‘Lima Tangan’, Kiat Sukses Caleg


agus-mengepal-tinju

Ini dia salah satu caleg, yang terancam bangkrut

Seorang caleg jika ingin sukses ternyata tak cukup berbekal dua tangan. Diperlukan tangan-tangan lain agar peluang sukses semakin terbuka lebar. Setidaknya kiat sukses menjadi caleg sangat tergantung pada ‘Lima Tangan’.

‘Lima Tangan’ dimaksud adalah 1.Turun Tangan, 2. Buah Tangan, 3. Kaki Tangan, 4. Retak Tangan serta 5. Tanda Tangan. Tanpa kelima tangan ini, seorang caleg dipastikan akan sulit bersaing dengan caleg lainnya.

Caleg yang ingin dikenal rakyat, memang mesti turun tangan langsung bertemu rakyat. Rakyat saat ini sudah semakin cerdas dan tidak bisa lagi dibodoh-bodohi. Mereka tak lagi gampang terjebak pada praktik beli kucing dalam karung.

Karena sudah semakin pintar, caleg yang hendak bertemu rakyat, juga tak bisa Turun Tangan dengan Tangan Kosong. Sebelumnya kudu dipersiapkan pula Buah Tangan. Buah Tangan bisa berupa cenderatama, tapi lebih diharapkan lagi kalau tersimpan rapi di dalam amplop. Hmmmm…

Nah, agar sosialisasi dengan calon pemilih berjalan dengan rapi dan tertib, sudah barang tentu diperlukan keberadaan Kaki Tangan (semacam TS). Mereka ini pula yang bertugas menyebarluaskan kartu nama, kalender, memasang spanduk dan baliho.

Tentu dalam memilih Kaki Tangan ini, caleg mesti hati-hati. Sebab tak jarang Kaki Tangan (para TS) ini bekerja kurang tulus alias cuma mengharapkan kucuran dana dari sang caleg. Soalnya, saban komunikasi dengan Kaki Tangan, ujung-ujungnya fulus melulu……hihihi

So, tak mengherankan pula jika para caleg kini ramai-ramai diserang si Jamila (Jatuh miskin lagi). Sebab sudah kepalang basah dan kuatnya godaan menjadi anggota legislatif, hingga semuanya pun rela dilego.

Kalau lolos menjadi anggota dewan, alhamdulillah. Jika tidak, siap-siaplah bangkrut dan dikejar-kejar penagih utang. Duhhhh…….(kacian). Mikekono, yang nekad nyaleg juga ikut terancam (bangkrut)…….tolooooong.

Patut pula disadari, sehebat apapun perjuangan yang telah dilakukan dengan cara Turun Tangan membawa Buah Tangan serta dibantu para Kaki Tangan, semuanya akan menjadi percuma belaka, jika tidak ada Suratan Tangan.

Karenanya seorang caleg, juga dituntut agar senantiasa berada di jalan yang benar. Banyak-banyak berdoa, sering shalat tahajjud, serta selalu menghindarkan diri dari godaan rumput muda tetangga serta para ABG dan janda.

Jika hal ini sudah bisa dilakukan plus didukung oleh dewi fortuna (suratan tangan), selanjutnya para caleg tinggal menunggu Tanda Tangan di KPU. Puncaknya akan menerima Tepuk Tangan saat dilantik di gedung dewan….horeeee.

Tentang mikekono

politisi dan pemerhati sosial, yang selalu berpikir terbuka dan toleran pada perbedaan pendapat

Posted on 10 Februari 2009, in Budaya, Kehidupan, Politik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 55 Komentar.

