  18. persahabatan memang penting ,,,aku pernah meberikan pelihan antara aku dan temannya ,,ternyata dia memilih temannya ,,,tapi disamping memilih temannya dia juga berkata kalo aku penting dalam hidupnya ,,,apa yang harus aku lakukan,,,aku berusaha meulpakan pilihannya itu tetapi hatiku tidak bisa so sad ,,gak bisa tidur berminggu2 ….

  19. aq berkunjung bang… ^_^
    karena nama q di sebut di sini..
    apa kabar.. ? semoga baik-2 selalu..
    sempat pangling aq tadi kunjung kemari.. halaman nya tiba-2 jadi redup gini..
    yang biasanya terang benderang… heheee…

    aq tetap menulis kok bang.. fb lama-2 bosan juga…
    & aq amat se 7 dgn pesan Pak Nh di atas.. fb siapa pun bisa..
    tapi nge blog.. heheeemm… 🙂
    maka beruntung kita bisa ke 2 nya yaa…

    salam blogger …

Tinggalkan komentar