  1. Suratan Tangan …
    Ah Bro ini ada – ada saja …
    Tapi kalo dipikir-pikir … iya juga ya …

    Tapi yang jelas kalau sudah jadi …

    Jangan lupa Tanda Tangan … daftar hadir ya Bro …
    Nggak Boleh Mangkir … jangan Bolos …

    Hahaha …

    Salam saya

    @mikekono : bener bro…
    seringkali terjadi, sudah mau
    dilantik pun tiba-tiba ngga jadi
    berarti tak ada suratan tangan…..
    thanks abangnda

  2. Pak, harus punya ilmu gurita “banyak tangan” dan upayakan jangan sampai terbelit/tercampur tangan, berbahaya. :mrgreen:

    @mikekono : betul mas, kl banyak
    tercampur tangan….bisa bias…..
    thanks

  3. Wait … liat poto …
    Ah ganteng kali abang ku ini … !
    :)

    Udah itu aja …

    @mikekono : kata orang Medan,
    taunya awak diumbang (dipuji)
    tapi syuuuur juga…….hehehe :)

  4. Bro balik lagi …

    Just wanna say …
    Aku sangat terkesan dengan cara Abang menghandel komentar “tajam” waktu itu …

    Aku lupa dipostingan yang mana …

    Bener bener “Cool” … tidak terpancing …
    Ini modal abang …

    Pertahankan ya bang … !!!

    Salam saya
    NH18

    @mikekono : mudah-mudahan bs dipertahankan
    dalam kehidupan sehari-hari,
    thanks atas apresiasinya bro :)

  5. Dukung Abang Agus! :)

    Suratan tangan itu penting diingat, Bang, biar nggak stress kalau segala sesuatunya tidak sesuai dengan harapan… Mudah-mudahan saja Dewi Fortuna sedang berkunjung… Adikmu di Surabaya mendoakan yang terbaik buat Abangnya! :D

    @mikekono : ma kasih atas dukungan dan doanya
    insya Allah sukses atau gagal, sy akan
    siap menghadapinya…..thanks adinda :)

  6. bang, kalo gitu aku jadi tangan ke 6 nya abang aja dech…

    melipat tangan.

    melipat tangan = berdoa

    Nah aku berdoa untuk Abang semoga sukses :D

    gimana bang??? Sipp ya??? :D

    @mikekono : siiip…….siiiip…..
    semoga doanya terkabul…… :)

  7. Aku perhatikan, kek nya…aku pernah melihat kandidat itu…tapi dimana ya…? mmmmmmmm siapapun dia…maju terus pantang mundur.

    @mikekono : ya……maju terus
    membela yang benarrrr, thanks :)

  8. Yang penting jangan panjang tangan dan ringan tangan (suka mukul).. Kalau sudah jadi harus waspadai buah tangan karena bisa dianggap terima suap.

    Tabik… :)

    @mikekono : kalau ringan tangan
    memukul para pejabat yang menyalah
    kan ngga apa2 bro :)

  9. Mari bersama-sama bergabung dalam aksi kemanusiaan untuk membantu manusia perahu ( muslim rohingnya )yang terdampar di Aceh , saatnya kita bergerak bersama untuk membantu mereka .

    http://www.saverohingya.com

    info:

    http://www.acehblogger.org

    http://baiquni.net/wp-content/uploads/2009/02/muslim-rohingya.png

    @mikekono : ya mari berlomba berbuat kebaikan
    thanks

  10. Weees….baru kali ini fotonya jelas……udah pas tuh Nyaleg…sukses ya Bang…
    Btw…Bunda paling nggak suka sama kaki tangan tuh….nggak ada habis2nya,ntar semua ngaku jadi kaki tangan…..

    @mikekono : tapi di header kan jelas juga Bunda…..
    iya Bunda, kaki tangan sering juga bikin repot
    matur nuwun

  11. saya daftar jadi ‘tangan kanan’ bang mike aja deh
    biar bisa dekat terus……

    satpam kaleee
    hehehee….

    btw, moga abang sukses ya, doaku selalu bersamamu :)

    *fotonya keren tu

    @mikekono : wuuuushhhh
    kalau deket2 terus malah bs berbahaya tuh……
    jadi ngga bs ngurusin rakyat
    hehehe…….. :)
    keren apa kereeen ?

  12. Hey bang!..aku ikut mendukung dirimu …

    tapi inget..kalo udah beneran di lantik jadi caleg..

    jangan nakal ya bang…

    yessy ulang niiiyyy

    J-A-N-G-A-N-N-A-K-A-L-..

    tuhhhhhhhhh

    Hehehe….

    @mikekono : dukungannya berbentuk apa yesss ?
    emangnya abang pernah nakal
    kan blom pernah kan !

  13. Eddyyyaaannn…

    FOTO nya ganteng!..uhuy!!

    @mikekono : ngejek nih…..yeeeee

  14. saya sendiri dilingkungan rt melihat fenomena tetangga menjadi penyebar famplet dan poster caleg…disana saya usulkan seperti ini

    Lebih baik undang caleg tersebut kesini terus paparkan visi dan misinya, kita bukan mengharap uang attau apalah namanya tapi yang penting kita tahu seberapa besar visi dan misinya tersebut buat kepentingan rakyat toh intinya sekarang rakyat mempunyai nilai jual dalam pemilihan ini jadinya bukan kita yang dijadikan pembeli tapi kitalah penentunya…..

    dan saya dah berkomitmen siapapun caleg yang datang ke RT saya maka saya sendiri akan mempostingnya di blog saya dan katanya ada caleg dari DPD yang akan datang semoga aja bisa terbukti

    @mikekono : bener itu, mestinya para caleg itu diundang
    dan diminta menyampaikan visi-misinya
    plus komitmennya untuk rakyat
    Thanks bro :)

  15. saya angkat tangan sambil ngacungin jempol nih buat abang…maju terus..

    @mikekono : Thanks bro :)

  16. heuheuehue
    banyak juga yah modalnya buat jadi caleg :lol:

    @mikekono : denger-denger, caleg
    provinsi aja sekarang rata-rata
    sudah menghabiskan dana minimal
    Rp 70 juta untuk biaya sosialisasi
    ada juga yng ngaku sudah hbs Rp 300 juta

  17. Sukses bang……..
    kalau sudah dilantik jangan lupa CUCI TANGAN ya…..

    @mikekono : masih caleg aja,
    sudah tiap hari cuci tangan….hehehe

  18. Waaahhhh…, kalau itu awak dukunglah Bro… Kalau perlu bantuan tinggal kasih tahu aku Bro…

    Tabik… :)

    @mikekono :perlu bantuan nih bro :)
    tolong donk……hehehe

  19. “….menghindarkan diri dari godaan rumput muda tetangga serta para ABG dan janda….. ”

    memang pandai kali abang merangkai kata ….. hahahahahaha … ampon, ampon paduka …hahahahaha :D

    @mikekono : kata-kata itu terangkai
    karena teringat kelakuan teman-teman
    Pak Nirwan di dewan…… hihihihi :)

  20. saya bantu doa ya Bang..
    mudah2an sukses dan bisa membawa aspirasi rakyat ke dewan terhormat..

    btw fotonya kok ngingetin saya sm ini bang..
    itu loh..
    ..
    yg jd suaminya Oneng..
    ..
    Bang Bajuri a.k.a Mat Solar
    *kabur ah! :mrgreen:

    @mikekono : trims atas doanya,
    soalnya doa Ida konon katanya sll makbul
    tapi kok mirip Bang Bajuri….?
    awasssss……ya
    jgn buru-buru kaburrrr :)

  21. aku muji bang..bukan ngejek

    ganteng ganteng ganteng ganteng ..tuw ..hehe

    @mikekono : ahhhh….yang bener nih ?

  22. Lihat photo yang diatas dari partai mana sih,bang…?

    @mikekono : ahhh…..tumben, mas Tuyi ngga ngebanyol ?

  23. blue datang,kang
    salam hangat selalu
    gimana cabar?

    @mikekono : kabar baik….bro :)

  24. aku an9kat tan9an boleh nda?
    tapi akan tepuk tan9an kalu ban9 mike terpilih dan pastina
    minta tanda tan9an :)
    tapi jan9an sampe cuci tan9an ya kalu ada kasus..:)

    @mikekono : kalau mau makan,
    ya harus cuci tangan dulu lah… :)

  25. Pokoknya sukseslah Tur…

    mau berapa tangan juga yang pasti aku dukung heheheheh :P

    @mikekono : thanks atas dukungannya tur :)

  26. *mikir* kalo saya jadi caleg, ada yang milih gak yah … :)

    @mikekono : kl ade aka rindu caleg,
    pasti bnyk yg milih tuhhh :)

  27. Siip bang lanjut terus. saya bantu dengan doa sebab saya juga coba ikutan di kabupaten langkat . salam, Togar Lubis

    @mikekono : thanks, semoga saudaraku
    juga sukses di sana :)

  28. Semoga sukses Bang Mike, dan jika sudah dilantik nanti jangan lupakan para pendukung yang sudah memilih Abang. Thanks

    @mikekono : kl jadi mudah2an tak bakalan lupa
    thanks sista :)

  29. caleg?

    jiakakakaka…. tarikkkkkkkkk bunggggggggg *a bank*

    @mikekono : hahaha….apanya yg ditarik ?

  30. Nanti klo udah jadi legislatif , bila sedang rapat janganlah suka ngemil malu kayak anak anak, sepertiyg di bilang Gusdur
    Seperti TK… horas ate selamat sukses

    @mikekono : iya tuh…..malu juga ya
    kl kelakuan legislatif sprti TK…..horasss

  31. klo upil pake tangan, bisa ??

    @mikekono : wahhhh….bisa kali itu lae

  32. wih..headernya keren tu…
    “di puji dulu biar ngga dijewer bang mike soalnya lama ngga mampir niy hehe..”
    tapi beneran keren lho..
    smoga tepuk tangan di gedung dewan menyambut bang mike…terwujud “amien..”(^_^)

    @mikekono : keren apa keren ? hehehe
    iya tuh…..ke mana aja Nin ? sibuk ya
    thanks sista

  33. good luck ya :)

    @mikekono : thanks sista

  34. selamat deh buat caleg yang terpilih nanti.
    semoga mampu memegang amanah

    @mikekono : ya…..semoga demikian

  35. Tapi bung tak usah pakai TANGAN DUKUN atawa TANGAN BESI seperti dilakukan mas-mas kita pendukung Protap.

    Hermano S Kuswara
    Elektro 63

    @mikekono : tapi bnyk juga caleg pake
    Tangan Dukun…….hehehehe, thanks :)

  36. Caleg jangan gunakan TANGAN-TANGAN JAHIL……..he..hehe

    Hermano S Kuswara
    (Universitas Trisakti) Elektro 64
    Email : usakti@ibm.net

    @mikekono : tangan jahil, biasanya
    temannya tuyul….hihihihihi

  37. menjelang pemilu, ternyata makin banyak kiat2 jitu dslam meraih sukses, mas agus. di berbagai daerah sdh banyak tim sukses caleg ttentu utk mencapai ambisinya. yang repot, saya pernah juga ditawari tuh jadi tim sukses seorang caleg, hehehe … dg berat hati, terpaksa, saya menolaknya.

    @mikekono : betul mas, tapi keputusan mas sawali
    menolak jadi TS caleg sudah tepat. Sebagai cendekiawan
    sudah seharusnya mas independen…..thanks

  38. Sukses yah, semoga ketika dilantik nanti,… ketika tepuk tangan sudah mereda, dan euforia pemilu ini sudah mulai menghilang… yang pertama kali terbertik dikepala adalah tanggungjawab pada janji dan amanat rakyat. And I believe you will be the kind of person who is not greedy and only think about your self… (bisa kebaca kok dari tulisan2 abang disini)

    Sukses ya bang!!! Kami mendukungmu… Jadilah pejabat yang bersih dan tidak korup.

    PS: iya, bener kata yessi… fotonnya ganteng lohhh :)

    @mikekono : ya, semoga saja nanti bs
    kepilih dan mampu memberi yg terbaik buat rakyat
    serta melakukan semacam reformasi kecil-kecilan
    di rumah rakyat…….
    btw, fotonya ganteng….ah, ah
    yang bener aja….. :)

  39. bang, bisa gak ya aku jadi caleg? he..he…

    @mikekono : Mbak Anny caleg ?
    why not……………

  40. yup sudah saatnya caleg menerapkan kita-kiat mas ;)

    @mikekono : kiat itu berlaku umum. trims bro ;)

  41. jadi caleg repot juga ternyata ya pak.
    apa mending besok-besok dibuatkan saja “Secaleg”, Sekolah Calon Legislatif … hehehehe
    nomer berapa pak, nanti tak coblos …hihihihi

    @mikekono : usulan yg bagus,
    tapi sekolah caleg langsung ada di
    lapangan, mesti sll dekat dgn rakyat
    btw, daerah pilihannya tak sesuai
    jadi mascayo tak bs ikut nyontreng saja…hihihi

  42. Tetap semangat ya bang… :)

    Mudah2an abang diberi kemudahan dan mendapatkan yang terbaik dari-Nya.., InsyaAllah (amin)

    @mikekono : ya semoga tetap semangat
    dan sll diberi kemudahan olehNya…..
    thanks atas doanya sista :)

  43. Huehehe….. Buah tangannya udah terkumpul berapa bang?? :mrgreen:

    @mikekono : buah tangannya dikumpulkan
    dan sudah disalurkan oleh kaki tangan
    hehehe :)

  44. hidup Bang Mike !
    aku akan selalu mendukung abang, asal selalu jalan di rel yg benar. bila sedikit melenceng, aku pasti akan mengingatkan. bila melenceng lagi, aku tetap mengingatkan. bila terus belok… hoho, awas ya ! abang berhadapan denganku dan barisanku, hahaha….
    tapi aku percaya, abang pasti bisa melakukannya, akan selalu kuat memegang amanat.

    butuh bantuan apa bang ? doa ? hmm, sudah kulakukan.
    soalnya, hanya itu yg bisa kulakukan, selain bantuan tenaga.

    salam bang Mike. sukses selalu !

    @mikekono : thanks atas dukungannya bro
    walaupun cuma doa, itu sudah lebih dari cukup
    semoga ada suratan tangan, agar bisa
    memenuhi harapan mas goenoeng….thanks

  45. selamat malam,kang.
    semoga semakin indahlah hari hari sekeluargana.
    salam hangat selalu

    @mikekono : selamat siang blue,
    salam hangat selalu :)

  46. Semoga gak bangkrut dikerjain kaki tangannya, pak.

    @mikekono : iya…iya…..betul it. hihihihi

  47. ‘Lima Tangan’ dimaksud adalah 1.Turun Tangan, 2. Buah Tangan, 3. Kaki Tangan, 4. Retak Tangan serta 5. Tanda Tangan. Tanpa kelima tangan ini, seorang caleg dipastikan akan sulit bersaing dengan caleg lainnya.

    benar-benar ungkapan renungan yg mantapp!

    @mikekono :oalah bisa aja mas bayhaki ini…..hehehe

  48. Bang, saya urun sapu tangan aja yaa ….
    Lumayan toh buat ngusap tangan, sesudah lelah jabat tangan, dengan para kaki tangan, apalagi sesudah lelah membagi buah tangan ….

    Bang, itu poto yang dipasang, kembaran Bang Mike ya? Lha Bang Mike sendiri dimana? (*bingung.com*)

    @mikekono : mosok cuma nyumbang sapu tangan…..
    kalau memberi sapu tangan bermakna, siap-siap
    mengusap air mata pasca kegagalan caleg…hiks :cry:
    btw, iya fotonya mirip Mikekono ya :)

  49. (*balik lagi*)

    Oh … itu poto bang Mike to?

    (*manggut-manggut*)

    @mikekono : balik lagi, tak kirain
    mo nganter sumbangan……hehehe
    (*geleng-geleng*)

  50. Misiiii …. mau lihat poto lagi. Tadi belum pake kacamata …..

    (lho, kok keliru kacamata kuda … aduh, balik lagi nih ke toko kacamata)

    @mikekono : hussssh…..kok cuma
    ngeliatin foto terus sih…..isin gue….

  51. Waduh bang, tangan Abang kok ngepal gitu, mau nonjok siapa?

    (*kabur aah …*)
    (Maap ye Bang, saya ngerjain Bang Mike ….. hihihihi)

    @mikekono : mau nonjok Mbak Tuti……
    untung uda keburu kaburrr… :)

  52. mau jadi caleg juga harus pake strategi bang biar tak terserang JAMILA :D

  53. Tolong, untuk Tim suksesnya dong jangan calonnya aja. mungkin ada bekal buat kita kita yang jadi tim sukses.
    Makasih …….

  54. Kedudukan,jabatan semuanya adalah anugerah dari yang Kuasa,alangkah bijaksana bila kita bisa menjadi berkat bagi sesama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: